Di beberapa chapter sebelumnya dalam seri Boruto: Naruto Next Generation menjadi sebuah momen yang mengejutkan bagi para penggemar. Diceritakan Naruto, Boruto, dan beberapa orang lainnya berdiskusi dengan Amado, mantan kepala peneliti kelompok Kara. Amado sengaja datang ke Konoha untuk membongkar semua rahasia Kara. Sebagai gantinya, dia meminta jaminan keselamatan dari desa Konoha.

Amado benar-benar membongkar seluruh rahasia yang dimiliki oleh Kara, mulai dari siapa Jigen sebenarnya sampai apa yang terjadi kepada klan Otsutsuki dan chakra di bumi. Jigen sendiri sadar dengan pengkhianatan yang dilakukan oleh Amado. Selain itu, Jigen sadar bahwa ada sosok lainnya yang berkhianat kepada Kara selain Amado yaitu Kashin Koji.

Jigen kemudian menyerang Kashin Koji, tapi dia berhasil menahan serangan dari Jigen. Siapa sebenarnya sosok Kashin Koji ini? Para fans Naruto banyak yang beranggapan bahwa Kashin Koji sebenarnya adalah Jiraiya, salah satu dari tiga legenda Sannin Konoha dan mentor dari Naruto, yang kembali bangkit dari kematiannya. Ada banyak bukti yang dilontarkan para fans, untuk mendukung argumen atau teori tersebut.

Salah satu buktinya adalah kekuatan chakranya banyak dikenali oleh shinobi Konoha – bahkan sifat mesumnya pun masih ada. Pertanyaannya kemudian jika memang Kashin Koji adalah Jiraiya (atau versi lain dari Jiraiya), lalu bagaimana dia kembali dari kematiannya, dan bagaimana dia bisa muncul dalam “keadaan” seperti itu?

Jawaban dari pertanyaan besar tersebut kemungkinan ada kaitannya dengan salah satu karakter yang pernah juga menjadi villain yang dihadapi Naruto, yaitu Orochimaru. Seperti yang pernah diperlihatkan dalam seri Naruto: Shippuden, Orochimaru memfokuskan dirinya untuk mempelajari dan menguasai jurus Edo Tensei atau jutsu yang bisa membangkitkan kembali orang-orang yang sudah mati.

Selain itu, dia juga mempelajari bagaimana menggunakan tubuh lainnya demi bisa meningkatkan kekuatan yang dimiliki. Orochimaru kemudian berhasil melakukan hal tersebut, yang kemudian diteruskan oleh asistennya Kabuto. Berdasarkan dari pertarungannya melawan Pain, tubuh dari Jiraiya kemungkinan hilang di dasar laut, dan tidak akan bisa dikembalikan melalui teknik reinkarnasi.

Tapi, cerita Boruto telah memperlihatkan beragam teknologi canggih, yang membuat permasalahan tersebut sepertinya sudah tidak menjadi masalah yang besar. Dengan menggunakan berbagai peralatan canggih yang dimiliki Kara, mengambil tubuh Jiraiya di dasar laut tentunya bukan tugas yang sulit, dan potongan teka-teki selanjutnya adalah Amado.

Amado merupakan pionir dalam bidang siberkinetik, dan juga sepertinya memiliki kedekatan atau koneksi dengan desa Konoha seperti Kashin Koji. Para fans sudah sejak lama juga bertanya-tanya bagaimana mereka bisa mengetahui banyak tentang seluk-beluk desa Konoha, dan kembali hal ini ada kaitannya dengan Orochimaru.

Jadi, teorinya adalah Orochimaru (dan/atau Kabuto) ingin membangkitkan kembali Jiraiya, tapi mereka menghadapi dua masalah besar. Pertama adalah mengambil atau mendapatkan jenazah Jiraiya dari dasar laut. Kedua adalah memperbaiki tubuh Jiraiya yang rusak, atau mencari tubuh yang lebih kuat untuk bisa menjadi wadah bagi jiwanya.

Untuk mewujudkan semua hal itu, Orochimaru tidak bisa bergerak sendiri. Dia butuh bantuan dari sosok ilmuwan lainnya, seperti Amado. Orochimaru tentunya akan sangat waspada dengan ancaman yang berbahaya dari kelompok seperti Kara, apalagi mereka memiliki koneksi dengan klan Otsutsuki. Orochimaru sepertinya sudah tahu lebih banyak tentang Kara dan ancaman besar mereka sebelum Naruto dan yang lainnya.

Bekerja sama dengan sosok penting seperti Amado, tentunya menjadi sebuah kemenangan besar bagi Orochimaru. Apalagi dia bisa mempelajari berbagai teknik reinkarnasi yang dilakukan oleh klan Otsutsuki, yang selama ini dirahasiakan dari semua orang. Jika teori tentang Amado dan Orochimaru yang bekerja sama ini benar, maka kemunculan Kashin Koji akan sangat masuk akal.

Lagipula, dengan kembalinya Sasuke dan Boruto ke masa lalu dan bertemu dengan Naruto, Sasuke, Sakura, Tsunade, bahkan Jiraiya di masa lalu bisa membangun ingatan atau memori dari Jiraiya tentang masa depan. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah memang Orochimaru memiliki peran besar terhadap kembalinya Jiraiya ke dalam cerita. Dan apakah Kashin Kojin adalah Jiraiya? Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.