Vanity Fair melaporkan bahwa Ben Affleck akan kembali sebagai Batman dalam film The Flash. Sutradara filmnya yaitu Andy Muschietti dan produser filmnya yaitu Barbara Muschietti juga telah mengonfirmasi kembalinya Affleck. The Wrap juga melaporkan bahwa Affleck hanya kembali sebagai Batman dalam The Flash, dan tidak untuk film lainnya. Affleck sendiri bergabung dengan Michael Keaton dan Ezra Miller dalam film tersebut.

Kembalinya Affleck untuk memerankan Batman memang cukup mengejutkan, mengingat cara keluar Affleck dari DCEU. Sebelumnya, ada laporan yang menyebutkan bahwa sebelum Affleck mengumumkan keluar dari proyek The Batman, Robbert Pattinson sudah mengambil alih peran Affleck sebagai Batman. Meskipun secara terbuka Affleck sangat bersemangat untuk membintangi film solonya, dia kemudian juga berbicara tentang bagaimana perjuangannya yang menyakitkan saat keluar dari DCEU.

Meskipun mengasyikkan melihat Affleck kembali sebagai Batman, tampaknya ini bukanlah pertanda bahwa aktor tersebut akan kembali lagi di masa depan DCEU. Affleck sendiri hanya akan muncul di film The Flash. Film The Flash sepertinya menghadirkan cerita perpisahaan untuk Batman versi Ben Affleck. Batman versi Ben Affleck terakhir kali muncul dalam film Justice League yang rilis tahun 2017 lalu. Ia juga akan muncul dalam film Justice League Snyder Cut yang rilis tahun depan.

Sejak Affleck meninggalkan DCEU, film The Batman yang pernah ia tulis, sutradarai, dan akan ia bintangi telah dibawa ke arah yang baru. Sekarang Matt Reeves telah mengambil alih film tersebut sebagai sutradara sekaligus penulis, dan Robert Pattinson yang akan mengenakan jubah Batman. Film The Batman sendiri akan rilis tahun depan, dan akan menceritakan sosok Batman yang lebih muda dari sebelumnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/