Goku sering kali dianggap diantara para pecinta karakter anime lainnya sebagai karakter yang paling kuat. Meskipun Son Goku memang bisa menjadi musuh yang sulit untuk ditaklukan oleh karakter anime lainnya, Goku Black – versi jahat dari Son Goku dari seri Dragon Ball Super – yang sebenarnya merupakan karakter terkuat dibandingkan yang lain.

Salah satu hal yang menjadi bukti nyata dari kekuatan Goku Black adalah di masih bisa secara efektif menggunakan Zenkai Boost, untuk meningkatkan kekuatannya setiap kali dia menerima serangan dari tangan Goku, Vegeta, atau Trunks. Meskipun sebagian orang berpikir bahwa tubuh yang dicuri oleh Zamasu dari Goku tersebut memang sudah kuat dari awal, tapi bila berbicara masalah kekuatan Goku, Black memiliki keunggulan dibandingkan Goku yang asli.

Contoh lainnya dari kekuatan Goku Black adalah ketika Son Goku dipaksa harus mengaktifkan kekuatan Super Saiyan miliknya, Goku Black hanya menggunakan form dasar untuk bisa mengimbangi kemampuan Super Saiyan. Form Super Saiyan Blue milik Vegeta juga berhasil dikalahkan hanya dengan form dasar milik Goku Black.

Ketika Goku Black mulai terbiasa dengan tubuh Goku dan berhasil secara efektif menggunakannya, dia akhirnya mampu mengakses kekuatan dari Super Saiyan Rose – kebalikan dari Super Saiyan Blue. Dengan menghadirkan kemampuan tersebut para fans bisa melihat secara jelas perbedaan kekuatan antara Goku Black dan Goku juga Vegeta.

Kekuatan yang sangat luar biasa tersebut merupakan hasil dari Goku Black yang masih memiliki akses kepada kemampuan Zenkai Boost yang akan dia terima setiap kali pertarungan dan setiap kali dia menerima serangan. Vegeta menyatakan bahwa dia dan Goku sudah terlalu kuat untuk menerima kemampuan Zenkai Boost dari setiap pertarungan yang dia lakukan.

Goku Black tentu masih butuh waktu untuk benar-benar mempelajari struktur tubuh Goku dan membuat seluruh kekuatan Goku menjadi miliknya, yang mana membuat anatomi tubuh tersebut akhirnya mengatur ulang semuanya sambil juga mendapatkan seluruh pengalaman bertarung dan kekuatannya. Ini juga menjadi bukti bagaimana Goku Black mampu mencapai sebuah form baru yang berbeda dari Goku dan Vegeta sambil tetap memiliki sel Saiyan yang sama.

Tubuh Goku memang sudah sedari awal sangat kuat. Dalam manga Dragon Ball Super, Goku Black bahkan bisa mengakses kekuatan Super Saiyan sebelum kemudian dia berubah menjadi Super Saiyan Rose. Ini menjadi satu-satunya pencapaian Goku Black yang tidak bisa ditiru atau dilakukan oleh Goku atau Vegeta.

Bukti yang paling konkrit dari kekuatan dahyat Goku Black adalah kemampuannya untuk terus berevolusi yang diperlihatkan sebelum kemudian dia menyatu dengan sosoknya yang lain yaitu Zamasu. Zenkai Boost yang selalu dia terima membuatnya berada di level yang berbeda. Hal ini akan menghasilkan evolusi dari manipulasi ki miliknya menjadi sesuatu yang dahsyat bahkan bisa membuat portal ke dimensi yang lain – sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Goku.

Goku Black mungkin akan mengatakan bahwa dia tidak mengetahui sampai sejauh mana level kekuatannya dan evolusi yang terjadi dengan tubuh dan kekuatannya akan terus terjadi dalam setiap pertarungan yang dia alami. Yang juga tidak kalah dahsyat adalah Goku Black bisa menciptakan kloning dirinya yang juga memiliki kekuatan yang sama.