Setelah sempat menjadi misteri, akhirnya kita mengetahui lebih detail tentang segel Karma dan bagaimana sistem kerja dari segel tersebut, dan apa artinya bagi Boruto. Seperti yang dijelaskan oleh Amado, segel Karma merupakan sebuah data yang sengaja disimpan pada seseorang untuk kemudian berkembang sebelum tubuh dari orang tersebut diambil alih oleh Otsutsuki.

Penjelasan dari Amado tersebut sedikitnya menjawab misteri tentang bagaimana klan Otsutsuki bisa hidup abadi selama ribuan tahun. Tapi, ada pertanyaan lainnya yang kemudian muncul. Apakah artinya Boruto yang kemudian menghancurkan desa Konoha, seperti yang diperlihatkan di awal cerita? Atau sosok lainnya yang mengendalikan Boruto untuk melakukan hal tersebut?

Momoshiki pernah memberikan sebuah peringatan kepada Boruto, bahwa suatu hari mata biru miliknya akan menjadi penyebab semua kehilangan dalam hidupnya. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, penjelasan tentang Karma ini memang akhirnya menjawab tentang hal teknis dari segel ini. Tapi, di awal cerita Boruto kita melihat bagaimana Boruto bertarung melawan Kawaki di atas reruntuhan Konoha.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana Kawaki bisa kembali memiliki segel Karma, setelah di chapter 47 diperlihatkan Isshiki mengambil Karma dari tubuh Kawaki. Bagaimana dengan Boruto? Hal inilah yang dikhawatirkan oleh Naruto dan yang lain. Amado sendiri memiliki rencana untuk membunuh Boruto, tapi tentu saja itu merupakan opsi terakhir

Segel Karma perlahan mulai memrogram gen dan tubuh Boruto untuk bisa mereplikasi sosok Momoshiki. Dan suatu hari, kemungkinan Boruto akan menunjukan perilaku yang sama dengan Momoshiki. Jigen adalah contoh nyata dari bagaimana segel Karma sudah berkembang dengan sempurna di tubuh seseorang. Hasilnya adalah sang Otsutsuki berhasil mengambil alih sepenuhnya dari tubuh tersebut.

Penjelasan tersebut memunculkan pertanyaan apakah memang Kawaki yang menghancurkan desa Konoha? Kawaki disiapkan untuk sesuatu yang besar memang, yang mana sebagian besar dari kita percaya bahwa Kawaki adalah karakter yang memberikan mimpi buruk kepada Konoha. Tapi, bagaimana jika kemudian justru Boruto, secara tidak sadar, yang menghancurkan desa Konoha?

Skenarionya adalah Shikamaru akan merasakan adanya sebuah bahaya besar yang datang ke Konoha. Mengetahui bahwa DNA Boruto dikendalikan oleh seorang Otsutsuki, kemungkinan demi melindungi Konoha dia akan meminta Boruto untuk dikurung. Hal ini menyebabkan Boruto untuk bertindak, yaitu kabur dari desa.

Karakter Boruto memang dibentuk untuk menjadi penerus dari karakter ayahnya Naruto, tapi skenario di atas bisa menjadi sebuah kesempatan langka dimana kita melihat bagaimana karakter utama yang justru diburu oleh penduduk desa karena dianggap berbahaya. Pada saat inilah timeskip muncul, dan Boruto dewasa kembali ke Konoha dengan kepribadian yang baru.

Saat pelariannya tersebut Boruto kemungkinan mencoba untuk menerima dan mengendalikan apa yang menjadi “anugerah” kepada dirinya tersebut. Dan suatu ketika, dia akan kehilangan kendali atas segel Karma dan mulai memunculkan kekacauan di desa Konoha yang menyebabkan hancurkan desa tersebut. Boruto pernah mengatakan bahwa, “era shinobi sudah berakhir.” Bagaimana jika dia yang menghancurkan era tersebut?

Kawaki juga mengatakan bahwa dia akan mengirim Boruto ke tempat Naruto. Banyak yang berasumsi bahwa maksud Kawaki adalah dia akan membunuh Boruto seperti dia membunuh Naruto. Tapi, bagaimana jika kemudian Kawaki justru akan menyegel Boruto dan mengalahkannya kemudian membawanya ke hadapan Naruto. Berbagai hal tentang Karma dan Otsutsuki ini memang sangat menarik, jadi kita tunggu saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!