Arc Wanokuni merupakan arc yang besar dan juga paling berpengaruh dalam hidup Luffy. Bagaimana tidak, dia harus menghadapi bukan hanya satu orang bajak laut melainkan dua orang Yonko sekaligus, yang dianggap sebagai bajak laut terkuat di cerita One Piece. Luffy sudah pernah merasakan kekuatan Yonko tersebut, dimana dia memang tidak berdaya menghadapi mereka.

Di Wano, Luffy mempelajari teknik tingkat tinggi dari Armament Haki yang biasa digunakan oleh para samurai Wano, yaitu Ryuo. Salah satu tekniknya adalah menghancurkan benda atau sesuatu dari dalam. Seperti yang dia lakukan saat menghancurkan gelang peledak milik Yamato. Sekarang yang belum dipraktikan oleh Luffy adalah bagaimana menghancurkan pertahanan Kaido atau Big Mom dari dalam dengan menggunakan teknik tersebut.

Dengan masifnya arc Wanokuni, banyak yang kemudian bertanya apakah Luffy akan berada di level Yonko setelah arc ini berakhir. Sebagian fans ada yang sudah meyakini bahwa Luffy sudah menjadi bagian dari Yonko – terbukti dia mendapatkan julukan Yonko kelima. Namun, sebenarnya dari segi kekuatan dan hal lainnya, sepertinya Luffy masih jauh untuk menyeimbangkan kekuatannya dengan Yonko.

Luffy memang adalah karakter yang kuat, dia punya determinasi, motivasi, dan sebagainya. Namun, perlu diingat juga jika Yonko berada di level yang paling tinggi dalam jajaran bajak laut. Bahkan, tidak semua  admiral angkatan laut bisa menandingi kekuatan mereka. Tapi, Luffy adalah calon raja bajak laut yang mana kekuatannya harus lebih besar dan lebih kuat dari siapapun.

Luffy akan berada di level Yonko, atau dengan kata lain menjadi lebih kuat, pada saat pertempuran di Wano terjadi atau pada saat setelah pertempuran Wano selesai. Lalu, apa yang membuat Luffy bisa berada di level para Yonko? Selain dari kemampuan bertarung, tentunya ada hal lain yang mengalami peningkatan seperti kemampuan Haki dan juga kemampuan buah iblisnya.

Seperti yang banyak para fans prediksikan, Luffy mungkin akan membuka Gear 5 di pertempuran Wano ini. Hal ini sama seperti Doflamingo melawan Luffy di arc Dressrosa, dimana Dofy merupakan seorang bajak laut yang tangguh dan memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dari Luffy. Namun, Luffy berhasil mengalahkan Dofy setelah dia berhasil membuat Gear baru hasil latihannya dengan para babun.

Kemudian yang paling banyak diingat adalah pertarungan melawan Katakuri, dimana Luffy harus menggunakan seluruh kemampuan dan tenaganya. Meskipun secara teknis Katakuri yang mengalah, tapi Luffy berhasil menang dan membuka kemampuan baru untuk bisa melihat ke masa depan. Meskipun konsep ini terkesan oversimplified atau terlalu dipersingkat, tapi pada intinya adalah Luffy akan mendapatkan kekuatan baru dari hasil pertarungannya melawan Kaido atau Big Mom.

Jadi, apakah Luffy sudah bisa bertarung satu lawan satu melawan Big Mom atau Kaido saat ini? kemungkinan masih belum. Luffy mungkin akan mengalami nasib yang sama seperti di awal pertarungannya melawan Kaido, dimana dia kalah hanya dalam satu serangan. Luffy mungkin akan bertarung dengan bantuan dari karakter lain. Tentunya yang akan mendapatkan “porsi” lebih banyak adalah Luffy.

Dengan berhasil mengalahkan Katakuri, yang merupakan salah satu komandan Yonko, artinya Luffy sekarang sudah berada setidaknya di bawah para Yonko dalam hal kekuatan. Memang, masih butuh waktu untuk Luffy kemudian berada di level yang sama dengan para penguasa lautan tersebut. Namun, bukan berarti mustahil. Dengan Julukannya sekarang, Luffy bisa saja benar-benar menjadi bagian dari Yonko. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.