Taka no Me atau biasa disebut Mihawk merupakan salah satu mantan Shichibukai yang memiliki kekuatan diatas rata-rata para Shichibukai. Kekuatannya dianggap setara dengan sosok Shanks si rambut merah. Mihawk juga memang diketahui merupakan rival abadi dari Shanks, sampai kemudian dia memutuskan untuk tidak lagi bertarung dengannya setelah Mihawk mengetahui bahwa Shanks kehilangan lengan kirinya.

Tapi, ada sesuatu yang cukup menarik saat pertarungan besar di Marineford. Mihawk meminta maaf kepada Shanks karena mencoba untuk membunuh dan menyerang Luffy, dan pada saat Mihawk berada di Baratie pun sepertinya dia tidak ingin memisahkan Luffy dan Zoro. Mihawk sendiri merupakan tipe karakter yang lebih baik menggunakan pedangnya kepada sosok yang sangat kuat, daripada dia menggunakannya kepada orang yang dia tahu dia tidak akan bisa kalahkan.

Jika Mihawk memang tidak ingin bertarung melawan Luffy atau membunuh Luffy, dia bisa saja bertarung melawan salah satu komandan divisi dari Whitebeard. Lalu, mengapa Mihawk menyerang Luffy? Kemungkinan adalah dia ingin mengetahui mengapa Zoro begitu setia kepada Luffy. Selain itu, Mihawk bisa jadi penasaran mengapa Shanks mau mempertaruhkan lengan kirinya demi “masa depan yang baru” dan merelakan topi jerami kesayangannya untuk diberikan kepada Luffy.

Kemungkinan lainnya adalah Mihawk ingin mengetahui seberapa jauh “kekuatan” Luffy yang sangat mengerikan. Seperti yang kita tahu, Mihawk sendiri mengakui bahwa kekuatan Luffy bukan dari seberapa dahsyat buah iblis yang dia miliki. Luffy memiliki sebuah kekuatan yang paling dahsyat dan paling mengerikan di seluruh lautan, yaitu ketika orang lain – yang bahkan belum dia kenal – mau merelakan hidupnya demi membantu Luffy.

Rasa penasaran Mihawk mungkin semakin meningkat setelah dia tahu bahwa Luffy adalah orang yang pernah mengalahkan Crocodile, Rob Lucci, dan Gecko Moria. Mihawk paham bahwa nama-nama tersebut bisa saja dengan mudah mengalahkan Luffy, karena Crocodile memiliki Baroque Works, Rob Lucci memiliki angkatan laut dan CP9 lainnya, dan Moria yang memiliki pasukan zombie.

Dengan segala “keuntungan” tersebut Luffy masih tetap bisa menang melawan mereka, dan hal itulah yang membuat Mihawk penasaran. Mihawk pastinya tahu, bahwa kekuatan Luffy sendiri tidak akan sanggup dan mampu menghadapi mereka semua, dan karena itulah dia mencoba untuk mencari tahu apa yang luar biasa tentang Luffy sosok yang bisa mengalahkan nama-nama tersebut.

Rasa penasaran Mihawk kemudian terjawab, ketika Vista kemudian menyerangnya dan mencoba untuk melindungi Luffy. Alasan lainnya mengapa Mihawk menyerang Luffy adalah karena Luffy pada dasarnya adalah musuh. Shichibukai dipanggil untuk bersama-sama melindungi Marineford dari serangan Whitebeard.

Luffy ada disana dan Mihawk mungkin menganggap Luffy sama seperti yang lain, penjahat yang mencoba untuk merangsek masuk ke markas angkatan laut. Jadi, tidak ada pilihan lain bagi Mihawk untuk menghentikan Luffy menuju panggung dan menyelamatkan Ace.