Arc Wanokuni merupakan arc yang sangat unik, selain juga menjadi arc yang fantastis karena Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa akan ada perang besar yang jauh berkali-kali lipat besarnya dibandingkan perang Marineford di akhir ceritanya. Keunikan dari arc ini muncul dari beberapa elemen yang muncul dalam ceritanya, seperti misalnya adanya kesamaan cerita atau sebuah peristiwa.

Contohnya adalah dalam artikel sebelumnya pernah dibahas bagaimana ekspresi Whitebeard dan Oden yang lucu ketika kaget mendengar hal tentang raja bajak laut dan Laugh Tale, mirip dengan apa yang dilakukan oleh Ace dulu ketika mendengar cerita Luffy tentang impiannya menjadi raja bajak laut dan tentang Laugh Tale. Dan sepertinya kesamaan peristiwa kembali terjadi di chapter 983 kemarin.

Para fans dibuat terkejut dengan kemunculan sosok Yamato, anak dari Kaido. Belum ada informasi lengkap tentang anak dari Kaido ini, apakah Yamato merupakan anak dari Charlotte Linlin alias Big Mom seperti yang banyak diteorikan para fans. Tapi, yang pasti Yamato memiliki kemiripan dengan ayahnya dilihat dari bagaimana dia melakukan serangan kepada Ulti saat menolong Luffy.

Jika diperhatikan ternyata ada beberapa hal yang sama atau mirip dari diri Yamato dengan sosok Oden, dan hal inilah yang membuat para fans mulai berspekulasi bahwa Yamato memiliki hubungan dengan Kozuki Oden. Contoh yang pertama adalah bagaimana tali yang mengingat di bagian pinggangnya memiliki simpul yang sama dengan yang biasa Oden kenakan. Yamato pun menggunakan tali tersebut di bagian pinggangnya.

Kemudian di bagian lengannya, terdapat borgol yang masih terikat lengkap dengan rantainya. Masih belum diketahui apakah Yamato sebelumnya dikurung di penjara dan kemudian kabur untuk menyelamatkan Luffy. Borgol yang sama juga dikenakan oleh Oden ketika dia berhasil ditangkap oleh Kaido dan dipenjara, sebelum kemudian dia dieksekusi dengan cara direbus.

Selain adanya kesamaan antara Yamato dan Kozuki Oden, Oda sensei sepertinya memberikan takdir yang unik antara Kaido dan Oden dimana kini mereka saling “bertukar nasib.” Contohnya adalah ketika Kozuki Oden tewas akibat Kaido, giliran Kaido yang berkuasa. Kemudian ketika Yamato berpakaian seperti Oden, Momonosuke yang merupakan anak dari Oden justru memiliki kemampuan untuk bertransformasi menjadi seekor naga yang mirip dengan sosok Kaido.

Jika “tukar nasib” ini masih berlanjut, maka kemungkinan Momonosuke akan menjadi penguasa yang sah dari Wano menggeser posisi Orochi dan Kaido. Sedangkan Yamato kemungkinan akan pergi dari Onigashima dan melakukan petualangannya sendiri. Tidak sulit juga membayangkan skenario yang sama, dimana Momonosuke mendapatkan bantuan dari Yamato untuk mendapatkan kembali kekuasaan Wano. Hal ini sama seperti Orochi yang meminta bantuan Kaido untuk mendapatkan kekuasaan di Wano. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari kedua karakter ini di chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.