Dilihat dari segi manapun, Superman merupakan salah satu pahlawan terbesar dan terhebat yang ada di DC Universe. Kal-El memiliki kekuatan yang hampir membuatnya tidak bisa dihentikan. Tapi, yang paling penting adalah Superman merupakan sosok panutan bagi masyarakat banyak. Superman memang sosok yang paling kuat, namun bukan berarti tidak memiliki kelemahan.

Selama ini, Superman dikenal memiliki kelemahan terhadap batu menyala berwarna hijau Kryptonite. Kryptonite sendiri merupakan sebuah material yang sangat sulit untuk didapatkan, kecuali orang-orang tertentu seperti Lex Luthor atau Batman yang berhasil memilikinya. Superman juga dikenal memiliki kelemahan lain, yaitu kekuatan sihir.

Kelemahan akan sihir jarang menjadi sorotan banyak cerita, sehingga mungkin tidak banyak fans yang tahu tentang kelemahan Superman yang satu ini. Itulah mengapa Superman pernah hampir kalah melawan Shazam, sebelum Superman bisa mengalahkannya dengan menutup mulut Billy Batson saat dia akan berubah.

Dan di komik Lois Lane karya Greg Rucka serta Justice League yang ditulis oleh Robert Venditi, terungkap bahwa kekuatan sihir bisa menjadi kelemahan yang berbahaya bagi Superman. Dalam Lois Lane #10, kelemahan Superman akan sihir sempat dijadikan sebuah referensi lelucon.

Ketika Superman mengetahui bahwa Lois Lane menjadi incaran bagi seorang pembunuh dengan kekuatan sihir, Superman mencoba untuk mengecek keberadaan Lois di rumahnya. Tapi, sebelum Superman pergi menemui Lois, Bruce Wayne sempat mengatakan kepada Superman bahwa dalam kasus yang melibatkan sihir Superman tidak akan bisa berbuat banyak.

Tapi, dalam Justice League #44 kelemahan Superman ini ditampilkan secara lebih serius. Superman dan para Justice League lainnya harus menghadapi musuh baru, berbagai makhluk magis dan kuno yang tiba-tba saja muncul. Batman berhasil mengalahkan makhluk yang mengarah pada sosok Wonder Woman, sedangkan para pasukan Amazon berhasil menggiring makhluk-makhluk tersebut kembali ke Tartarus.

Sayangnya, ketika semuanya dianggap sudah selesai ternyata masih ada makhluk mengerikan lainnya yang muncul dan membebaskan para makhluk mitologi tersebut dari kurungannya. Akhirnya mereka pun menyerang sosok Wonder Woman. Superman hanya bisa melihat apa yang sedang terjadi, ketika Green Lantern, Aquaman, dan Wonder Woman dikendalikan oleh kekuatan sihir.

Ternyata Superman juga pada akhirnya berhasil dipengaruhi, oleh sosok misterius yang bernama the Spectre. Di akhir ceritanya, diperlihatkan Superman yang berada dibawah pengaruh Spectre bersiap menghabisi rekan-rekannya di Justice League. Superman mungkin sosok yang paling kuat di DC Universe, tapi dia rapuh jika harus menghadapi kekuatan sihir. Mungkin para villain yang berencana untuk menghabisi Superman, bisa menyewa jasa monster yang memiliki kekuatan sihir seperti yang dilakukan oleh Spectre, dibandingkan harus mencari keberadaan Kryptonite

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.