Dalam cerita One Piece yang memiliki tema utama bajak laut, peperangan merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan. Perang hampir selalu terjadi ketika ada sosok yang mencoba untuk memancing keributan atau ketika ada seseorang membela sesuatu yang dia yakini benar. Peperangan tersebut juga tidak diragukan lagi membuat kerugian besar bagi banyak pihak.

Meskipun dalam cerita One Piece kita berada di era “saat ini,” tapi sudah sejak dulu ternyata peperangan besar terjadi. Peperangan tersebut menjadi sebuah sejarah dan berada dalam ingatan orang-orang, karena besarnya dan masifnya efek atau peperangan itu sendiri. Berikut beberapa perang terbesar dalam cerita One Piece.

Perang Besar Di Era Yang Hilang

Era yang hilang merupakan sebuah masa yang terjadi hampir 1000 tahun yang lalu dan tercatat dalam sejarah dan berbagai benda arkeologi. Mempelajari apa yang terjadi di masa lalu sangat dilarang oleh pemerintah dunia. Perang besarnya sendiri terjadi sekitar 800-900 tahun yang lalu sebelum masa sekarang. Peristiwa penting yang terjadi ketika era tersebut adalah perang besar atau Great War. Perang tersebut mengakibatkan jatuhnya kerajaan Shandora.

Di akhir era yang hilang, 20 kerajaan membentuk sebuah kekuatan besar demi mengalahkan sebuah kerajaan besar yang disebut Ancient Kingdom atau kerajaan kuno. Mereka pun kemudian membentuk organisasi yang sekarang dikenal sebagai Pemerintah Dunia. Para pendirinya bersumpah untuk berada dalam level yang sama dengan kerajaan yang lain.

Insiden God Valley

Insiden God Valley bertempat di sebuah wilayah yang bernama God Valley pada 38 tahun yang lalu. Peperangan tersebut melibatkan bajak laut legendaris Rocks D. Xebec dan juga gabungan pasukan antara angkatan laut dengan bajak laut Gol D. Roger. Bajak laut Rocks merupakan kelompok bajak laut yang dianggap sebagai kru bajak laut paling berbahaya dan paling kuat saat itu.

Ada banyak nama-nama familiar yang menjadi bawahannya, seperti Big Mom, Whitebeard, Shiki, dan Captain John. Entah untuk alasan apa, para kaum naga langit dan budaknya tiba-tiba muncul di tengah-tengah pertempuran. Untuk melindungi mereka akhirnya Garp dan Roger membentuk pasukan untuk sementara. Akhirnya pertempurannya dimenangkan oleh aliansi angatan laut dan bajak laut Roger. Akhirnya bajak laut Rocks pun dibubarkan.

Edd War

Sekitar 27 tahun lalu, dua tahun sebelum Gol D. Roger dan krunya berhasil mencapai pulau Laugh Tale, Shiki mengetahui jika Roger sudah berhasil menemukan dimana keberadaan salah satu senjata kuno. Melihat kesempatan yang besar dengan pasukannya yang banyak, dia kemudian bertanya apakah mereka bisa menyatukan kekuatan. Dia percaya Roger bisa menjadi tangan kanannya untuk menguasai dunia.

Sayangnya, Roger kemudian menolak tawaran Shiki tersebut dengan alasan bahwa tidak ada gunanya jika dia menjadi seorang bajak laut besar bila dia tidak bisa melakukan apapun yang dia sukai. Akhirnya peperangan antara kelompok bajak laut Shiki dan Roger pun tidak terhindarkan. Namun, anehnya tiba-tiba muncul sebuah badai besar di tengah-tengah pertarungan mereka, dan Shiki harus kehilangan sebagian besar armadanya. Roger pun berhasil pergi dari serbuan Shiki tersebut.

Summit War/Perang Besar Marineford

Pertarungan besar Marineford bertempat di pulau yang menjadi markas besar angkatan laut. Dalam peperangan ini, bajak laut Whitebeard mencoba untuk membebaskan Ace dari eksekusi. Seluruh armadanya berkumpul disana dan seluruh pasukan angkatan laut mencoba untuk bertahan dan mempertahankan markas angkatan laut dari serangan Whitebeard.

Meskipun sempat berhasil diselamatkan oleh Luffy, sayangnya di akhir cerita kita melihat bagaimana Ace harus tewas akibat serangan Sakazuki dalam melindungi Luffy. Tidak hanya itu, sebagian besar krunya pun tewas dalam pertempuran ini bahkan Whitebeard pun ikut tewas. Pertempuran ini menghadirkan para pengguna buah iblis paling banyak sejauh ini dalam sejarah One Piece. Mereka adalah Sakazuki, Aokiji, Kuma, Blamenco, Boa Hancock, Buggy, Crocodile, Doflamingo, dan masih banyak lainnya. Pertempuran ini juga menjadi yang paling fenomenal karena kematian Ace yang menyedihkan.

Perang Wano

Sekitar 20 tahun yang lalu, bajak laut Kaido mulai menduduki wilayah Wano. Setelah Shogun Wano yang baru, Kurozumi Orochi, mengeksekusi Daimyo dari wilayah Kuri, bajak laut Beasts pun membakar istana Oden, namun istri dari Oden yaitu Toki berhasil mengirim Momonosuke, Kin’emon, Kanjuro, Raizo, dan Kiku ke 20 tahun yang akan datang.

Dalam alur cerita saat ini, terbentuk sebuah aliansi yaitu ninja, samurai, suku Mink, dan bajak laut untuk membebaskan Wano dari cengkraman Orochi dan Kaido. Big Mom juga berada di wilayah Wano untuk membalas dendam apa yang terjadi di arc sebelumnya. Di Onigashima, Kaido dan Big Mom sudah membentuk aliansi untuk menaklukan dunia.

Menurut Oda, perang yang akan terjadi di Wano akan sangat masif bahkan peristiwa yang terjadi di Marineford akan terasa seperti tidak ada apa-apanya. Banyak yang memprediksi jika akan ada banyak nama yang muncul. Seperti Shanks, Blackbeard, Garp, dan masih banyak lainnya. Red Scabbards sendiri sudah mulai menyerang Kaido, yang artinya perang pun resmi dimulai!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.