Sebelum menjadi salah satu seri manga terpopuler saat ini, Eiichiro Oda selaku kreator seri manganya tentu melakukan banyak uji coba. Sama halnya seperti cerita film, Oda tentu akan membuat sebuah konsep awal yang kemudian dipilih yang terbaik untuk kemudian disempurnakan sebelum kemudian diserahkan kepada pihak penerbit untuk dikoreksi dan terakhir naik cetak.

Meskipun pada akhirnya tidak terpakai, menarik untuk diperlihatkan bagaimana desain awal dari sebuah karakter populer seperti kru Topi Jerami dalam seri ini. Dalam buku One Piece Green: Secret Pieces, Oda Sensei memberikan banyak hal-hal yang bersifat “rahasia” yang sebelumnya belum pernah diperlihatkan termasuk juga desain awal kru Topi Jerami.

Dalam sketsanya, kita melihat tidak ada perubahan secara khusus untuk sosok Luffy, Zoro, dan Nami selain perubahan kecil, seperti Zoro yang membawa satu botol sake di bagian pinggangnya dan memakai baju berwarna gelap dibandingkan warna putih. Sedangkan untuk Nami, pada bagian roknya sedikit bergelombang.

Untuk Sanji, dalam desain awalnya dia diperlihatkan memiliki sebuah janggut dibagian dagu yang sedikit tebal. Namun, kemudian bagian janggutnya dibuang dan konsep tersebut tidak digunakan. Untuk Usopp, seharusnya dia yang menjadi wakil kapten Luffy bukan Zoro. Dan penampilannya pun sebenarnya lebih mirip dengan Yasopp sang ayah, karena memang terinspirasi dari sang ayah.

Untuk Chopper, ada perbedaan yang signifikan dari segi desai karakternya. Dalam versi desain awal, Chopper memiliki bentuk yang sesuai dengan rusa pada umumnya – dengan tubuh yang tinggi dan besar. Tapi, Oda kemudian merubahnya menjadi bentuk yang lucu seperti boneka dengan ukuran tubuh yang kecil. Dan Brook sendiri seharusnya tidak memiliki rambut afro seperti sekarang. Brook, dalam desain awal, mengenakan topi berbentuk bulat lebar.

Sosok di pojok kiri tertulis “pembuat kapal”. Karakter tersebut pada awalnya dibuat sebagai tukang kapal atau tukang memperbaiki kapal dari kru Luffy. Namun, kemudian karakter tersebut diganti oleh Franky. Kemudian orang kedua dari kiri tertulis “tanaman/vegetasi”. Karakter ini dideskripsikan sebagai seseorang yang sangat terobsesi dengan tanaman. Tapi, kemudian karakternya diganti oleh Nico Robin, dan tanaman sendiri sekarang memiliki hubungan dengan Usopp pasca time-skip. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian menyukai desain karakter sekarang atau versi pertama?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.