Misteri tentang klan D dan semangat D, masih menjadi misteri besar yang belum terungkap dalam cerita One Piece. Jika memang  Luffy mau mengetahui semua hal tentang klan D dan juga semangat D, sebenarnya Rayleigh mempunyai jawabannya. Namun, Luffy  lebih memilih berpetualang dan menikmati prosesnya. Dan cerita tentang klan D sendiri dipercaya ada di Poneglyph yang di Laugh Tale.

Meskipun masih misterius, banyak petunjuk yang kemudian diberikan oleh Oda Sensei terkait klan ini. Misalnya, seperti yang sudah kita ketahui, klan D dikenal sebagai “musuh utama para dewa (dewa disini adalah manusia).”  Klan D juga sering kali dianggap sebagai iblis yang jahat, seperti dalam cerita di wilayah Rosinante tinggal. Anak-anak yang jahat ditakut-takuti, bahwa mereka akan dimakan oleh seseorang dari klan D.

Salah satu teori yang berkembang di kalangan fans mengenai klan D adalah adanya kesamaan antara Klan D dan Joy Boy, buah iblis, dan Kerajaan Kuno. Kesamaan mereka adalah sama-sama memiliki “iblis” di dalamnya. Menurut teori tersebut, ada alasan mengapa Kerajaan Kuno selama ini tidak pernah terdeteksi. Karena di kerajaan tersebut merupakan tempat tinggal para “iblis”.

Sang “dewa”, yaitu manusia, merupakan pewaris dari surga dan berusaha untuk mengklaim wilayah tersebut. Perang kemudian meletus akibat perebutan sumber daya. Manusia memiliki senjata dan teknologi yang lebih maju, tapi para iblis memiliki kemampuan aneh seperti bisa berubah menjadi binatang, elemen, dan berbagai hal unik lainnya. Sehingga, mengalahkan mereka adalah tugas yang sulit.

Manusia, dengan kekuatan militer dan ilmu pengetahuan, kemudian membangun kapal Pluton. Dengan senjata tersebut, mereka memiliki keunggulan dibandingkan para iblis. Tapi, para iblis memiliki sekutu yang tidak terduga yaitu ratu manusia ikan, istri dari Poseidon, dan mereka mencoba untuk melawan balik dengan bantuan dari para makhluk laut.

Karena itulah kemudian senjata terakhir dibuat, Uranus, dan dengan senjata ini, manusia bisa mengendalikan pola cuaca di seluruh lautan, menciptakan Grand Line dan membuat sang raja laut terusir ke Calm Belt, membuat seluruh penduduk bumi bertekuk lutut dengan senjata ini. Meskipun kemudian sebagian para iblis tersebut berhasil dihancurkan, sebagian lainnya berhasil selamat.

Pemerintah Dunia kemudian dibentuk, dan mereka melakukan sebuah ritual besar dimana mereka mencoba untuk menyimpan jiwa-jiwa para iblis yang mereka sudah bunuh ke dua pohon besar, The Sunlight Tree Eve, dan Trease Tree Adam. Buah yang kemudian pohon tersebut hasilkan membawa jiwa dari para iblis yang hancur, menyatukan mereka dengan tekad yang kuat.

Jiwa yang terjebak di dalam buah sudah dikutuk untuk selamanya berada di sana, tidak mampu untuk bergerak, pindah, atau apapun. Kemampuan mereka terbukti sangat berharga dan membantu para manusia. Poseidon kemudian mengutuk lautan dimana mereka yang memakan jiwa para iblis (buah iblis), tidak akan akan bisa bergerak (berenang).

Akibat dari semua itu, manusia pun mengambil alih dunia dan mulai menghapus jejak atas apa yang terjadi dahulu. Mereka melarang untuk melakukan penelitian tentang abad yang hilang, dengan alasan pihak-pihak yang mencoba untuk mempelajari masa lalu adalah mereka yang ingin menghancurkan dunia.

Keluarga D, yang kemungkinan dipimpin oleh JoyBoy, berhasil selamat dari penghancuran massal tersebut. Semangatnya coba untuk dibangkitkan kembali. Harapannya adalah para manusia bisa melihat dan menyadari bahwa ada diantara mereka yang memiliki keangkuhan, dengan menganggap ras lain sebagai ras yang paling rendah. Mereka juga berusaha untuk bisa mengembalikan tekad atau semangat yang dulu pernah ada untuk kemudian terbebas dari kutukan buah iblis.

Luffy memang menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam cerita, dimana dia mencoba untuk kembali membangkitkan semangat D tersebut. Dia bangga dengan menganggap dirinya sebagai seorang bajak laut. Padahal, orang-orang menganggap bahwa bajak laut adalah sosok yang jahat dan kejam. Wajar jika kemudian hampir tidak ada orang yang percaya kepada bajak laut.

Luffy mencoba untuk memberikan nuansa yang berbeda terhadap dunia bajak laut, dengan menunjukan bahwa mereka yang mengibarkan bendera bajak laut tidak semuanya adalah penjahat atau iblis. Hal tersebut bisa diartikan juga sebagai kebebasan dan petualangan. Perlahan tapi pasti, Luffy terus berhasil membuktikan dirinya bahwa dia akan kembali menyalakan semangat D yang sempat padam.

Untuk saat ini, para fans memang hanya bisa berandai-andai dan berspekulasi. Kita nantikan saja momen ketika Luffy dan Topi Jerami tiba di pulau Laugh Tale, dan membaca isi Poneglyph tentang semangat D dan juga sejarah dari klan D dan para iblis di zaman dahulu.