Pertempuran puncak Onigashima baru saja dimulai, dan tensi pun sudah semakin meningkat. Di chapter 988 kemarin, para suku Mink akhirnya menepati perkataanya dimana mereka akan menghadapi Kaido dalam form Sulong. Meskipun itu adalah form terkuat dari suku Mink, sepertinya para kru bajak laut Beasts, tidak gentar menghadapi form tersebut dengan mengakui mereka juga adalah binatang buas.

Yang juga menjadi highlight di chapter kemarin adalah bagaimana Momonosuke akhirnya berhasil dibebaskan. Shinobu sempat hampir berhasil menyelamatkan Momo sebelum kemudian King sadar keberadaanya. Shinobu kabur, dan Momo pun terlempar dari atas panggung utama. Disaat King akan mengambil kembali Momo, Sanji yang sudah cukup lama menghilang kemudian kembali muncul menghadang serangan King.

Dan di akhir ceritanya, kita melihat bagaimana Zeus akhirnya kembali ke tangan Big Mom dan pada saat Nami akan diserang oleh Big Mom beruntung Franky dan juga Brook datang tepat waktu. Serangannya tepat mengenai wajah dari Big Mom. Sayangnya, buat Geeks yang ingin melihat kelanjutan pertarungan King dan Sanji serta mengetahui nasib dari Big Mom harus bersabar, pasalnya pada minggu ini chapter One Piece tidak tayang.

Chapter 989 One Piece tidak akan tayang minggu ini dikarenakan memang merupakan jatah libur dari Eiichiro Oda. Untuk libur sebelumnya di bulan ini, merupakan jadwal yang sudah tersusun dari sejak lama oleh Weekly Shonen Jump. Contohnya adalah libur karena festival Obon yang digelar setiap tahun pada saat musim panas. Baru pada minggu ini Oda Sensei menggunakan jatah liburnya.

Itu artinya, chapter 989 baru akan dirilis pada 6 September mendatang dengan spoiler dan hasil pindaian yang akan muncul beberapa hari sebelumnya. Sebenarnya ada sedikit “perdebatan” mengenai hal ini. Dalam jadwal perilisan WSJ, chapter 989 direncanakan akan terbit pada WSJ 39 yang dirilis pada 30 Agustus mendatang. Sedangkan, informasi sebelumnya menyebutkan jika minggu ini One Piece libur.

Tapi, informasi mengenai minggu ini libur sendiri diperkuat oleh salah satu fan yang biasa memberikan informasi dari seri manga ini. Ini bukan pertama kalinya Oda Sensei membuat para fans bingung. Pada periode Desember – Januari kemarin, sempat terjadi juga kebingungan dimana informasi sebelumnya mengatakan bahwa chapter libur namun kenyataannya chapter terbaru tetap terbit. Berdasarkan apa yang terjadi di media daring saat ini, kemungkinan besar memang minggu ini One Piece chapter 989 tidak akan tayang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.