One Piece dan Dragon Ball merupakan dua judul manga terpopuler di Jepang, yang bahkan kepopulerannya sudah meluas sampai ke luar Jepang. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, kepopuleran Dragon Ball ataupun One Piece rasanya masih belum luntur, justru kedua franchise tersebut semakin terkenal dan semakin populer, khususnya bagi mereka yang baru menyukai dunia anime dan manga.

Menghadirkan karakter One Piece atau Dragon Ball di masing-masing seriesnya, memang bukanlah sesuatu hal yang aneh terjadi di dunia manga dan komik. Para mangaka dan komikus akan menunjukan penghormatan mereka satu sama lain dengan menghadirkan referensi dari karakter yang mereka sukai dari series ciptaan si mangaka atau komikus tersebut.

Eiichiro Oda, kreator dari One Piece, pernah mengakui bahwa Akira Toriyama, selaku kreator franchise Dragon Ball, merupakan salah satu inspirasi terbesarnya dalam membuat manga. Dan cerita One Piece pun memiliki pengaruh dari cerita Dragon Ball. Namun, bagaimana jadinya jika kemudian Akira Toriya berhasil “memprediksi” kelahiran dari One Piece, dalam hal ini adalah Luffy?

Hal yang tidak biasa ditemukan oleh seorang fan Dragon Ball dari Tiongkok. Ketika fan tersebut sedang membaca ulang chapter-chapter lama dari manga Dragon Ball, dia menemukan sosok yang “tidak biasa” dalam ceritanya yaitu Monkey D. Luffy. Dalam sebuah panel yang memperlihatkan Cell menginvasi sebuah desa, seorang penduduk dari desa tersebut terlihat menggunakan pakaian dan topi jerami yang sangat mirip dengan Luffy.

Mungkin banyak yang menyangka jika hal ini merupakan bentuk penghormatan Akira Toriyama terhadap penerusnya, Eiichiro Oda. Apalagi, kedua manganya berada di bawah perusahaan yang sama, sehingga kemunculan karakter dari manga lainnya sebagai cameo merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, jika dipikirkan lebih lanjut sebenarnya hal ini tidaklah biasa.

Manga Dragon Ball sendiri berakhir pada 1995, sedangkan manga One Piece baru dirilis pada 1997 untuk manganya dan 1999 untuk animenya. Ada selisih dua tahun dari kedua seri manga tersebut, yang artinya peluang Akira Toriyama untuk menghadirkan sosok tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Eiichiro Oda sangatlah tidak mungkin.

Memang, kemungkinan besar hal ini hanyalah sebuah ketidak sengajaan. Tapi, mengingat Oda Sensei merupakan penggemar dari Akira Toriyama, bisa jadi sosok dalam panel tersebut merupakan inspirasi Oda Sensei dalam menggambar sosok Luffy. Sehingga ada kemiripan bentuk karakter dan desain antara Luffy dan sosok penduduk desa tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.