Selain dikenal karena sering menghadirkan cerita yang menarik dan membuat banyak orang ingin membaca, Eiichiro Oda memang juga dikenal sebagai mangka yang jenius. Dia selalu bisa membawa para pembacanya untuk mengikuti alur, membuat mereka percaya dengan situasi yang ada. Misalnya karakter A jahat atau karakter B baik. Tapi, di akhir, kemudian Oda menghadirkan kejutan besar yang tidak terduga.

Itulah salah satu alasan mengapa One Piece menjadi menarik dan juga bagaimana Oda banyak dipuji oleh para fans. Namun, tidak hanya itu. Oda juga sering kali memasukan referensi yang mungkin bisa disadari oleh para fans. Contohnya adalah para Yonko dan juga nilai buruan mereka. Eiichiro Oda memberikan petunjuk tentang masing-masing Yonko melalui nilai buruan mereka.

Yang pertama adalah nilai buruan dari keempat penguasa lautan tersebut rata-rata bernilai 4 miliar Belly. Dalam bahasa Jepang, empat bisa dibaca Yon. Jadi, selain menunjukan jumlah penguasa lautan – yang mana ada empat orang – nilai buruan mereka juga berada di nilai empat milliar. Shanks sebagai yang paling bawah, memiliki nilai buruan 4.048.900.000.

Angka 4890 bisa dibaca Shanks (4=shi 8=ya 9=ku). Kemudian nilai buruan Big Mom adalah 4.388.000.000. Dua angka terakhir, 88, bisa dibaca ‘haha’ (8=ha) yang dalam bahasa Jepang artinya adalah ibu atau mama. Untuk buruan Kaido nilainya adalah 4,611,100,000. Angka 110 dibaca ‘hyakuju’ yang mana bisa diartikan juga sebagai hewan buas.

Untuk Whitebeard nilai buruannya adalah 5,046,000,000. Angka 46 dalam nilai tersebut bisa dibaca shiro (4=shi 6=ro) yang dalam bahasa Jepang artinya adalah putih. Hal ini sesuai dengan nama panggilannya Shirohige atau Whitebeard. Sedangkan untuk Gol D. Roger, meskipun dia bukan Yonko namun Oda Sensei juga tetap memasukan detail angka yang menggambarkan sosoknya.

Nilai buruan Roger adalah 5,564,800,000. Angka 6480 bisa dibaca sebagai Roger (6=ro 4=ji 8=ya). Bagaimana dengan Luffy? Memang untuk saat ini nilai buruan Luffy baru sekitar 1,5 milliar Belly. Namun, banyak juga para fans yang kemudian berpendapat bahwa nilai akhir buruan Luffy  akan mencapai 5,600,000,000 Belly. Karena, angka 56 bisa dibaca Gomu (5=Go 6=mu). Dan hal tersebut mereferensikan kekuatan buah iblis dari Luffy, yaitu Gomu Gomu. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.