Scratchmen Apoo merupakan salah satu bajak laut yang tergabung dalam Worst Generation, bersama dengan Monkey D. Luffy, Trafalgar Law, Eustass Kidd, dan beberapa nama lainnya. Seperti Worst Generation lainnya, Apoo juga pertama kali diperkenalkan dalam arc Sabaody. Dibandingkan dengan kelompok bajak laut lainnya, Apoo bisa dibilang memiliki keunikan yang mencolok.

Dibandingkan dengan Worst Generation atau bajak laut lainnya, kekuatan Apoo ada kaitannya dengan musik. Bahkan, nama kelompok bajak lautnya pun unik yaitu Bajak Laut On Air. Berdasarkan apa yang diperlihatkan saat bertarung melawan Kizaru, kita bisa melihat bahwa kekuatan musiknya sangatlah dahsyat, meskipun memang kekuatannya tidak cukup untuk menghancurkan sosok Kizaru.

Dan di chapter 980 kemarin, kira kembali diperlihatkan bagaimana kekuatan dari Scratchmen Apoo yang sepertinya sudah jauh meningkat dibandingkan sebelumnya. Hal ini terbukti bagaimana serangan Apoo mampu membuat Luffy terluka dan tidak sadarkan diri, bahkan sampai dua kali serangan tersebut melukai Luffy. Selain melukai Luffy, serangan Apoo juga membuat Zoro terluka. Artinya serangan Apoo tersebut tidak bisa dianggap remeh dan bukanlah serangan yang biasa.

Berdasarkan dua peristiwa tersebut berikut adalah analisis singkat tentang kekuatan Scratchmen Apoo, yang ditampilkan melalui tubuhnya dan bagaimana “musik” yang diciptakan oleh Apoo bisa menjadi serangan berbahaya:

  • Tangan – kedua tangannya mewakili senar gitar. Berdasarkan serangan yang diperlihatkan, sepertinya Luffy terkena serangan gitar yang dilayangkan oleh Apoo yang ada di tangannya.
  • Kepala – bagian kepala Apoo mewakili alat musik simbal (bagian dari alat musik drum). Bagian ini merupakan bagian yang menyerang Kizaru saat di pulau Sabaody dan merupakan serangan yang melukai Zoro. Ketika menggunakan kemampuan ini, Apoo selalu berteriak “scratch.”
  • Dada – bagian dadanya mewakili alat musik drum. Bagian drum atau bagian dada ini merupakan bagian yang memiliki daya hancur tinggi, karena bisa mengeluarkan ledakan yang dahsyat. Kizaru dan Luffy juga terluka akibat serangan drum ini.

Dalam ilmu pengetahuan, suara memang berjalan lebih cepat. Suara juga digunakan sebagai sonar untuk menentukan lokasi berbagai objek di bawah laut. Keunikan lainnya ketika Apoo melakukan serangan, Apoo pasti akan melakukan semacam “pembukaan”. Meskipun terlihat seperti sebuah adegan komedik, tapi hal itu tetaplah sebuah serangan dari Apoo.

Sepertinya, apa yang ditampilkan di chapter 980 tersebut masih sedikit dari kemampuan yang dimiliki oleh Apoo. Bisa jadi, Apoo masih memiliki kemampuan yang belum kita ketahui. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya, dan siapa tahu mungkin di chapter selanjutnya kita akan melihat kemampuan Apoo lebih jauh lagi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.