Trailer perdana dari film garapan Matt Reeves, The Batman, menghadirkan teka-teki pertama dari salah satu villain yang akan muncul di filmnya, The Riddler. Dalam trailernya, ada sebuah adegan dimana kepala polisi Jim Gordon membuat sebuah kartu ucapan yang bertuliskan “untuk Batman.” kartunya sendiri berisi sebuah teka-teki dari the Riddler, yang bertuliskan “What does a liar do when he’s dead?” atau bisa diartikan apa yang seorang pembohong lakukan ketika dia mati.

Jawabannya sendiri ada di balik kartu tersebut dalam bentuk cryptogram yang berisi berbagai simbol-simbol. Seorang fan yang penasaran akan jawabannya sepertinya berhasil memecahkan teka-teki tersebut. Dalam sebuah utasan Twitter di akun pribadinya, Mike Selinker mencoba menjelaskan bagaimana dia memecahkan teka-teki tersebut secara detail.

Jawaban dari teka-teki tersebut, menurut Mike, adalah “He lies still” atau bisa diartikan dia tetap tertidur (berbaring). Pertanyaan dan jawaban ini merupakan sebuah permainan kata-kata, seperti yang biasa dilakukan oleh the Riddler – mereka yang sudah mati tidak bisa melakukan apa-apa selain tertidur. The Riddler bermain pada kata “lie” yang dalam bahasa Inggris memiliki beberapa arti.

Pertama adalah sebuah gerakan dimana kita tertunduk atau istilah lainnya adalah tiduran, dan arti lainnya adalah kebohongan atau bohong. Inilah yang membuat teka-tekinya semakin menarik. “Lies” atau bohong sepertinya menjadi tema dari trailernya. Dalam 30 detik pertama, para penonton disuguhkan oleh sosok yang diduga the Riddler sedang ditutupi oleh selotip yang bertuliskan “no more lies.”

Kemudian saat Jim Gordon menginvestigasi tempat kejadian perkara, ada tulisan besar berwarna merah yang berbunyi “Lies.” Meskipun Selinker berhasil memecahkan teka-teki tersebut, kita masih belum mengetahui apa relevansinya bagi cerita di film tersebut. The Riddler secara jelas memberi tahukan bahwa dia tidak menyukai seorang pembohong. Namun, masih belum jelas apakah yang dia ucapkan kepada Batman tersebut merupakan strategi untuk meraih perhatiannya, atau memang dia memiliki dendam pribadi.

Dalam cerita komik sendiri, The Riddler memang senang untuk memainkan sebuah permainan teka-teki dengan Batman, dan ini juga merupakan bagian dari karakternya. Selain Joker, The Riddler merupakan villain yang benar-benar membuat Bruce Wayne harus berpikir keras untuk menyelesaikannya. Di sisi lain, hal ini juga memunculkan sebuah pertanyaan besar.

Apakah the Riddler sudah mengetahui siapa identitas Batman yang sebenarnya – yang mana adalah Bruce Wayne – dan dia menganggap Bruce atau Batman sebagai pembohong. Pada akhirnya, jawaban dari the Riddler tersebut tentunya memunculkan pertanyaan lainnya. Bagaimana menurut kalian tentang the Riddler di film ini Geeks? Apakah menurut kalian dia adalah musuh yang cocok untuk dimunculkan di filmnya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.