Sempat dirilis pada 2018 silam, film Justice League menjadi sumber bencana utama bagi Warner Bros. dan DCEU akibat kegagalan besar yang diderita. Ada banyak sekali hal yang menjadi sorotan para fans, terkait dengan film ini. Mulai dari cerita, pace, sampai karakter yang dihadirkan pun tampaknya menjadi sorotan tajam para fans.

Yang juga tidak kalah menarik adalah adanya gerakan #ReleasetheSnyderCut yang bergema sangat kencang di hampir seluruh platform media. Seperti yang kita ketahui, di tengah-tengah proses produksi filmnya Zack terpaksa harus mundur sebagai sutradara dan posisinya kemudian diganti oleh Joss Whedon.

Whedon kemudian mengubah sebagian besar cerita yang sudah dibangun lama oleh Snyder. Setelah kurang lebih dua tahun para fans mencoba menuntun “keadilan” akhirnya WB pun memutuskan untuk merilis film Justice League versi Zack Snyder di saluran HBOMax. Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain cerita ada juga karakter yang berbeda. Lalu, siapa saja karakter “baru” dalam film Justice League versi Zack Snyder?

Darkseid

Rumor tentang kemunculan Darkseid sebenarnya sudah muncul sejak proyek film Justice League dimulai. Tapi, para fans kemudian harus menelan kekecewaan dimana dalam versi theatrical release ternyata sosok Darkseid tidak muncul. Dalam versi Zack Snyder, Darkseid merupakan villain utama yang akan dihadapi oleh tim Justice League, dan bukan Steppenwolf seperti yang diperlihatkan di filmnya.

Dalam penjelasan yang dilakukan oleh Snyder di berbagai unggahan Vero miliknya, kemunculan Darkseid sudah ditunjukan melalui beberapa simbol-simbol yang muncul di film Bvs: Dawn of Justice dan juga di film Justice League. Darkseid juga sebenarnya muncul dua kali di bumi, pertama ketika Darkseid masih menggunakan nama Uxas dan kemudian dia kembali menyerang bumi dengan menggunakan nama Darkseid. Pertarungan Uxas dan Ares juga seharusnya muncul dalam film Justice League versi Zack Snyder.

Martian Manhunter

Martian Manhunter adalah salah satu karakter yang sudah lama dinantikan untuk muncul dalam versi live action layar lebar. Jika saja versi Zack Snyder tayang di bioskop saat itu, kita mungkin akan melihat sosok Martian Manhunter untuk pertama kalinya dalam versi live action. Menurut penuturan Zack Snyder, Jendral Swanwick yang pertama kali diperkenalkan di film Man of Steel adalah Martian Manhunter yang menyamar.

Lanjut menurut Snyder, seharusnya sosok Swanwick baru akan menunjukan jati dirinya sebagai Martian Manhunter di film Justice League. Hal ini juga sempat diungkapkan oleh Snyder di akun Veronya, dimana Snyder mengunggah foto storyboard yang menghadirkan karakter Jendral Swanwick sedang berubah menjadi Martian Manhunter.

Green Lantern (Hal Jordan)

Sedari awal proyek film Justice League dimulai, banyak para fans yang menanyakan tentang keberadaan sosok Green Lantern karena di seluruh promosinya WB hanya menampilkan sosok Batman, Aquaman, Wonder Woman, The Flash, dan Cyborg. Padahal seperti yang kita tahu Green Lantern juga menjadi bagian dari Justice League.

Sayangnya, dalam versi theatrical release sosok Green Lantern tidak dimunculkan. Padahal, Hal Jordan dijadwalkan akan muncul dalam cerita yang disusun oleh Zack Snyder. Karakter Green Lantern sendiri akan muncul lebih sebagai cameo, saat dia bertarung melawan pasukan Parademons. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Zack Snyder melalui akun media sosial Vero.

Iris West

Kiersey Clemons merupakan pemeran Iris West untuk versi DCEU, tapi sayangnya sosok Iris West yang dijadwalkan muncul di film Justice League harus dipotong adegannya. Kemunculan Iris West erat kaitannya dengan kemunculan pertama The Flash, dimana dalam adegan deleted scene dari film Justice League, diperlihatkan Barry Allen mencoba untuk menyelamatkan Iris West yang terjatuh dengan kecepatannya. Namun, kabar terbaru karakter Iris West akan diganti aktrisnya untuk film solo The Flash.

Ryan Choi (Atom)

Adegan yang berlangsung di STAR Lab sebagian besar dipotong dalam film Justice League versi Joss Whedon, yang tayang di bioskop. Padahal, ada beberapa momen penting yang seharusnya ditampilkan dan terjadi di lab tersebut. Misalnya ketika Justice League mengunjungi lab tersebut untuk meneliti tentang Mother Box. Juga yang menarik adalah kita akan diperkenalkan dengan sosok Ryan Choi.

Dalam cerita komiknya, Ryan Choi adalah seorang pahlawan yang memiliki kekuatan untuk bisa berubah bentuk ke ukuran kecil. Karena itulah dia memiliki nama pahlawan Atom. Tapi, dalam versi Justice League Zack Snyder, Ryan Choi digambarkan sebagai sosok ilmuwan yang bekerja di STAR Lab bersama ayah dari Victor Stone. Dalam unggahan di akun Veronya, Snyder bahkan menyebutkan jika Ryan Choi adalah direktur bagian teknologi nano di STAR Lab.

FOLLOW US