Setelah sempat banyak dirumorkan, akhirnya TV series Loki dikonfirmasi akan menghadirkan cerita tentang perjalanan waktu sama seperti Avengers: Endgame sebelumnya. Tapi, sampai saat ini kita masih belum mengetahui bagaimana Loki akan melakukan perjalanan waktu, dan kemana dia akan pergi. Ada kemungkinan, mungkin dia akan mengunjungi era awal MCU di 2008. Jika benar, maka bisa dipastikan Loki akan banyak mempengaruhi masa depan MCU.

Sejauh ini petunjuk tentang seriesnya hanya berupa footage singkat saat promosi Superbowl beberapa bulan lalu, yang selain menghadirkan promosi untuk series Loki, juga mempromosikan untuk series Disney Plus lainnya. Sejauh ini, memang baru Loki saja yang sudah dikonfirmasi muncul dalam seriesnya. Namun, mereka juga sudah menambahkan beberapa cast seperti Owen Wilson, Sophia Di Martino, Richard E Grant, dan Gugu Mbatha-Raw.

Loki Akan Menghadirkan Perjalanan Waktu

Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai plot dari Loki, tapi satu hal yang sudah pasti adalah kita tahu bahwa di film Endgame, Loki kabur dengan Tesseract curiannya. Hal itu kemungkinan menciptakan sebuah lini masa baru dimana Loki bisa melakukan apapun yang dia inginkan tanpa mempengaruhi lini masa utama MCU. Sebenarnya masih ada kebingungan mengenai lini masa yang bercabang, pasca adegan Captain America mengembalikan seluruh Infinity Stone ke masanya. Tapi, series Loki mungkin akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

Selama Loki memiliki Tesseract, dia bisa membuka portal ke dimensi manapun, memberikannya kebebasan untuk pergi kemanapun yang dia inginkan. Pihak Showrunner sudah mengkonfirmasi bahwa perjalanan waktu akan menjadi komponen penting dalam cerita di seriesnya. Loki kemungkinan akan menggunakan Tesseract untuk melakukan perjalanan waktu dan mengubah banyak sejarah manusia yang terjadi.

Marvel sudah memperkenalkan ide tentang perjalanan waktu di film Endgame, sehingga rasanya wajar jika kemudian mereka akan menggali lebih dalam dalam series Loki. Hal ini bisa memberikan Marvel sebuah kesempatan yang sangat luas dalam penulisan cerita dimana kejadiannya bisa saja dilakukan tidak di satu tempat atau satu timeline, melainkan di beberapa tempat atau timeline sekaligus.

Loki Akan Pergi Ke Awal MCU?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kita memang masih belum mengetahui kemana Loki akan pergi. Apakah ke 10 tahun yang lalu? 100 tahun yang lalu? Yang pasti dia akan pergi ke sebuah titik atau sebuah masa, sama halnya yang dilakukan para Avengers di film Endgame. Dan jika memang dia akan mengunjungi berbagai peristiwa penting dalam kehidupan manusia, maka mungkin dia juga akan mengunjungi berbagai peristiwa penting dalam kehidupannya sendiri.

Sudah dikonfirmasi juga bahwa sebuah lini masa baru muncul setelah Loki kabur dengan Tesseract, yang artinya dalam timeline utama MCU, Loki memang tewas dibunuh oleh Thanos. Timeline ini memberikan kesempatan bagi kreator series untuk bermain-main dengan ceritanya, dimana Loki mungkin akan berpindah dari satu peristiwa sejarah ke persitiwa yang lain. Dan untuk membantunya, dia butuh sosok yang bisa dipercaya dan untuk melakukan hal itu Loki mungkin akan pergi ke peristiwa di masa lalu MCU.

Film Awal MCU Yang Bisa Dikunjungi Loki

Ada beberapa peristiwa atau film yang bisa dikunjungi oleh Loki ketika dia pergi ke masa lalu MCU. Loki bisa saja pergi ke film Thor atau Thor: Dark World dan merubah lini masa atau cerita yang akan memberikan keuntungan besar baginya. Loki bisa saja membuat dirinya menjadi raja Asgard, dengan menggeser Odin pada saat Thor diusir ke bumi dan ketika Odin sedang berada dalam kondisi yang sangat lemah.

Loki juga bisa saja mengubah lini masa atau cerita dalam film The Avengers, dimana dia melakukan serangan ke New York. Dengan sudah mengetahui apa yang akan terjadi, dia tentunya tidak akan melakukan kesalahan yang sama dua kali dan membuatnya terhindar dari tangkapan para Avengers. Loki juga mungkin akan merefleksikan apa yang menjadi permasalahannya dahulu dengan Thor dan Odin, dan coba untuk menghindari hal tersebut. Atau jika Loki cukup “kejam” dia bisa pergi ke masa lalu ketika Avengers belum terbentuk. Dia bisa menghabisi para Avengers satu persatu.

Apa Artinya Bagi Loki

Loki dikenal sering membuat kekacauan di Marvel Cinematic Universe, mulai dari mencoba untuk menginvasi bumi di film The Avengers sampai menyamar menjadi Odin dalam film Thor: Ragnarok. Jika kemudian Loki bermain-main dengan masa lalunya – atau dengan waktu – maka artinya dia juga bermain-main dengan masa depannya di MCU.

Apa yang dilakukan Loki mungkin akan menyebabkan kekacauan di seluruh multiverse, yang kemudian menjadi awal cerita Doctor Strange 2. Selain itu, kekacauan yang dilakukan oleh Loki juga bisa saja memberikan impak atau pengaruh terhadap berbagai series Disney Plus lainnya, dalam hal ini adalah WandaVision. Foto bocoran yang beredar di internet seolah memperkuat rumor tentang kemunculan Lady Loki di series WandaVision menggantikan sosok Loki.

Jika benar, maka artinya kita akan diperkenalkan dengan karakter dari universe alternatif lain, dalam hal ini Loki bukanlah seorang laki-laki melainkan perempuan. Dan kedua versi Loki ini berpeluang untuk muncul di film Thor: Love and Thunder, juga hal ini bisa menjadi jalan bagi perubahan Jane Foster menjadi Mighty Thor. Dengan adanya permainan waktu yang dilakukan oleh Loki, bukan hanya dia bisa merubah takdirnya yang tewas di tangan Thanos tapi juga merubah seluruh nasib MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.