Geeks masih ingat dengan peristiwa perang di Marineford? Rasanya Geeks dan seluruh pecinta One Piece pasti masih mengingat peristiwa epik tersebut, dimana Whitebeard tewas menghadapi seluruh pasukan angkatan laut dan Ace tewas di tangan Sakazuki. Selain dua momen monumental tersebut ada satu peristiwa “kecil” yang cukup menarik perhatian yaitu kedatangan Shanks.

Shanks berhasil menghentikan perang besar tersebut, demi menghindari lebih banyak korban lagi. Tapi, sebelum Shanks pergi ke Marineford, seperti yang diungkapkan salah satu angkatan laut, Shanks sempat bertempur melawan Kaido. Beruntung Shanks datang tepat waktu dan bisa menghentikan peperangan tersebut. Benarkah Shanks bertempur dengan Kaido? Kemungkinan besar pertempuran tersebut benar terjadi.

Tapi, pertempuran diantara mereka bukan pertempuran antara Whitebeard dan angkatan laut, melainkan seperti pertarungan Roger dan Whitebeard. Mengapa mereka bertempur? Kaido bukan mau ikut berperang dengan Whitebeard. Kemungkinan besar Kaido pada saat itu sedang mengejar anaknya, Yamato, yang mencoba untuk menyelamatkan Ace dari eksekusi pihak angkatan laut.

Memang, tidak ada bukti nyata untuk membuktikan hal tersebut. Namun, ada beberapa momen-momen yang bisa dijadikan bukti yang mengarah pada hal tersebut. Pertama, Yamato tahu tentang sosok Ace. Hal ini diperlihatkan dalam chapter 948 kemarin, dimana Yamato mengatakan kepada Luffy bahwa dia mengenal sosok Ace. Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Yamato, sepertinya memang Yamato memiliki kedekatan atau hubungan khusus dengan Ace.

Kedua, ada kemungkinan jika Yamato mengetahui kabar tentang eksekusi Ace dari koran yang diberikan oleh Orochi atau Kaido. Entah apakah mereka memberikan informasi tersebut kepada Yamato secara sengaja atau Yamato sendiri yang mencari tahu tentang hal tersebut. Dengan Yamato yang berhasil mendapatkan jurnal harian Oden, rasanya Yamato berhasil mengetahui sendiri kabar tentang Ace.

Ketiga, Kaido mungkin tidak mengerahkan seluruh pasukannya untuk pergi ke Marineford. Karena, jika memang Kaido mengirimkan sebagian besar pasukannya maka Shanks juga akan mengerahkan seluruh kekuatanya. Dan kedua pihak juga pasti ada korban jiwa. Sepertinya Kaido pergi dengan tim kecil, karena mereka membutuhkan kecepatan untuk mengejar Yamato.

Shanks bisa jadi adalah orang yang menemukan sosok Yamato, dan kemudian mengirimkannya kembali kepada Kaido. Kaido berpikir bahwa Shank akan melukai anaknya, sehingga terjadilah perang tersebut. Tapi, setelah semuanya dijelaskan, Kaido memilih mundur dan membawa kembali Yamato ke Wano. Shanks pun kemudian bergerak dengan cepat menuju Wano dan menghentikan semuanya.

Bisa jadi hal tersebut juga yang menjadi alasan mengapa Yamato kemudian dikurung dan diborgol, agar dia tidak pergi kemana-mana tanpa pengawasan. Jika Kaido benar-benar tiba di Marineford, mungkin situasinya akan lebih kacau lagi dengan adanya dua karakter kuat (bahkan mungkin tiga dengan adanya Shanks). Beruntung Shanks lebih dulu menemukan Yamato dan menghindari kekacauan yang semakin menjadi-jadi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.