Dengan masih misteriusnya sosok Kaido – selain dia dulu pernah menjadi bagian dari kru Rocks dan perselisihannya dengan Big Mom – tidak banyak yang diketahui dari sosok Kaido. Kita belum tahu darimana asalnya, bagaimana dia mendapatkan kekuatan buah iblis Zoan naga, dan sebagainya. Karena itulah banyak dari para fans kemudian membuat teori atau spekulasi tentang sosok Kaido.

Salah satu yang cukup banyak diperbincangkan adalah adanya koneksi antara Wano dan Kaido. Kaido diprediksi berasal dari wilayah Wano, tepatnya dari klan Shimotsuki. Dalam chapter 970, Kaido mengungkapkan bahwa dia mengetahui tentang “Kozuki lama.” Menariknya, Kaido tiba di Wano setelah Orochi menjadi Shogun. Kozuki Sukiyaki sendiri sudah tewas pada saat itu, sehingga kecil kemungkinan jika yang dimaksud adalah Sukiyaki.

Jadi, rasanya cukup aneh Kaido berbicara tentang klan Kozuki seolah-olah dia sudah sangat mengenal klan tersebut, jika dia bukan berasal dari Wano. Teorinya sendiri menyebutkan bahwa ada kemungkinan jika Kaido dulunya merupakan salah satu penduduk di Wano. Berdasarkan cerita, baru ada dua orang yang kabur dari wilayah Wano. Pertama adalah Kurozumi Higurashi dan Shimotsuki Kozaburo.

Kaido juga baru membangun istananya di Onigashima sekitar 20 tahun yang lalu. Lalu, dimana dia tinggal selama 6 tahun lebih selama dia menduduki wilayah Wano? Kaido rasanya tidak mungkin tinggal di Flower Capital. Berdasarkan pertarungannya dengan Moriah, kemungkinan dulu Kaido tinggal di Ringo, sebuah wilayah bersalju di Wano. Itulah mengapa kemudian Kaido pindah ke Onigashima sebuah pulau yang turun salju sepanjang tahun.

Wilayah Ringo sendiri dikuasai oleh salah satu klan besar di Wano, yaitu klan Shimotsuki. Jika kemudian dia tinggal di wilayah Wano, maka kemungkinan dia merupakan bagian dari klan Shimotsuki. Bisa jadi dia kabur dari wilayah Wano bersama dengan Kozaburo. Dan jika kemudian Kaido memang memiliki koneksi dengan klan Shimotsuki, maka ada kemungkinan juga bahwa Kaido memiliki koneksi dengan garis keturunan dari Zoro. Apakah Kaido sebenarnya kakek atau paman atau saudara jauh dari Zoro? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.