Dalam film The Old Guard yang diproduksi oleh Netflix, Andromache alias Andy menyatakan berulang kali bahwa dia berusia sangat tua. Saking tuanya, dia tidak ingat berapa usianya yang sebenarnya. Diadaptasi dari buku komik karangan Greg Rucka dengan judul yang sama, The Old Guard berkisah tentang empat – yang kemudian menjadi lima – orang yang memiliki kemampuan untuk hidup abadi.

Mereka kemudian diincar oleh para tentara bayaran, suruhan sebuah perusahaan obat terbesar, yang dipimpin oleh seseorang bernama Merrick. Merrick memiliki tujuan untuk menemukan rahasia terbesar kemampuan mereka sehingga dia bisa menjualnya dan membuat dunia bebas dari penyakit dan penderitaan. Karena itulah dia kemudian bekerja sama dengan Copley, seorang mantan agen rahasia Inggris.

Copley menganggap bahwa apa yang dilakukannya adalah benar, sampai kemudian pada suatu ketika dia menyadari bahwa apa yang dia lakukan adalah sebuah kesalahan besar. Diantara mereka berlima, andy memang yang paling tua dan sudah hidup sekitar ribuan tahun. Jadi, Andy adalah target utama dalam rencana Merrick. Ketika Nile Freeman bergabung dalam tim, pertanyaan tentang usia Andy kembali menjadi sorotan.

Dalam adaptasi filmnya, Andy memang tidak pernah mengungkapkan secara eksplisit berapa usianya. Dia selalu mengatakan bahwa dia sudah lupa dengan usianya karena saking lamanya waktu kehidupan yang sudah dia jalani. Bahkan ketika Nile dan andy berbincang-bincang pun, Andy mengatakan bahwa dia tidak ingat wajah dari saudaranya dan juga ibunya.

Namun, hal berbeda ditampilkan dalam versi komiknya dimana dijelaskan bahwa Andy memiliki usia sekitar 6.732 tahun. Meskipun sulit untuk memastikan apa yang terjadi di masa tersebut, kemungkinan besar bahwa Andy lahir sebelum piramida di Mesir tercipta dan sebelum peradaban manusia mulai berkembang. Zaman tersebut merupakan zaman akhir sebelum era Neolitikum berakhir dan manusia mulai berkembang.

Dengan usianya tersebut, wajar jika kemudian Andy menyebut dirinya paling tua diantara tim. Andy sudah melihat bagaimana sebuah kerajaan hancur dan bangkit. Andy juga sudah sering terlibat dalam berbagai perang yang ada di muka bumi ini. Ketika dia lahir, Andy kemungkinan hidup di era dimana berbagai sosok mitologi masih ada. Karena hal itulah Andy pernah mengalami fase dia dipuja dan dianggap sebagai dewa, apalagi dengan kemampuan hidup abadinya.

Andy kemungkinan adalah sosok Andromache yang berasal dari kerajaan Troya. Karena tidak banyak informasi yang bisa diingat Andy di awal masa kehidupannya, kebanyakan cerita tentang Andy selalu bersama dengan timnya. Misalnya ketika dia bertemu dengan Booker, Joe, dan dua tim lainnya sebelum kemudian dia bertemu dengan Nile.

Netflix kemungkinan sudah siap dengan proyek sekuel filmnya, dan di film sekuelnya nanti dipastikan Andy harus berjuang keras untuk bisa bertahan hidup. Karena, seperti diperlihatkan di akhir filmnya kemampuan Andy sudah menghilang – kemungkinan untuk selamanya. Seperti yang diucapkan oleh Nicky, bahwa akan tiba waktunya mereka mati. Apakah Andy akan mati di film sekuelnya? kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.