Manga Boruto: Naruto Next Generation membuat banyak fans terkejut dengan pengungkapan fakta bahwa Jigen memang sudah diincar oleh Isshiki Otsutsuki sehingga dia bisa menjadi bagian dari klan Otsutsuki. Banyak fans yang mengira jika nasib klan Otsutsuki sudah selesai, setelah Kaguya, Kinshiki, dan Momoshiki berhasil dikalahkan, tapi terungkap bahwa klan Otsutsuki juga mengincar tubuh Boruto sebagai bagian dari kebangkitan dari klan tersebut.

Fakta lain yang juga terungkap adalah tentang monster ekor sepuluh, dimana monster tersebut merupakan makhluk yang membantu Kaguya untuk menghancurkan dunia di akhir series Naruto. Tapi, di volume ke 45 ini para shinobi sepertinya harus menerima kenyataan buruk bahwa Jigen sepertinya mempunyai akses untuk bukan hanya satu monster, melainkan banyak monster ekor sepuluh.

Amado juga bercerita banyak kepada Naruto tentang klan Otsutsuki dan apa sebenarnya arti chakra bagi klan mereka. Di series Naruto diperlihatkan bahwa chakra merupakan inti atau essence dari kekuatan manusia, dengan Kaguya mengajarkan kepada kedua anaknya, Hagoromo dan Hamura, untuk bisa mengendalikan kekuatan alam dan membantu Kaguya menyebarkan energi tersebut kepada manusia.

Tapi, Kaguya kemudian berubah pikiran dan ingin kembali menarik seluruh chakra tersebut. Dengan menggabungkan kekuatan bersama God Tree, Kaguya pun kemudian berubah menjadi sosok monster mengerikan bijuu ekor 10. Ternyata klan Otsutsuki yang menyebarkan benih chakra ke seluruh planet, memiliki monster ekor 10 di dalam dirinya.

Buah chakra yang dihasilkan dari pohon yang ditanam di sebuah planet (dengan menyerap seluruh chakra penduduk di planet tersebut sampai habis), kemudian akan mereka konsumsi. Selain untuk dikonsumsi, ternyata buah iblis tersebut digunakan oleh klan Otsutsuki sebagai bagian dari evolusi. Inilah penyebab terjadinya persaingan diantara klan Otsutsuki sendiri.

Mereka tidak peduli jika apa yang mereka lakukan mengakibatkan hancurnya sebuah planet atau musnahnya sebuah spesies di planet tersebut. Mereka juga tidak perduli dengan kekacauan yang ditimbulkan. Itulah mengapa mereka senang untuk memanipulasi karakter seperti Madara dan Obito, karena semakin kuat sosok tersebut maka sosok tersebut akan menjadi sebuah santapan enak untuk klan Otsutsuki yang dikonsumsi terakhir.

Mendengar hal tersebut membuat Naruto dan Sasuke benar-benar terkejut, apalagi selama ini mereka mengira jika chakra muncul demi kebaikan manusia. Tapi, sebenarnya itu adalah parasit karena bukanlah milik manusia. Untuk sementara waktu, memang banyak karakter yang berubah menjadi sosok yang kuat berkat adanya kekuatan chakra. Tapi, tinggal tunggu waktunya saja sampai chakra tersebut diambil kembali oleh klan Otsutsuki.

Untuk saat ini, Naruto dan Sasuke tidak bisa berbuat banyak karena chakra yang selama ini mereka ketahui adalah senjata utama mereka. Naruto dan Sasuke juga tidak tahu apakah akan lebih banyak lagi anggota klan Otsutsuki yang akan datang ke bumi dan bertarung melawan mereka. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.