The Beyonder dan The-One-Above-All pernah mendapatkan titel sebagai entitas atau makhluk yang paling kuat di seluruh jagat Marvel. Kekuatan mereka berdua sudah tidak perlu diragukan lagi, karena bisa dibilang kekuatan mereka berada di atas semua karakter yang ada di Marvel Universe. Merekalah “sang pencipta” dalam universe Marvel dengan segala kekuatannya. Tapi, kira-kira siapa yang lebih kuat diantara kedua entitas tersebut? berikut adalah penjelasannya.

The Beyonder

Digambarkan sebagai karakter yang lebih kuat dibandingkan dengan jutaan universe yang digabungkan, the Beyonder dianggap sebaga makhluk agung. Dia berasal dari masa lalu dari sebuah ras yang sudah ada sejak multiverse Marvel muncul. The Beyonder bisa mengendalikan realita ruang dan waktu, dan pertama kali diperkenalkan dalam cerita Secret Wars I.

Dalam cerita tersebut digambarkan the Beyonder bisa membentuk realitas, mampu melakukan regenerasi sampai ke tingkat sel dan berubah menjadi bentuk apapun. Beyonder juga memiliki kekuatan kosmik yang dahsyat. Dalam cerita Secret Wars II, dia menunjukan kekuatannya dengan menyatukan berbagai realita untuk menciptakan sebuah realita yang sempurna baginya. Sejak pertama kali muncul, Marvel sudah beberapa kali melakukan retcon atau menggabungkan kekuatan dari Beyonder. Dia juga pernah diceritakan kehilangan kekuatannya akibat Doctor Doom.

The One-Above-All

Meskipun dia hanya muncul beberapa kali saja dalam Marvel Comics, The One-Above-All bertanggung jawab atas terciptanya seluruh kehidupan yang ada di multiverse Marvel. Jadi, bisa dibilang dia adalah “tuhan” bagi universe Marvel. Karakter ini pertama kali muncul pada 1976 dalam komik Doctor Strange #13, yang ditulis oleh Steve Englehart dan Gene Colan.

The One-Above-All bisa melihat dan mengetahui semua yang terjadi di multiverse Marvel. Dengan kekuatannya yang tidak terbatas, dia sering dianggap sebagai makhluk yang paling kuat di seluruh universe Marvel. The One-Above-All merupakan “pemimpin” dari entitas kosmik Living Tribunal. Yang menarik adalah karena pada dasarnya dia adalah tuhan, dia bisa muncul dalam bentuk apapun. Yang paling diingat adalah ketika dia muncul sebagai sosok komikus legendaris, Jack Kirby, dalam komik Fantastic Four.

Jadi, Siapa Yang Terkuat?

Meskipun perdebatan ini sudah sering dibahas, hanya ada satu jawaban untuk menjawab siapa yang paling kuat diantara keduanya. Baik the Beyonder maupun The One-Above-All mampu menguasai realita itu sendiri. Tapi, hanya ada satu yang dianggap omnipotent, omnipresent, dan omniscient yang tidak lain adalah The One-Above-All. Meskipun the Beyonder bisa membentuk sebuah realitas atau apapun itu, The One-Above-All jauh lebih kuat dan berada di luar realita itu sendiri. Wajar, jika kemudian The One-Above-All ataupun the Beyonder jarang muncul dalam cerita komik Marvel karena kekuatan yang mereka miliki.