Fakta Pembantaian Klan Uchiha

Selama beberapa waktu, para pembaca/penonton series Naruto dibuat penasaran dengan apa yang terjadi dengan klan Uchiha karena seperti yang kita tahu mereka semua dihabisi oleh Itachi. Selama beberapa waktu, tidak ada yang mengetahui apa alasan Itachi melakukan hal keji seperti itu. Sasuke pun bahkan dibuat benci oleh Itachi dan merencanakan untuk balas dendam atas apa yang terjadi kepada Itachi.

Tapi, setelah Itachi tewas, akhirnya fakta yang sebenarnya dari pembataian klan Uchiha pun terungkap oleh Tobi. Tanpa diketahui oleh banyak penduduk Konoha termasuk Sasuke, klan Uchiha sebenarnya sudah merencanakan penyerangan dan kudeta terhadap desa Konoha. Karena itulah, Itachi (yang saat itu menjadi anbu dan bekerja dibawah Danzo) diperintahkan untuk menghabisi seluruh klannya dengan tujuan melindungi Konoha. Dengan hal ini, Sasuke merubah rencananya untuk membalas dendam kepada Konoha.

Akhirnya Diakui

Sejak awal seriesnya, Naruto tidak pernah mendapatkan perhatian atau dihormati oleh para penduduk desa Konoha akibat dia yang menjadi Jinchuuriki bagi serigala ekor sembilan. Penduduk Konoha trauma dengan apa yang terjadi puluhan tahun lalu, dimana desa Konoha terancam hancur oleh Kyuubi dan Naruto adalah “wadah” bagi monster tersebut.

Tapi, perlahan para penduduk Konoha mulai melihat Naruto sebagai seorang shinobi yang sama dengan yang lain yang memiliki determinasi untuk melindungi Konoha. Momen yang paling merubah citra Naruto adalah ketika dia berhasil mengalahkan Pain. Karena berhasil menyelamatkan Konoha dari kehancuran dan korban jiwa yang banyak, akhirnya Naruto mulai mendapatkan rasa hormat dari para penduduk.

Kembalinya Obito

Obito merupakan salah satu mantan rekan dari Kakashi yang harus tewas dalam peristiwa perang besar ninja ketiga. Sejak saat itu, Kakashi mengingat Obito sebagai sosok pahlawan dan seorang teman yang mengajarinya tentang berbagai pelajaran dan niai-nilai kehidupan yang dijalani oleh Kakashi.

Tapi, sayangnya citra pahlawan yang dibangun oleh Kakashi harus hancur ketika identitas asli Tobi terbongkar, yaitu sebagai salah satu anggota Akatsuki. Tapi, terungkap fakta bahwa sebenarnya pada saat itu Obito selamat dan dia dimanfaatkan oleh Madara untuk rencana yang sudah dia siapkan.

Perbincangan Sasuke Dengan Para Kage

Setelah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan klan Uchiha, Sasuke mulai berencana untuk menghancurkan desa tempat tinggalnya. Tapi, sebelum dia melakukan hal itu, para Hokage yang kembali dibangkitkan saat perang besar ninja keempat memberikan penjelasan kepada Sasuke tentang apa yang sebanrnya terjadi pada saat itu.

Ketika Sasuke mendengarkan penjelasan para Kage, akhirnyua Sasuke mendapatkan kejelasan dan diapun akhirnya memutuskan untuk kembali bergabung dengan Konoha dan memberikan bantuan kepada para shinobi Konoha. Mungkin jika Sasuke tidak berbicara dengan para Kage pada saat itu, dia tidak akan bertarung melawan Madara dan berhasil mengalahkan Kaguya.

Rahasia Zetsu

Ketika para fans berpikir bahwa Madara akan menjadi villain terakhir yang dihadapi Naruto di seriesnya, tapi kemudian terungkap bahwa Zetsu adalah otak dibalik semua peristiwa besar yang terjadi di seriesnya yang kemudian berujung di perang besar ninja keempat. Ternyata Zetsu melakukan semua yang sudah dia rencanakan demi membangkitkan kembali Kaguya Otsutsuki.

Setelah fakta ini terungkap, villain utama pun berubah dari Madara menjadi Kaguya. Hal ini kemudian menjadi sebuah “jalan baru” bagi para fans, untuk membahas sesuatu yang baru dari klan Uchiha menjadi klan Otsutsuki. Cerita klan Otsutsuki ini masih berlanjut di series Boruto yang masih berjalan sampai saat ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.