Buat Geeks yang merupakan penggemar dari series Naruto, mungkin sudah tahu jika Naruto merupakan seorang jinchuuriki dari salah satu monster, yaitu Kurama sang monster ekor sembilan. Memang, Naruto terpaksa harus menjadi seorang jinchuuriki karena sudah menjadi takdirnya dari klan Uzumaki. Sebelumnya, ibu dan neneknya pun merupakan jinchuuriki dari Kurama.

Dengan kekuatannya yang sangat dahsyat, wajar jika kemudian hanya ada beberapa orang yang bisa menandingi kekuatan, chakra, dan kemampuan dari Kurama. Berbicara mengenai Kurama sang serigala ekor sembilan, bijuu ini sudah muncul dan diperkenalkan sejak chapter pertama seriesnya, menjadi perwakilan dari bijuu atau monster berekor yang ada di dunia para shinobi ini.

Dalam cerita awalnya kita diperlihatkan bagaimana Kurama mencoba untuk menghancurkan desa Konoha, setelah segel di tubuh jinchuuriki sebelumnya terlepas. Minato Namikaze dan istrinya, Kushina, serta para shinobi Konoha mengorbankan nyawa mereka untuk menghentikan Kurama. Dan puncaknya adalah Minato dan Kushina mengorbankan chakra mereka untuk menyegel Kurama di tubuh Naruto.

Berkat kejadian itu, Naruto dianggap monster oleh para penduduk Konoha. Dia dijauhi dan dianggap sebagai sampah masyarakat, di sepanjang masa kecilnya. Meskipun kemudian selama puluhan tahun Kurama harus terjebak dalam tubuh Naruto, pada akhirnya Kurama mau bekerja sama dengan Naruto. Bahkan, dia pun memberikan sedikit chakranya kepada Naruto untuk bisa bertahan menghadapi musuhnya.

Sang serigala ekor sembilan menjadi kunci penting dalam kehidupan awal ninja Naruto, dimana berkat kekuatannya Naruto banyak memenangkan pertarungan misalnya saat melawan Gaara, Orochimaru, Haku dan juga Zabuza. Ketika Naruto semakin berkembang menjadi ninja yang lebih berpengalaman, hal itu tidak membuat hubungannya dengan Kurama semakin meredup. Justru keduanya semakin sinkron.

Bukan lagi Naruto yang mengendalikan Kurama dan memberikan chakranya untuk waktu singkat, justru Naruto sekarang yang memberikan kesempatan bagi Kurama untuk bergerak dan hal itu semakin memperkuat hubungan diantara mereka. Puncak “hubungan” mereka adalah pada saat akhir perang besar ninja keempat dimana Kurama sudah percaya penuh kepada Naruto.

Karena hal itu, Kurama kemudian memberikan kendali penuh dan seluruh kemampuan serta chakra yang dia miliki kepada Naruto. Kurama sang serigala ekor sembilan selain merupakan makhluk/monster yang kuat, dia juga bisa mendeteksi keberadaan chakra musuh, emosi, dan energi dari jarak yang sangat jauh, menahan berbagai serangan ninja, mampu menciptakan chakranya sendiri/memiliki jumlah chakra yang sangat besar, dan masih banyak hal lainnya.

Banyak fans yang berpendapat, mungkin tanpa kehadiran Kurama, Naruto hanyalah seorang ninja biasa yang penuh semangat. Layaknya Neji, Shikamaru, dan sebagainya. Di satu sisi, hal ini memang ada benarnya. Namun, di sisi lain layaknya cerita shonen pada umumnya, kekuatan besar Naruto bukan yang menjadi fokus. Melainkan perjuangannya mewujudkan mimpinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.