Dengan dimulainya Phase 4 Marvel Cinematic Universe, banyak karakter populer dan besar yang kemudian diambil alih posisinya oleh karakter baru. Phase 4 MCU memang belum karena tertunda akibat adanya wabah pandemi global, tapi MCU akan memulai Phase 4 dengan dirilisnya film Black Widow. Film tersebut juga akan dilanjutkan oleh film baru yang akan menjadi prekuel bagi seluruh MCU, yaitu Eternals.

Meskipun Eternals dan Shang-Chi akan menjadi tambahan baru di MCU dengan film solo mereka, tapi Marvel Studios pun sudah mempersiapkan pengganti bagi beberapa karakter Avengers orisinal yang akan segera debut dalam waktu dekat. Lalu, siapa sajakah mereka?

Sam Wilson Sebagai Captain America

Di akhir film Avengers: Endgame, Steve Rogers mengembalikan keenam Infinity Stones ke waktu mereka masing-masing untuk mencegah terjadinya realita yang lain. dengan menggunakan teknologi Quantum, Steve pergi ke masa lalu dan kita dikejutkan dengan sosok kakek tua yang ternyata adalah Steve Rogers. Kemungkinan, setelah dia mengembalikan Infinity Stones tersebut Steve kembali ke era 1940an dan bertemu kembali dengan Peggy Carter dan menjalani hidup normal.

Steve kembali ke masa utama MCU hanya untuk mengembalikan tameng dan mantel Captain America dan menyerahkannya kepada sosok yang diduga cocok untuk menjadi penerusnya, yaitu Sam Wilson. Perubahan ini tentunya tidak akan mudah bagi Sam, seperti yang diketahui dari deskripsi cerita dalam series The Falcon and the Winter Soldier. Seperti yang diketahui, Sam akan mendapatkan penolakan sebagai Captain America yang baru dan oleh karena itu kita akan melihat bagaimana Sam Wilson akan mempertahankan gelarnya dari sosok U.S. Agent.

Jane Foster Sebagai Mighty Thor

Thor merupakan salah satu Avengers yang selamat dalam peristiwa di film Endgame, tapi sosok baru dari Thor dikabarkan akan mengambil alih tugasnya sebagai penjaga Asgard dan sembilan alam lainnya di universe Marvel. Disutradarai kembali oleh Taika Waititi, Jane Foster dikabarkan akan menjadi Thor yang baru (Mighty Thor) dalam film Thor: Love and Thunder.

Kabar ini diumumkan dalam acara SDCC 2019 kemarin, dimana Waititi menjelaskan bahwa Jane Foster akan menghadirkan sosok Mighty Thor dalam film terbarunya. Ceritanya sendiri akan diadaptasi dari cerita seri Mighty Thor yang ditulis oleh Jason Aaron, yang dirilis mulai 2015 sampai 2018, dimana memperlihatkan Jane Foster sebagai sosok Thor baru. Masih belum diketahui bagaimana peran Jane di MCU sebagai Mighty Thor, tapi dengan New Asgard yang ada di bumi membuat Jane lebih mudah berinteraksi dengan para Asgardian.

Yelena Belova Sebagai Black Widow

Sosok Natasha Romanoff bisa dibilang sangat unik, karena dia merupakan satu-satunya pahlawan MCU yang dikonfirmasi tewas tapi masih memiliki sebuah film solo, yaitu Black Widow. Black Widow diperlihatkan mengorbankan dirinya di Vormir untuk mendapatkan Soul Stone, dalam film Endgame. Tapi, film Black Widow sendiri akan memiliki setting waktu dua tahun antara Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War.

Film prekuel bagi Natasha Romanoff ini akan memperkenalkan kita pada sosok “saudara” dari Natasha, yaitu Yelena Belova, beserta anggota “keluarga” yang lain seperti Alexei Shostakov alias Red Guardian, dan Melina Vostokoff. Yelena sendiri dirumorkan akan menjadi pengganti bagi sosok Natasha Romanoff sebagai Black Widow. Dalam cerita komiknya, Yelena dan Natasha memang merupakan rival abadi di program Red Room.

She-Hulk

Setelah Hulk menolak untuk muncul akibat kekalahan yang dia alami di awal Infinity War, Bruce Banner kemudian memutuskan untuk menyatukan dirinya dengan Hulk dan sukses dengan sosok baru yaitu Smart Hulk. Dan berkat keberaniannya, Bruce Banner berhasil mengembalikan mereka yang hilang saat Decimation pertama dilakukan oleh Thanos.

Masih belum diketahui bagaimana nasib dari Hulk selanjutnya, namun Mark Ruffalo sendiri mengatakan bahwa karakter Hulk masih memiliki cerita untuk ditampilkan. Mark juga mengkonfirmasi bahwa dia akan muncul di series She-Hulk yang akan memperkenalkan sosok Jennifer Susan Walters, sepupu dari Bruce Banner yang merupakan She-Hulk. Belum ada informasi apapun terkait cast yang akan berperan sebagai Jennifer Walters ataupun kapan tayang perdana seriesnya. Di komiknya sendiri, Jennifer adalah seorang pengacara dan berbeda dengan Hulk Jennifer mendapatkan kekuatan Hulk setelah dia melakukan tranfusi darah dari sepupunya, Bruce.

Kate Bishop

Berbeda dengan Hulk, Clint Barton alias Hawkeye akan menjadi mentor bagi sosok baru yaitu Kate Bishop. Kate dan Clint dijadwalkan muncul dalam series Hawkeye, namun sayangnya belum ada informasi kapan seriesnya tayang. Setelah keluarganya menjadi korban Decimation, Clint merubah identitasnya menjadi Ronin sebelum kemudian kembali menjadi Hawkeye di Endgame.

Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana Clint memutuskan untuk pensiun sebagai Hawkeye. Meskipun dia sudah pensiun, ternyata Clint masih memiliki tugas untuk menjadi mentor bagi sosok Kate Bishop. Di komiknya, Kate Bishop merupakan putri seorang pebisnis kaya yang kemudian trauma akibat penyerangan yang dia alami. Tidak ingin kembali mengalami nasib yang sama, dia pun kemudian berlatih bela diri dan memanah. Kate juga merupakan bagian dari Young Avengers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.