Dalam seri Avatar: The Last Airbender Geeks pasti mengenal sosok dari Azula, salah satu anak dari raja api Ozai dan adik dari Zuko. Meskipun Azula tidak sekuat Ozai atau sang kakek, Azulon, tapi yang pasti dia memiliki kemampuan pengendalian api (dan petir) yang jauh lebih kuat dibandingkan Zuko. Yang juga menarik dari Azula adalah jika semua pengendali api mengeluarkan api berwarna merah, lain halnya Azula yang berwarna biru. Mengapa api Azula berwarna biru?

Dengan kemunculan perdananya dia akhir musim pertama dan dalam musim kedua, sosok Azula menjadi ancaman selanjutnya bagi tim Avatar setelah Zuko berubah dan memutuskan untuk menjadi rekan bagi Aang dan yang lain. Dengan sikapnya yang kejam dan selalu mengintimidasi lawan, membuat para penonton paham bahwa Azula adalah karakter yang tidak bisa dianggap remeh.

Azula memiliki keunikan dibandingkan para pengendali api lainnya, yaitu api yang dia keluarkan berwarna biru dan bukan merah. Lalu, mengapa api yang dikendalikan oleh Azula berwarna biru? Di sepanjang serinya banyak terdapat petunjuk bahwa kreator seriesnya kemungkinan menghadirkan api berwarna biru berdasarkan ilmu pengetahuan.

Seperti yang kita tahu, api berwarna biru memiliki derajat kepanasan yang lebih tinggi dibandingkan api berwarna merah atau kuning. Bahkan api berwarna biru dianggap sebagai bentuk api yang sempurna. Tapi, bisa jadi penjelasan ilmiah tersebut bukan menjadi satu-satunya alasan mengapa Azula mampu mengendalikan api biru.

Azula dianggap sebagai sosok penerus yang paling berbakat di dalam keluarganya. Kekuatan dan kemampuannya akan pengendalian api berhasil membuat ayahnya, Ozai, merasa kagum dan membuat sang kakek, Azulon, merasa terkejut dengan pencapaian yang diraih Azula di usianya yang masih sangat muda. Azula senang dengan berbagai perhatian dan pujian yang dia terima, oleh karena itu sering kali dia menyombongkan diri untuk memperlihatkan kekuatannya dan sifat sadisnya untuk mendapatkan perhatian.

Setelah sang kakak, Zuko, diusir dari kerajaan dan diperintahkan untuk mencari sosok Aang, Azula kemudian menghabiskan banyak waktunya untuk meningkatkan kemampuan pengendaliannya, strategi, dan kemampuan bertarungnya sampai kemudian dia berkonsentrasi untuk menyempurnakan teknik api biru yang dia kuasai.

Kemungkinan terakhir mengapa api Azula berwarna biru adalah dari nama pemberian sang kreator, yang merupakan personifikasi dari salah satu warna. Meskipun nama Azula sebenarnya diambil dari sang kakek, Azulon, tapi namanya juga memiliki unsur kata yaitu ‘azul’ yang dalam bahahasa Spanyol berarti biru. Karena Azula merupakan satu-satunya personifikasi dari warna biru diantara merah, hal itulah yang membuat karakternya berbeda dari yang lain.

Meskipun banyak sekali kemungkinan mengapa Azula memiliki kemampuan untuk mengendalikan api berwarna biru yang menjadi teknik andalannya, tapi ada hal lainnya juga yang membuat Azula unik dan ikonik, seperti cerita masa lalunya, sikapnya yang perfeksionis, dan bagaimana Azula selalu ingin menjadi pusat perhatian. Meskipun begitu, Azula harus mengakui ketangguhan dari tim Avatar terutama Katara yang berhasil melumpuhkannya.