Dalam setiap medium yang menghadirkan cerita Spider-Man dan Peter Parker, kita selalu disuguhkan fakta bahwa Peter tinggal bersama bibi May dan paman Ben. Mereka adalah orang tua pengganti bagi Peter, karena kedua orang tuanya diceritakan sudah meninggal. Meskipun bukan anak biologis mereka, paman Ben dan bibi May membesarkan Peter dengan sepenuh hati dan mengajarkan Peter tentang banyak hal.

Meskipun begitu, pertanyaan tentang apa yang sebenarnya terjadi kepada kedua orang tua Peter masih menjadi topik bahasan utama di kalangan fans. Lalu, apa yang terjadi dengan kedua orang tua Peter Parker? berikut adalah berbagai fakta tentang kedua orang tua Parker di komik dan di film layar lebar.

Richard dan Mary Parker Versi Orisinal

Dalam cerita utama Marvel Universe, Richard Parker merupakan adik dari Ben Parker. Richard merupakan seorang veteran. Dia kemudian direkrut oleh CIA karena karir militernya, dan disana dia kemudian bertemu dengan sosok Mary Fitzpatrick, seorang penerjemah CIA dan data analis. Keduanya kemudian menikah, dan melahirkan seorang putra yaitu Peter Parker.

Orang tua Peter merupakan sosok yang penting. Dalam komik Untold Tales of Spider-Man #1 dikisahkan bahwa kedua orang tua Peter Parker bahkan pernah menyelamatkan Wolverine, ketika mereka sedang berada di luar negeri. Ketika mereka berada di luar negeri itu pula, Mary mengetahui bahwa dia hamil anak pertamanya. Fakta lain juga menyebutkan bahwa Peter memiliki seorang adik perempuan yaitu Teresa.

Tapi, tidak lama setelah melahirkan Teresa, Richard dan May harus berhadapan dengan Albert Malik yang merupakan Red Skull ketiga. Penyamaran mereka terbongkar dan pesawat mereka pun disabotase, dan kecelakaan pesawat tersebut membunuh Richard dan May. Peter kemudian tumbuh bersama Ben dan May, sedangkan Teresa diadopsi oleh keluarga lain dan informasi tentang Peter dan keluarganya sengaja disembunyikan.

Chameleon pernah menggunakan taktik manipulasi dengan cara menirukan sosok kedua orang tua Peter, untuk menangkap Peter dan keluarganya. Hal tersebut merupakan bagian dari rencana jahat Harry Osborn ketika dia menjadi Green Goblin. Tapi, pada akhirnya rencana ini berhasil digagalkan.

Richard dan Mary Parker Versi Ultimate Universe

Di Ultimate Universe, Richard Parker merupakan seorang ahli biologi dan bukan seorang agen rahasia. Dia merupakan rekan dari sesama ilmuwan yaitu Eddie Brock, Sr., dimana mereka berdua mencoba untuk membuat sebuah kostum atau suit biologis yang bisa menyatu dengan tubuh penggunanya sambil juga bisa menyembuhkan berbagai kerusakan yang ada di tubuh penggunanya.

Tapi, Richard takut terhadap potensi ancaman yang muncul dari kostum tersebut jika jatuh ke tangan orang yang salah seperti Bolivar Trask. Richard mencoba merekam semua ketakutannya dalam sebuah rekaman audio dan memberikannya kepada Peter Parker. Meskipun Richard dan Brock memiliki perbedaan pendapat tentang proyek mereka, tapi mereka berdua tetap melaksanakan rencana untuk bepergian menggunakan pesawat bersama istri mereka masing-masing.

Sayangnya, dalam perjalanan pesawat yang ditumpangi oleh Richard dan Brock harus mengalami kecelakaan dan semua penumpangnya tewas, seperti yang diperlihatkan dalam komik Ultimate Spider-Man #33. Hal ini mengguncang jiwa Peter Parker yang masih berusia enam tahun dan juga temannya yang sedikit lebih tua, Eddie Brock, Jr. Proyek yang dibuat oleh Richard dan Brock kemudian menjadi awal mula Symbiote Venom versi Ultimate Universe, dimana Venom diceritakan berada di pihak Spidey.

Richard dan Mary Parker Versi Film The Amazing Spider-Man

Kedua orang tua Peter sempat muncul dalam versi layar lebar untuk yang pertama kalinya, dalam film The Amazing Spider-Man. Biasanya kedua orang tua Peter Parker hanya direferensikan saja dalam cerita, bahkan versi Marvel Cinematic Universe kedua orang tua Peter Parker sama sekali belum disinggung.

Dalam film The Amazing Spider-Man pertama kita diperlihatkan bagaimana Richard dan May menitipkan Peter kepada Ben dan May. Richard dan Mary kemungkinan tewas di adegan awal The Amazing Spider-Man 2. Ketika Peter mencoba untuk mencari catatan lama milik ayahnya, Peter menemukan sebuah petunjuk yang mengarah pada lab milik OsCorp.

Ternyata terungkap bahwa beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh Richard ada kaitannya dengan laba-laba rekayasa genetik. Peter Parker merupakan satu-satunya orang yang bisa terpengaruh oleh kemampuan yang ada di dalam tubuh laba-laba tersebut. Dalam sebuah adegan yang dihapus dari filmnya, versi tua dari Richard sempat muncul dan bertemu dengan Peter saat Peter sedang bersedih tentang kematian Gwen Stacy.

Richard mengungkapkan bahwa dia selamat dari kecelakaan pesawat dan selama ini dia mencoba untuk menyembunyikan hasil penemuannya dari OsCorp. Tapi, adegan terakhir ini bukan bagian dari canon dan seluruh cerita Spider-Man di film ini.

FOLLOW US