Saat ini aktris cantik Margot Robbie sangat ikonik dengan karakter Harley Quinn. Tapi ternyata, sebelum Margot Robbie, Warner Bros juga pernah mempertimbangkan aktris lain untuk peran tersebut. Harley Quinn memulai debutnya di film Suicide Squad garapan David Ayer, dengan mudah karakter ini mencuri perhatian. Harley kemudian melanjutkan aksinya di film Birds of Prey dan akan kembali ke Suicide Squad garapan James Gunn beberapa waktu kedepan.

Hal tersebut membuktikan bahwa Harley Quinn kini menjelma menjadi karakter penting di DCEU. Salah satu faktonya adalah kinerja Robbie yang total untuk menghidupkan karakter ini, ia juga aktif untuk turut serta membangun proyek film Birds of Prey yang memang lebih tepat disebut film Harley Quinn featuring Birds of Prey. Namun bagaimana jika saja Harley Quinn tidak diperankan oleh Robbie?

Ada beberapa aktris papan atas yang hampir berada di posisi Robbie. Salah satunya adalah Emma Roberts, yang ditawari untuk memerankan Harley Quinn. Tetapi dia melewatkan kesempatan tersebut karena ingin fokus pada series komedi horor satir berjudul Scream Queens, dimana dirinya berperan sebagai Chanel Oberlin. Kalau dipikir-pikir, itu mungkin bukan keputusan terbaik karena series tersebut dibatalkan setelah hanya dua musim.

Selain Emma Roberts, ada pula aktris Rooney Mara yang seharusnya masuk daftar casting Warner Bros. Sayangnya, Rooney tidak berhasil mencapai tahap uji layar. Menariknya, Rooney adalah pasangan Joaquin Phoenix yang memerankan Joker versi Todd Phillips, jika saja Rooney berhasil, tentu akan menjadi koneksi yang menarik meski keduanya berbeda universe.

Seperti Rooney, ada pula Alison Brie yang disebut-sebut sebagai pilihan teratas untuk memainkan peran Harley Quin di Suicide Squad. Tetapi Brie akhirnya melewatkan peran tersebut dan membintangi beberapa film layar lebar seperti di tahun 2017 seperti The Disaster Artist (2017), The Post (2017).

Pilihan lainnya adalah Amanda Seyfried, ia bahkan mengikuti audisi untuk peran Harley Quinn, tetapi Warner Bros akhirnya memilih Robbie daripada bintang film Mamma Mia ini. Tidak diketahui mengapa Seyfried tidak mendapatkan peran itu mengingat resume Hollywoodnya yang luas dan jangkauan aktingnya yang beragam, belum lagi kemiripan fisik dengan Harley Quinn. Meski begitu, mengingat betapa hebatnya Robbie dalam perannya, mungkin Warner Bros memiliki penilaian tersendiri pada sosok Robbie.