Dalam film Godzilla vs. Kong yang akan datang, bukan Kong atau Godzilla yang harus memenangkan pertarungan tersebut. Tapi, yang harus menang adalah Mechagodzilla. Mechagodzilla sendiri adalah monster yang bisa dibilang tiruan dari Godzilla. Namun, seperti namanya, Mechagodzilla merupakan sebuah robot raksasa. Dan dengan semakin besarnya MonsterVerse, banyak yang berharap kemunculan robot tersebut.

Mechagodzilla sendiri pertama kali diperkenalkan dalam film Godzilla vs. Mechagodzilla yang dirilis pada 1974. Film produksi Toho tersebut memperlihatkan bagaimana Mechagodzilla menjadi lawan yang tangguh bagi sang raja monster, selain King Ghidorah. Bahkan, untuk bisa mengalahkan Mechagodzilla, King Caesar sampai harus turun tangan membantu Godzilla.

Dalam versi aslinya, Mechagodzilla dibuat sebagai sebuah senjata oleh alien yang datang ke bumi. Namun, pada era Heisei dan Millenium cerita Mechagodzilla kemudian dirubah, dimana robot tersebut digambarkan sebagai sebuah kekuatan yang dikendalikan oleh pemerintah Jepang. Sepanjang sejarah franchisenya, Godzilla dan Mechagodzilla sudah bertarung sebanyak lima kali, dengan Godzilla sebagai pemenangnya.

Kemunculan Mechagodzilla di MonsterVerse sepertinya akan terjadi, jika dilihat dari rumor yang beredar. Bocoran mengenai mainan Mechagodzilla untuk menyambut film Godzilla vs. Kong muncul di internet. Hal tersebut memunculkan spekulasi bahwa Mechagodzilla akan muncul di film tersebut. Masih belum diketahui apa rencana filmnya terhadap ketiga kaiju tersebut.

Meskipun dalam filmnya nanti tentu cerita akan berfokus pada Kong dan Godzilla, tapi Mechagodzilla tentu punya peranan yang tidak kalah penting. Bisa jadi, Mechagodzilla akan berperan sebagai villain yang memaksa Kong dan Godzilla pada akhirnya harus bekerja sama untuk mengalahkan robot raksasa itu. Itu artinya, dalam pertarungan pertama ini Mechagodzilla harus menang.

Jika Mechagodzilla mampu mengalahkan Kong atau Godzilla, Mechagodzilla baru bisa dianggap sebagai villain. Dalam pertandingan berikutnya, harapan untuk mengalahkan Mechagodzilla ada di tangan Kong. Alternatif lainnya adalah Mechagodzilla berhasil mengalahkan salah satu diantara mereka, sehingga menjadi jelas bahwa Mechagodzilla merupakan ancaman.

MonsterVerse harus bisa memberikan gambaran kejam dan jahat kepada Mechagodzilla, sehingga Mechagodzilla bisa dianggap “serius” oleh para penonton. Bukan hanya sekedar tiruan dari Godzilla dalam bentuk robot. Mungkin MonsterVerse bisa mengadaptasi cerita Godzilla vs. Mechagodzilla II dimana robot Godzilla berhasil mengalahkan Godzilla yang asli dengan senjata andalannya.

Tentunya akan sangat disayangkan jika kemudian Mechagodzilla benar-benar muncul di film Godzilla vs. Kong, namun hanya tampil sekejap saja tanpa memberikan kesan apa-apa kepada para penonton dan bagi franchisenya. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah Mechagodzilla akan benar-benar muncul dan bagaimana perannya di film tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.