Pertama kali terbit pada 1997 lalu, seri manga karya Eiichiro Oda, One Piece, kini sudah berusia lebih dari dua dekade. Tidak banyak seri manga yang bisa konsisten untuk terus menghadirkan cerita selama lebih dari dua dekade. Karena itulah, wajar jika manga ini menjadi seri manga terpanjang di dunia. Dan kemungkinan masih akan terus terbit selama beberapa tahun kedepan.

Bukan hanya pencapaian menjadi seri manga terpanjang, One Piece juga memecahkan rekor dunia sebagai seri manga yang paling banyak jumlah penjualannya. Meskipun banyak prestasi yang diraih, panjangnya seri ini juga tidak jarang mendapatkan kritikan dari para fans. Tidak sedikit para fans yang akhirnya bosan karena terlalu panjang ceritanya dan memutuskan untuk tidak lagi mengikuti ceritanya. Namun, mungkin Oda Sensei hanya ingin menampilkan cerita yang terbaik.

Lalu, kapan seri One Piece akan menyelesaikan ceritanya? Saat ini, One Piece sedang berada di puncak pertempuran Wano. Arc Wanokuni sendiri disebutkan sudah mencapai 60 – 75% dari keseluruhan cerita One Piece. Banyak fans yang menduga jika arc Wanokuni adalah arc “semifinal” sebelum kemudian kita memasuki arc terakhir. Tapi, benarkah demikian?

Dalam sebuah iklan di Weekly Shonen Jump yang mempromosikan One Piece Magazine volume 10 yang dirilis pada 4 September mendatang, ada sebuah pesan dari Oda Sensei tentang serinya. Dia mengatakan bahwa seri One Piece saat ini sedang menuju pada arc terakhir di ceritanya. Sayangnya, tidak ada informasi spesifik lainnya yang disampaikan dalam pesan tersebut.

Pesan yang disampaikan oleh Oda Sensei tersebut mereferensikan One Piece Magazine volume 10 tersebut, yang memang akan berfokus pada tema membaca kembali manga One Piece untuk “mempersiapkan cerita akhir.” Oda sendiri memang pernah mengatakan beberapa waktu lalu, untuk meminta para fansnya “mempersiapkan diri” menghadapi cerita akhir dengan membaca kembali seluruh manganya dari awal.

Perlu diingat Geeks bahwa meskipun Oda Sensei sudah mengatakannya sekarang tentang akhir cerita One Piece, mungkin ceritanya baru benar-benar berakhir dalam beberapa tahun kedepan. Jadi, apa yang diungkapkan oleh Oda Sensei dalam iklan tersebut hanya untuk meminta kembali para fans untuk membaca ulang seluruh chapter. Lebih baik kita tunggu saja kabar lebih lengkapnya mengenai hal ini.

Bukan tanpa sebab jika One Piece masih butuh waktu untuk menyelesaikan ceritanya. Masih ada beberapa plot point dan juga konflik yang perlu untuk diselesaikan atau segera diselesaikan. Pembicaraan mengenai akhir seri One Piece sendiri sebenarnya mulai memuncak pada Septermber 2019 kemarin, dimana ada sekelompok Youtuber berhasil mewawancarai Oda Sensei.

Salah satu pertanyaan yang diajukan oleh mereka adalah kapan seriesnya akan selesai. Oda Sensei kemudian menjawab bahwa dia ingin cerita One Piece bisa selesai dalam lima tahun lagi. Pernyataan Oda Sensei ini sempat “dibantah” oleh salah satu editor, yang mengatakan bahwa tidak mungkin ceritanya bisa selesai dalam lima tahun. Yang perlu digaris bawahi adalah Oda Sensei ingin mengakhirinya dalam beberapa tahun kedepan.

Jika kemudian semuanya berjalan sesuai rencana dan tidak ada lagi cerita atau konflik yang muncul – dan mudah-mudahan saja tidak ada cerita yang dipaksakan untuk selesai – di kemudian hari, mungkin saja One Piece bisa selesai dalam lima tahun kedepan. Namun, selalu ada kejutan yang diberikan oleh Oda. Bisa jadi waktu tersebut justru lebih cepat, meskipun ada kecenderungan bahwa ceritanya akan lebih lama dari lima tahun untuk diselesaikan.

Untuk arc Wanokuni sendiri kemungkinan baru akan selesai di akhir 2020 mendatang atau di awal 2021. Dan setelah itu baru kita akan nantikan apa lagi petualangan yang akan dialami oleh Luffy dan kru Topi Jerami. Bagaimana menurut kalian Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.