Supernova dalam cerita One Piece adalah kelompok bajak laut yang muncul atau ada di pulau Sabaody, sebelum perang besar di Marineford pecah. Ada sekitar 11 orang bajak laut yang termasuk dalam Supernova. Dan dari semua Supernova tersebut, Eustass Kidd merupakan salah satu bajak laut yang menarik, tidak kalah dari sang protagonis utama Monkey D. Luffy.

Baik Kidd maupun Luffy sama-sama ingin menjadi seorang raja bajak laut. Disaat Luffy menjadi protagonis utamanya, yang kemungkinan besar akan mewujudkan impiannya tersebut di akhir cerita, Kidd juga memiliki peluang yang sama dan bisa menjadi rival bagi Luffy. Tapi, tentunya ada beberapa alasan mengapa Kidd lebih unggul dibandingkan Luffy. Apa saja?

Lebih Sembrono

Luffy memang sedari dulu dikenal oleh para fans sebagai seseorang yang sembrono, serampangan. Dia merupakan sosok karakter yang tidak pernah basa basi, straight to the point. Dan karena sifatnya yang serampangan ini, Luffy sangat jarang memikirkan konsekuensi yang akan terjadi atas aksinya tersebut. Namun, berkat pengalaman yang sudah dia alami pasca time-skip, Luffy kini berubah menjadi lebih dewasa. Semuanya dilakukan dengan perhitungan.

Kidd, di sisi lain, jauh lebih sembrono dibandingkan Luffy. Ketika Luffy mengikuti perintah Rayleigh untuk berlatih dan mengaktifkan kekuatan Haki miliknya selama dua tahun, Kidd justru langsung pergi ke New World. Meskipun apa yang dia lakukan adalah sebuah perjudian, beruntung selama dua tahun tersebut Kidd berhasil mencatatkan namanya sebagai bajak laut yang cukup dikenal.

Lebih Berpengalaman di New World

Seperti yang disebutkan di atas, ketika Luffy berlatih selama dua tahun bersama Rayleigh Kidd justru sudah lebih dahulu tiba di New World. Artinya dia memiliki waktu yang lebih lama dibandingkan Luffy. Pasca perang puncak selesai, Kidd langsung pergi ke wilayah tersebut dan kecewa dengan apa yang dia hadapi awalnya. Namun, selama dua tahun tersebut Kidd mulai belajar tentang New World dan sedikitnya sudah mulai paham tentang karakteristik lautannya.

Berbeda dengan Luffy, yang berada di wilayah New World kurang dari dua bulan. Dan bagi Luffy serta kru Topi Jerami, horor dan kengerian dari wilayah New World belum sepenuhnya mereka alami. Mungkin setelah arc Wanokuni Luffy akan langsung merasakan kengerian tersebut.

Menghadapi Yang Terkuat

Seperti sudah menjadi sebuah peraturan tidak tertulis yang ada di New World, hanya ada dua cara bagi seorang bajak laut dan kelompoknya bisa selamat di wilayah ini. Pertama adalah dengan menantang penguasa wilayah tersebut, yang tidak lain adalah seorang Yonko, dan yang kedua adalah menyerah dan bergabung dengan mereka, karena peluang untuk menang sangatlah kecil.

Kidd sendiri tidak pernah terlintas untuk bergabung bersama mereka, jadi keputusannya adalah dengan menantang para Yonko tersebut, meskipun hasilnya bisa ditebak bahwa dia kalah. Kidd sendiri sebelumnya bertarung melawan kru dari Kaido, Big Mom, dan Shanks.

Bajak Laut Sejati

Jika berbicara mengenai bajak laut dan Kidd, dia adalah bajak laut dalam artian yang sebenarnya. Berbeda dengan Luffy, Kidd tidak pernah mau mengorbankan waktu, tenaga, dan krunya untuk membantu orang lain atau mengampuni mereka yang lemah. Kidd justru senang menghancurkan mereka, dengan alasan untuk menjadikan contoh bahwa jika mereka lemah maka mereka akan mudah untuk dihancurkan.

Jika Geeks mengharapkan Kidd mau menolong mereka yang kesulitan atau membutuhkan bantuan, maka siap-siap harus kecewa karena itu tidak akan terjadi. Kidd adalah seseorang yang memang melakukan sesuatu demi kejayaan dan kekayaan. Seperti seorang bajak laut sejati. Meskipun begitu, Kidd juga bisa saja diajak bekerja sama, seperti yang terjadi sekarang di arc Wanokuni.

Tidak Kenal Ampun

Sebagai seorang bajak laut sejati, Kidd adalah sosok yang tidak kenal ampun. Dan bisa jadi, dia adalah sosok yang paling gila diantara para Supernova lainnya. Jika Luffy berhasil mendapatkan nilai buruan tinggi dan kepopuleran karena apa yang sudah dia buat, seperti menyusup dan kabur dari Impel Down, membakar bendera Pemerintah Dunia, dan sebagainya, Kidd justru mendapatkan nilai tinggi dan kepopuleran karena tindakan jahatnya yang suka menghancurkan wilayah orang lain dan membunuh mereka yang tidak berdosa.

Kidd tidak akan ragu untuk membunuh mereka yang menertawakan mimpinya sebagai raja bajak laut. Dia juga tidak ragu membunuh seseorang, jika dia lemah. Sudah banyak hal jahat dan mengerikan lainnya yang pernah dilakukan oleh Kidd, tapi sebagai seorang bajak laut sesungguhnya, dan hal itu wajar.