Franky merupakan salah satu kru Topi Jerami yang “berjasa”, karena sudah membangun sebuah kapal baru setelah kru Topi Jerami kehilangan Going Merry di arc Water Seven. Kapal baru tersebut kita kenal dengan nama Thousand Suny atau Suny Go. Kapalnya dibuat dari kayu mustika adam, yang merupakan material yang sama dengan kapal Oro Jackson milik Roger.

Sebelum bertemu dengan kru Topi Jerami, Franky merupakan pemimpin dari kelompok Franky Family. Sedari dulu Franky sudah terobsesi dengan sosok Tom, sosok ahli kayu dan pembuat kapal ternama yang menjadi panutan bagi Franky. Tom juga adalah satu-satunya orang yang peduli kepada Franky, dan menjadikannya sebagai penerusnya. Namun, insiden besar yang menyerang Water Seven membuat Tom akhirnya dieksekusi mati, padahal sebenarnya itu merupakan perbuatan dari Spandam.

Franky berusaha mati-matian untuk membela Tom, sampai dia harus terluka parah dan disangka sudah tewas. Ternyata kondisi Franky pada saat itu memang sudah sekarat, dan untuk bisa bertahan hidup Franky kemudian mencoba untuk memperbaiki dirinya dengan “menggabungkan” tubuh manusianya dengan bagian kapal yang sudah usang. Hal itu membuatnya berubah menjadi mode Battle Franky. Itulah mengapa dia memiliki tato BF36.

Setelah empat tahun menghilang, dia kemudian kembali ke Water Seven untuk bertemu Iceburg dan terkejut ketika Iceburg mengatakan bahwa dia sudah bekerja sama dengan pihak Pemerintah Dunua. Tapi, Iceburg kemudian memberikan cetak biru dari Pluton, salah satu senjata kuno legendaris. Hal itu sengaja diberikan kepada Franky, karena Iceburg tidak mau benda tersebut jatuh ke tangan orang yang salah.

Franky kemudian mengisi peran Tom untuk menjadi pelindung Water 7 dengan caranya sendiri. Dia menjadi penguasa dunia kriminal di Water Seven. Meskipun dia memang sering berbuat jahat, tujuan utamanya adalah melindungi kota tersebut. Akhirnya, waktu yang kemudian mempertemukan Franky dengan kru Topi Jerami yang membuka jalan pikirannya.

Franky Pasca Timeskip

Dibandingkan kru lainnya, perkembangan diri Franky rasanya kurang begitu dieksplor, selain hal yang berkaitan dengan kapal. Franky menghabiskan waktu dua tahun untuk mempelajari berbagai cetak biru rancangan dari Vegapunk, demi meningkatkan kapasitas kemampuan tubuhnya. Secara keseluruhan, tubuh Franky sekarang benar-benar dipenuhi oleh komponen robot, dengan banyak peralatan dan senjata yang tersedia di dalamnya.

Tapi, meskipun seluruh tubuh Franky terbuat dari komponen robot dia berusaha untuk terlihat “manusiawi”. Bagian rambut, kulit, dan matanya merupakan bagian asli dari tubuh Franky selain bagian tubuh robotik lainnya. Tatonya juga berubah dari BF36 menjadi BF37, yang mengartikan bahwa Franky sekarang sudah berevolusi menjadi sosok baru.

Tapi, seperti yang disebutkan sebelumnya, perkembangan kemampuan Franky kurang begitu dieksplor selain yang berhubungan dengan kapal dan hal lainnya. Meskipun begitu, harus diakui memang Franky adalah tukang kayu dan ahli perbaikan kapal yang hebat. Kemampuan bertarung Franky juga meningkat tajam dengan adanya penambahan kapasitas penyimpanan cola dalam tubuhnya.

Salah satu bukti kemampuan Franky yang paling baru dalam hal engineering adalah dengan membuat motor dan tank, di arc Wanokuni. Dia membangun kendaraan tersebut untuk membantu aliansi topi Jerami memenangkan pertarungan melawan Kaido. Jadi, intinya Franky sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat selama timeskip. Sayangnya hal itu “tertutupi” oleh peningkatan kekuatan kru lain, dan juga kurang begitu dieksplor. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.