Pertarungan besar antara Kaido dan Big Mom melawan aliansi bajak laut Luffy, merupakan pertempuran terbesar dalam sejarah series One Piece untuk saat ini. Itulah setidaknya yang diungkapkan oleh Eiichiro Oda tentang arc Wanokuni pada akhir 2019 kemarin. Wajar memang jika pertempuran ini akan menjadi pertempuran yang lebih epik dibandingkan dengan perang Marineford, karena dari jumlah pasukannya pun jauh berbeda.

Dalam pertempuran Marineford, mungkin skalanya tidak semasif di Onigashima. Jumlah angkatan laut saat itu memang mungkin lebih banyak dibandingkan dengan seluruh armada Whitebeard. Coba kita bandingkan jumlah yang bertempur di Marineford dan Onigashima, angkanya sangat jauh berbeda. Pasukan Kaido sendiri ada sekitar 30.000 orang. Angka itu tentunya bukan angka yang sedikit.

Situasi semakin rumit ketika Luffy hanya memiliki pasukan berjumlah sekitar 5.000 pasukan, ditambah Red Scabbads, Kidd, Law, Luffy dan Topi Jerami. Total semuanya tidak sampai 10.000 pasukan. Perbandingan jumlah pasukan inilah yang membuat banyak fans kemudian berspekulasi bahwa akan ada kekuatan besar yang akan bergabung membantu Luffy.

Shanks, Marco, Garp, bahkan Dragon banyak diprediksikan akan ikut bergabung bersama Luffy dalam pertempuran tersebut. Mereka bergabung karena tahu keadaan Luffy tidak seimbang ketika bertarung melawan pasukan Kaido. Tapi, ada satu hal yang menarik yang mungkin bisa membantu Luffy memenangkan pertarungan ini tanpa ada bantuan dari siapapun.

Luffy bisa mengandalkan kekuatan Haoshoku Haki atau Haki penguasa yang dia miliki. Kita sudah sering melihat bagaimana kekuatan semangat dari Luffy berhasil membuat orang lain pingsan. Contohnya adalah ketika dia menghentikan eksekusi Ace, membuat para peniru kru Topi Jerami tidak sadarkan diri di pulau Sabaody, dan yang paling dahsyat adalah ketika Luffy berhasil membuat tidak sadarkan diri sekitar 50.000 pasukan Hody Jones di pulau manusia ikan.

Jika diperhatikan hal ini menarik, bahwa jika Luffy bisa membuat pingsan 50.000 orang para manusia ikan, maka tentunya tidak akan ada masalah jika Luffy membuat pingsan pasukan Kaido yang berjumlah 30.000 orang. Lagipula, Luffy pernah melakukannya kepada anak buah Kaido saat mereka pertama kali bertarung. Dan Luffy membuat anak buah Kaido tidak sadar ketika kondisi Luffy sendiri tidak sadar.

Artinya kekuatan Haoshoku Haki Luffy sangatlah dahsyat, sudah ada peningkatan yang jauh lebih pesat dibandingkan sebelumnya. Tapi, perlu dicatat jika 30.000 tersebut sudah termasuk Flying Six dan All Stars maka mereka adalah orang-orang yang bisa bertahan dari serangan Haki Luffy. Seperti yang disebutkan oleh Eiichiro Oda dalam SBS 65, hanya musuh yang lemah yang bisa terpengaruh oleh kekuatan Haki ini.

Meskipun kemampuan ini tidak bisa membuat semua orang tidak sadarkan diri, tapi setidaknya Haki Luffy sudah membuat 70% – 80% dari pasukan Kaido tidak sadarkan diri. Artinya beban yang harus Luffy hadapi sedikit banyaknya berkurang. Dan yang paling penting, untuk hal ini Luffy bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita nantikan saja ya Geeks, bagaimana kemampuan Haoshoku Haki ini bisa kembali berperan besar dalam pertempuran melawan Kaido.

FOLLOW US