The Conjuring Universe selalu menandai film mereka dengan tulisan ‘based on a true story’ atau berdasarkan sebuah kisah nyata. Tagline tersebut, disadari atau tidak, ternyata membuat apa yang terjadi di filmnya semakin bertambah seram yang membuat para penonton “terpengaruh” oleh filmnya. Tidak jarang dari mereka yang kemudian takut akan sesuatu hal atau takut ke kamar mandi, atau bahkan untuk mematikan lampu, setelah menonton film The Conjuring.

Meskipun peristiwa di film-film Conjuring Universe mungkin memang berdasarkan dari cerita nyata dan sosok aslinya pun bisa kita lihat di internet, film tersebut nyatanya tidak 100% akurat atau sesuai dengan kejadian aslinya. Ada beberapa perubahan tentunya yang dilakukan oleh James Wan selaku sutradara yang akan menambah kengerian dan rasa takut terhadap mereka yang menonton filmnya. Lalu, apa saja yang memang benar terjadi di film Conjuring?

Annabelle Ingin Bermain

Film The Conjuring sendiri dibuka dengan sebuah kisah Annabele sang boneka hantu menyeramkan. Di dunia aslinya, boneka yang dirasuki oleh arwah tersebut meneror beberapa perawat yang ada di sebuah apartemen. Boneka tersebut berpindah dari satu ruangan ke ruangan yang lain, meninggalkan sebuah catatan yang ditulis dengan darah, bahkan menyerang dan mencakar rekan kerja pria mereka.

Filmnya sendiri memperlihatkan kejadian ini di awal film The Conjuring, dengan memperlihatkan pasangan Warrens menginvestigasi sebuah kasus sebelum mereka kemudian mengambil Annabelle untuk dia simpan di ruangan khusus bawah tanah mereka.

Arwah Yang Mengikuti Lorraine

Terlepas dari fakta bahwa cerita tentang film the Nun hampir 95% adalah fiksi, kisah tentang Lorraine Warren yang diikuti oleh sesosok arwah gentayangan memang benar terjadi. Dalam kisah aslinya, Lorraine memang diikuti oleh sosok hantu selama bertahun-tahun, sama seperti yang diperlihatkan dalam filmnya ketika Lorraine diteror oleh Valak.

Tapi, yang membedakan adalah sosok hantu yang mengikuti Lorraine di dunia nyata bukanlah sosok Valak ataupun sosok hantu suster gereja. Lorraine yang asli sempat menggambarkan sosok arwah yang mengikutinya sebagai sosok gelap, dan selalu berputar. Dengan penjelasan dari Lorraine ini, wajar jika kemudian tim produksi memutuskan untuk membuat personifikasi dari sosok yang dijelaskan oleh Lorraine ke dalam sosok Valak.

Benda-Benda Bergerak di The Conjuring 2

James Wan dan tim produksi dari film The Conjuring 2 memang diberikan kebebasan untuk menulis dan mengembangkan lagi cerita tentang pasangan suami istri Warren, tapi untuk masalah cerita dan kisah horror yang terjadi kepada mereka, hal itu tetap pada sumber aslinya yang digambarkan oleh pasangan suami istri tersebut. Contohnya adalah adegan berbagai furnitur yang bergerak di Enfield Haunting.

Meskipun banyak yang percaya bahwa Enfield Haunting merupakan sebuah kisah hoaks yang diceritakan di filmnya, satu elemen dari cerita yang sulit untuk disanggah sebagai hoaks adalah bagian ketika berbagai furnitur yang bergerak sendiri. Hal ini dikonfirmasi oleh dua petugas kepolisian yang menginvestigasi rumah tersebut, dan keduanya sempat mengecek apakah ada kabel atau penyebab alami lainnya yang membuat benda-benda tersebut bergerak tapi nyatanya tidak ada.

Sembunyi dan Tepuk Tangan

Dari sekian banyak adegan yang paling menyeramkan dalam film The Conjuring, salah satunya adalah permainan hide and clap atau tepuk tangan dan sembunyi. Anak-anak dari keluarga Perron akan bersembunyi di sebuah tempat, dan mereka yang mencari akan menggunakan penutup mata dan harus mencari mereka yang bersembunyi. Untuk menemukannya, mereka yang mencari harus mendengar suara tepuk tangan dari mereka yang bersembunyi.

Mengerikannya, ternyata permainan ini juga “mengundang” sosok lainnya untuk hadir di permainan tersebut. Elemen tepuk tangannya sendiri sebenarnya sengaja dibuat untuk film tersebut, dan keluarga Perron memang benar melakukan permainan petak umpet – tanpa adanya tepuk tangan. Mereka juga benar melaporkan kejadian paranormal yang mereka alami saat permainan berlangsung. Dalam salah satu permainan, Cindy Perror bersembunyi di dalam sebuah kotak kayu dan dia ternyata tidak bisa membuka bagian atasnya.

Jumlah Hantu di Rumah Keluarga Perron

Selain tentang permainan, satu aspek lainnya tentang keluarga Perron yang memang digambarkan secara fakta oleh filmnya adalah jumlah hantu yang muncul atau yang berada di rumah tersebut. Anak-anak keluarga Perron mengatakan bahwa mereka melakukan kontak dengan arwah seorang anak kecil bernama Johnny atau Rory di filmnya.

Banyaknya hantu di rumah keluarga Perron sendiri muncul akibat banyaknya tragedi yang terjadi di sekitar rumahnya, dan elemen fakta ini juga ditampilkan dengan benar di filmnya. Rumah tersebut, sebelum ditempati oleh keluarga Perron, memang sudah sangat angker dan menyeramkan akibat banyaknya peristiwa pembunuhan dan hal-hal tidak wajar lainnya. Sayangnya, keluarga Perron tidak tahu tentang hal ini.