Bagi para penggemar X-Men dan Marvel Comics, nama Wolverine tentu bukan nama yang asing lagi. Bahkan, di kalangan non pecinta Marvel Comics pun nama Wolverine menjadi salah satu karakter yang populer. Wolverine pertama kali muncul di komik Incredible Hulk #181, dimana diperlihatkan Logan bertarung melawan Hulk dan the Wendigo.

Namun, nama Wolverine mulai bersinar ketika dia muncul di komik Uncanny X-Men yang ditulis oleh Chris Claremont pada era 80-90an. Selama hampir 20 tahun lebih Wolverine muncul di berbagai judul, Marvel Comics tentunya sudah memberikan banyak perubahan terhadap karakter ini. Dan berikut adalah beberapa versi Wolverine yang terbaik.

Old Man Logan

Cerita Old Man Logan yang ditulis oleh Mark Millar dan Steve McNiven merupakan salah satu cerita yang paling berkesan bagi para fans. Dalam cerita tersebut diperlihatkan Logan yang sudah berusia sangat tua, harus berjalan sendiri di sebuah wilayah antah berantah, mencoba untuk menghilangkan semua beban yang ada dalam dirinya akibat dosa di masa lalu, dan mencoba untuk menyelamatkan keluarganya.

Old Man Logan merupakan versi alternatif dari Wolverine, dan setelah Wolverine versi universe utamanya tewas, Old Man Logan kemudian ditampilkan dalam series populer lainnya dari Marvel Comics yang ditulis oleh Jeff Lemire dan Ed Brisson. Karakternya yang berbeda dibandingkan Wolverine yang dikenal selama ini, menjadi salah satu daya tarik utama dari karakternya.

Age of Apocalypse Weapon X

Age of Apocalypse merupakan salah satu cerita yang juga populer dari seri X-Men. Perubahan para karakter X-Men begitu terasa oleh para pembacanya dan salah satu karakter yang paling berkesan dalam cerita tersebut adalah Weapon X. Versi lain dari Wolverine tersebut terpaksa harus menjauh dari tim X-Men setelah dia kehilangan lengannya dalam sebuah pertarungan melawan Cyclops. Marvel sempat menghadirkan kembali karakternya dan juga cerita ini beberapa kali, dengan Weapon X mencoba untuk mendapatkan kembali Jean Grey dari tangan Cyclops dan mengetahui fakta tentang anaknya, dan menjadi Apocalypse yang baru.

Era Chris Claremont

Jika berbicara tentang tim X-Men, hanya ada beberapa penulis cerita komiknya yang dianggap berpengaruh seperti Chris Claremont. Chris Claremont berhasil menciptakan banyak karakter mutan yang sangat menarik. Claremont berusaha untuk bisa membuat setiap karakter yang dia buat, bisa semirip mungkin dengan orang-orang di dunia nyata, contohnya adalah Wolverine.

Tanpa ada campur tangan Claremont, mungkin apapun yang dicintai oleh para fans tentang Wolverine rasanya tidak akan pernah ada. Claremont merupakan penulis utama bagi komik Uncanny X-Men dan juga komik solo Wolverine untuk jangka waktu yang lama. Dan sampai saat ini, masih banyak yang beranggapan bahwa Claremont masih menjadi yang terbaik.

Bone Claw Wolverine

Bone Claw Wolverine merupakan salah satu versi Wolverine yang menarik, namun sayang kurang mendapat eksposure dari Marvel Comics. Ada beberapa alasan mengapa Wolverine versi ini menjadi salah satu yang terbaik. Pertama, dia ditulis oleh salah satu penulis komik Wolverine terbaik, Larry Hama. Kedua, Wolverine versi ini tidak memiliki adamantium di cakarnya, artinya dia tidak sekuat yang kita kenal selama ini.

Hama menghadirkan cerita petualangan Wolverine yang belum pernah dia hadapi sebelumnya – dimana dia kembali dari kehilangan sesuatu yang sangat berarti baginya dan membuktikan bahwa dia masih layak menjadi seorang pahlawan dan masih layak untuk tetap hidup. Hama juga memperlihatkan kepada kita bagaimana Wolverine kehilangan sisi manusianya, dan bagaimana reaksinya terhadap hal itu.

Versi Modern

Apa yang ditampilkan oleh Marvel Comics untuk karakter Wolverine saat ini merupakan versi terbaik dari karakternya. Versi modern ini merupakan puncak kesuksesan dari setiap penulis yang pernah menulis ceritanya. Wolverine sadar bahwa dia tidak perlu berjalan sendiri. Ada keluarga yang mau menerimanya apa adanya dan peduli tentangnya. Dia menjadi pemimpin di keluarga tersebut dan menjadi salah satu karakter yang paling berpengaruh, menjadi jembatan antara mutan dan superhero lainnya.

Versi modern dari Wolverine ini tahu apa yang dia perjuangkan dan mengapa dia melakukan hal itu. Dia mendapatkan banyak sekali hal dalam hidup yang dia coba lindungi, tapi dia tahu bahwa ancaman akan selalu ada dan selalu siap untuk mengalahkannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.