Menghadapi Kaido merupakan hal yang sedang dihadapi oleh Luffy dalam arc Wanokuni dan mengalahkah Kaido adalah tujuan utamanya. Kaido merupakan salah satu Yonko yang ada dalam cerita One Piece, selain Blackbeard, Shanks, dan Big Mom. Kaido merupakan penguasa wilayah Wano, setelah dia berhasil mengalahkan Kozuki Oden dan mengeksekusi Orochi.

Kaido memiliki julukan makhluk paling kuat di seluruh dunia, berkat kekuatannya yang sangat dahsyat. Juga, dia memiliki kemampuan untuk bisa menahan dan bertahan dari serangan apapun. Dia bahkan sulit untuk mati, meskipun sudah beberapa kali upaya untuk membunuhnya. Namun, semuanya gagal. Hal inilah yang membuat masalah besar dalam pertarungan Luffy dan Kaido.

Di awal arc Wanokuni, Luffy pernah bertarung melawan Luffy. Dan hasilnya Luffy kalah, meskipun dia sudah menggunakan Gear terkuat yang dia miliki. Ironisnya, Luffy kalah hanya dengan satu pukulan saja. Hal ini tentunya membuat banyak fans penasaran bagaimana Luffy kemudian akan mengalahkan Kaido. Dan hal ini juga sempat membuat Oda kebingungan.

Dalam salah satu wawancara Oda Sensei pernah mengatakan bahwa dirinya merasa kesulitan dan tidak tahu bagaimana caranya Luffy untuk menang melawan Kaido. Bisa dibilang Armament Haki milik Kaido sangatlah dahsyat. Sempat ada teori yang mengatakan bahwa untuk bisa mengalahkan Kaido, maka harus Zoro yang menghadapinya. Hal ini dikarenakan Zoro memiliki pedang Enma, salah satu pedang yang pernah digunakan Oden untuk melukai Kaido.

Juga ada teori lainnya yang ditawarkan yaitu dengan menggunakan buah iblis milik Trafalgar Law. Tapi, kemudian ada solusi yang ditawarkan oleh Hyougoro yaitu Ryuo. Ryuo sebenarnya merupakan tingkatan paling tinggi dari Armament Haki, dan kemampuan ini dimiliki oleh para samurai di Wano.

Menurut Hyougoro, kemampuan Ryuo yang paling besar adalah bagaimana kekuatannya bisa menghancurkan benda atau sesuatu dari dalam. Hyougoro juga menjelaskan bahwa pengguna Ryuo tidak boleh terlalu memaksakan kekuatan atau kemampuannya. Mereka harus membiarkan Haki yang ada dalam diri mengalir dan menjadi sumber kekuatannya.

Inilah yang dipraktikan oleh Rayleigh dulu ketika mencoba membebaskan Camie dari kalung peledak. Dan ketika Luffy mencoba kekuatan Ryuo, hasilnya memang sangat luar biasa. Tidak sia-sia Luffy selama ini belajar kepada Hyougoro di penjara Udon. Intinya Ryo bisa menjadi solusi untuk menghadapi pertahanan diri Kaido yang sangat kuat dan dahsyat.

Yang Luffy butuhkan saat ini adalah kesempatan untuk bertarung habis-habisan melawan Kaido. Red Scabbards dan Kaido sudah lebih dahulu pergi ke atap istana Kaido untuk bertarung, sedangkan Luffy masih harus tertahan bersama Big Mom dan King juga Queen. Luffy tentu tidak bisa membuang-buang tenaganya untuk menghadapi Big Mom, Queen, atau King karena dia harus fokus menghadapi Kaido. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana Luffy akan mempraktikan kemampuan Ryuo kepada Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.