Mangekyou Sharingan merupakan sebuah Doujutsu kekkei Genkai yang sangat kuat yang hanya dimiliki oleh klan Uchiha. Karena kekuatannya yang dahsyat, tidak mudah untuk bisa membangkitkan Mangekyou Sharingan. Satu syarat utama yang harus dilakukan oleh mereka yang ingin membangkitkan kekuatan ini adalah dengan mengalami trauma emosional yang disebabkan oleh kematian yang dekat dengan calon penggunanya.

Ketika Mangekyou Sharingan berhasil dibangkitkan, maka kekuatannya akan jauh melebihi Sharingan pada umumnya. Selain itu, ada juga berbagai kemampuan unik yang bisa dilakukan oleh mereka yang sudah mengaktifkan Mangekyou Sharingan. Meskipun ada banyak sekali pengguna Doujutsu ini dalam cerita Naruto, tidak semuanya dari mereka diungkapkan memiliki kemampuan ini. Siapa saja? berikut adalah pembahasannya.

Uchiha Madara

Madara merupakan Uchiha pertama di klannya, bersama dengan Izuna, yang membangkitkan kemampuan Mangekyou Sharingan. Setelah bertahun-tahun melatih kemampuannya ini, dia akhirnya berhasil mendapatkan kekuatan yang dahsyat yang dia gunakan untuk bertarung melawan Hashirama Senju. Tapi, sayangnya Hashirama masih terlalu kuat untuk Madara.

Madara kemudian mencari kekuatan lainnya. Setelah menyaksikan saudaranya tewas, dia pun mengambil matanya untuk membangkitkan Eternal Mangekyou Sharingan. Dengan menggunakan kemampuannya ini, Madara mampu membangkitkan kemampuan untuk mengendalikan Susano’o secara penuh. Menariknya, meskipun dia merupakan orang pertama yang mendapatkan Mangekyou Sharingan tidak diketahui apa kemampuannya.

Uchiha Izuna

Uchiha Izuna merupakan salah satu dari empat saudara kandung Uchiha Madara. Bersama keempat saudaranya, dia merupakan orang pertama yang berhasil membangkitkan kemampuan Mangekyou Sharingan di klan Uchiha. Kemampuan pasti dari Mangekyou Sharingan miliknya tidak diketahui, tapi yang pasti hal ini membuat dia menjadi sosok yang kuat untuk memimpin klan Uchiha bersama Madara.

Di masa mudanya, dia sudah berhasil mengalahkan banyak sekali shinobi Senju. Tapi, pada akhirnya dia harus tewas akibat luka fatal dari pedang Tobirama. Sampai dia tewas pun, kemampuan Mangekyou Sharingan milik Izuna masih menjadi misteri, tapi dengan kemampuan tersebut membuat dia menjadi pemimpin klan Uchiha yang kuat, pastinya Mengekyou miliknya sangat dahsyat.

Indra Otsutsuki

Anak pertama dari Hagoromo, Indra Otsusuki, merupakan seorang shinobi jenius yang mampu melampaui apapun. Indra Otsusuki mewarisi chakra kuat milik ayahnya, dan juga kemampuan Sharingannya. Terkadang, Indra juga mampu membangkitkan kemampuan Mangeyou Sharingan miliknya, meskipun tidak diketahui kemampuan sebenarnya.

Karena sosok Indra tidak terlalu sering ditampilkan dalam cerita, kemampuan Mangekyou Sharingan miliknya pun tidak banyak yang diketahui. Di animenya, diperlihatkan bahwa Indra mampu menggunakan Amaterasu, tapi di manganya dia tidak memiliki kemampuan ini. Namun, Indra memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh tubuh Susano’o tanpa harus membuka Eternal Mangekyou Sharingan, yang mana merupakan sesuatu hal yang luar biasa.

Fugaku Uchiha

Fugaku Uchiha merupakan pemimpin dari klan Uchiha sebelum pembantaian klan Uchiha oleh Itachi. Dia merupakan ayah dari Itachi dan Sasuke. Fugaku sendiri adalah seorang shinobi Konoha yang sangat kuat dan banyak orang yang menganggap bahwa Fugaku bisa menjadi salah satu kandidat kuat untuk menjadi Hokage desa Konoha.

Dalam cerita animenya, Fugaku Uchiha diperlihatkan memiliki kemampuan Mangekyou Sharingan, yang dia bangkitkan pada saat perang besar ninja ketiga. Sayangnya, kemampuan ini tidak pernah diperlihatkan atau disebut di manganya. Meskipun begitu, Fugaku memiliki pengetahuan yang luas terhadap doujutsu tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.