Sasuke dan Naruto adalah dua shinobi hebat dan terkuat di seluruh series Naruto. Setelah perang besar ninja keempat, Kakashi Hatake kemudian ditunjuk sebagai Hokage keenam, sementara Naruto menghabiskan waktunya untuk menjalankan misi yang diberikan Kakashi. Uchiha Sasuke sendiri berpetualang ke berbagai tempat untuk mencari jejak klan Otsutsuki. Namun, setelah beberapa waktu akhirnya Naruto mewujudkan mimpinya.

Dengan Kakashi mundur sebagai Hokage, Naruto kemudian dipilih sebagai Hokage selanjutnya atau Hokage ketujuh. Sampai saat ini, Naruto sudah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai pemimpin Konoha. Dan ketika waktunya tiba bagi Naruto untuk mundur sebagai Hokage, Sasuke bisa menjadi kandidat kuat pengganti Naruto. Berikut adalah berbagai alasannya.

Melindungi dari jauh

Uchiha Sasuke dikenal sebagai Hokage lain atau Hokage bayangan dari desa Konoha. Julukan ini diberikan kepada Sasuke karena sebenarnya Sasuke nyatanya memiliki peran yang sama dengan Naruto sebagai pelindung Konoha. Hanya saja perbedaan terbesarnya adalah jika Naruto memang dikenal oleh masyarakat Konoha sebagai Hokage, sedangkan Sasuke melakukan tugasnya secara diam-diam.

Disaat Naruto harus menghadapi berbagai tugas formal Hokage, yang penuh dengan kertas dan rapat, Sasuke adalah orang yang menelusuri jejak ancaman yang datang. Sasuke juga yang kemudian menghadapi ancaman berbahaya tersebut. Ironisnya, Sasuke sangat jarang mendapatkan kredit atas apa yang dia lakukan. Karena itulah Sasuke bisa menjadi Hokage selanjutnya secara “sah.”

Keabadian

Sasuke Uchiha memiliki kemampuan doujutsu Rinnegan, di bagian mata sebelah kirinya. Itu artinya, dia memiliki salah satu kekuatan terbesar dalam cerita Naruto. Rinnegan sendiri bisa memastikan Sasuke untuk tetap hidup selamanya, alias kekal. Hal ini diakui sendiri oleh Sasuke dalam pertarungannya melawan Naruto.

Jika kemudian Naruto mundur sebagai Hokage, dan Sasuke kemudian menjadi Hokage selanjutnya, Sasuke tidak perlu mempercayakan semuanya kepada orang lain dan kemudian mengorbankan nyawa orang lain. Sasuke akan mengorbankan jiwanya dan menghabisi ancaman yang datang dengan tangannya sendiri. Sehingga dia bisa memastikan dunia tidak akan kembali kacau.

Shinobi Terkuat

Level kekuatan Uchiha Sasuke tidak diragukan lagi sama dengan Naruto dalam franchisenya. Namun, ada beberapa hal yang membuat Sasuke lebih unggul dibandingkan Naruto saat ini. Ketika Naruto hanya duduk di kantor Hokage, dan bisa dibilang jarang bertarung bahkan Kurama sendiri mengakuinya, di sisi lain Sasuke terus aktif bergerak dan bertarung demi menjalankan misi.

Seperti pepatah mengatakan, semakin pisau diasah maka akan semakin tajam. Meskipun sekarang Sasuke sudah tidak muda lagi, namun dengan dia yang masih aktif dalam menghadapi berbagai ancaman dan rintangan, hal inilah yang menjadi keunggulan dari Sasuke dibanding Naruto.

Shinobi yang Lebih Cerdas

Harus diakui dan sudah nampak dengan jelas di depan mata, Sasuke jauh lebih cerdas dan lebih pintar dibandingkan Naruto. Dalam situasi tertentu, Sasuke tahu bagaimana menghadapi ancaman yang datang dan juga dia bisa menganalisa situasi dengan jauh lebih baik. Contohnya adalah ketika dia menganalisa apa yang diungkapkan oleh Amado tentang Isshiki Otsutsuki.

Lain halnya dengan Narto, yang sering kali dikendalikan oleh emosinya. Dan dibandingkan dengan Naruto, Sasuke lebih paham “waktu” yang pas kapan untuk mengampuni dan memberikan kesempatan kedua kepada orang lain, dan kapan harus menggunakan pedangnya.

Bisa Melacak Jejak Ancaman Otsutsuki

Ketika shinobi dari seluruh negeri tidak lagi berperang satu sama lain, dunia akhirnya kembali berdamai. Tapi, ancaman yang mereka hadapi sekarang ini jauh lebih besar dari sebelumnya, dengan diperkenalkannya sosok ras alien parasit dari klan Otsutsuki. Klan Otsutsuki sendiri bukanlan makhluk biasa, karena dengan kekuatannya mereka bisa saja menghancurkan bumi.

Berkat Rinnegan yang dia miliki, Sasuke menjadi satu-satunya orang yang bisa melacak keberadaan mereka dan mencari tahu informasi tentang mereka, seperti yang dia lakukan selama ini. Dengan kemampuan inilah shinobi bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.