Apakah Kong yang jauh lebih pendek dari Godzilla mampu mengalahkahnya? Itulah pertanyaan yang mungkin muncul di sebagian benak para pecinta film ketika mendengar kabar tentang proyek film Godzilla vs. Kong yang akan menjadi sekuel bagi King of the Monsters. Pada kenyataannya Kong memang diklaim menjadi monster terakhir yang bisa mengalahkan Godzilla.

Hal ini pernah diperlihatkan dalam film King Kong vs Godzilla yang dirilis pada 1962. Film corssover tersebut dianggap sebagai “pertarungan terhebat di abad tersebut” karena menghadirkan dua ikon budaya pop yang saling bertarung, Godzilla yang berasal dari Jepang dan King Kong dari Amerika. Meskipun sempat ada usaha untuk menghadirkan kembali pertarungan, tapi tetap film tersebut dianggap sebagai film terbaik yang mempertemukan mereka berdua.

Sekitar 50 tahun kemudian, pertarungan antara dua monster tersebut akan kembali digelar berkat adanya MonsterVerse yang dibangun oleh Legendary Pictures. Dalam universe tersebut, diperlihatkan bahwa Kong dan Godzilla berada di dunia yang sama. Dalam film Godzilla vs. Kong nanti, sang raja monster tersebut akan pergi menuju Skull Island tempat dimana Kong berada.

Meskipun Kong tidak diunggulkan di film tersebut, Kong sebenarnya merupakan satu-satunya monster yang pernah mengalahkan Godzilla dalam pertarungan yang adil. Di film orisinalnya, Godzilla berhasil mengalahkan berbagai monster, sampai kemudian Kong muncul. Berkat kekuatan dari Kong, Godzilla harus ekstra keras untuk melawan monster tersebut.

Kedua monster tersebut kemudian sama-sama jatuh ke lautan, dan hanya Kong yang berhasil muncul kembali ke permukaan. Banyak yang menganggap bahwa pertarungan tersebut seimbang, karena tidak diperlihatkan apa yang sebenarnya terjadi di dalam air. Tapi, Toho kemudian menjelaskan melalui sinopsisnya bahwa Kong adalah pemenang dari pertarungan tersebut.

Kekalahan tersebut memang bukanlah yang pertama kali bagi Godzilla, tapi kekalahan dari Kong berbeda dari kekalahan yang pernah dialami oleh Godzilla karena Kong bisa mengalahkan Godzilla tanpa adanya bantuan dari monster lainnya. Contohnya dalam Mothra vs. Godzilla, Mothra dewasa terbukti tidak mampu untuk menghadapi Godzilla sendirian, yang akhirnya memaksa kedua anaknya untuk membantu mengalahkan Godzilla.

Mechagodzilla berhasil mengalahkan Godzilla dalam film Godzilla Against Mechagodzilla, tapi kemenangan itu bukanlah kemenangan mutlak. Kedua monster tersebut pergi dalam keadaan terluka. Dan di film sekuelnya, Godzilla: Tokyo S.O.S., Godzilla berhasil dikalahkan berkat kombinasi Mechagodzilla dan dua larva dari Mothra.

Bahkan Destoroyah, yang disebut-sebut sebagai musuh terbesar dari Godzilla, tidak bisa mengalahkannya sendirian. Musuh terbesar Godzilla lainnya, King Ghidorah, juga merupakan monster yang tidak pernah bisa mengalahkan Godzilla sendirian. Meskipun Kong memiliki keuntungan berkat kemampuan listriknya, keberhasilan mengalahkan Godzilla adalah hal yang paling luar biasa dari film King Kong vs Godzilla.

Tapi, Kong versi MonsterVerse tidak memiliki kemampuan tersebut, sehingga memunculkan sebuah pertanyaan apakah Kong mampu mengalahkan Godzilla seperti di dekade 1960an, meskipun tanpa adanya kekuatan listrik yang dulu dia miliki. Pertandingan di film Godzilla vs. Kong nanti akan memperlihatkan siapa yang memang kuat diantara mereka berdua. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Kong atau Godzilla yang akan menang?