Studio Ghibli dikenal karena berbagai film-film animasi klasik mereka yang sangat legendaris dan everlasting. Contohnya adalah Spirited Away, Princess Mononoke, dan tentunya My Neighbor Totoro. Selain ketiga film animasi klasik tersebut, Ghibli juga memproduksi film animasi klasik yang menyayat hati seperti Grave Of The Fireflies dan From Up On Poppy Hills.

Pada 1982, Hayao Miyazaki selaku co-founder dari Studio Ghibli dan sekaligus animatornya, pernah menciptakan manga Nausicaa Of The Valley of The Wind, yang bersetting ribuan tahun setelah peristiwa “Seven Days of Fire” dimana dunia hancur terbakar akibat serangan Kaiju God Warrior. Pada 1984, Nausicaa kemudian dibuatkan animenya dan Miyazaki menjabat sebagai sutradara.

Yang mengejutkan dan mungkin tidak semua orang tahu, ternyata Ghibli pernah membuatkan prekuel dari film Nausicaa Of The Valley of The Wind pada 2012 kemarin dengan judul Giant God Warrior Appears In Tokyo. Film prekuel tersebut menandai film dengan genre live-action pertama yang pernah diproduksi oleh Studio Ghibli. Tapi, film ini bukanlah film berdurasi panjang melainkan sebuah film pendek.

Giant God Warrior Appears In Tokyo disutradarai oleh Shinji Higuchi dan dibuat sebagai bagian untuk pertunjukan museum Studio Ghibli dan mengungkapkan tentang Kaiju yang menghancurkan dunia dalam peristiwa “Seven Days Of Fire.” Giant God Warrior Appears In Tokyo juga mengambil sudut pandang sosok perempuan yang tidak diketahui identitasnya yang menjadi narator di animenya, dan menjelaskan tentang hari sebelum peristiwa besar “Seven Days Of Fire” menimpa bumi.

Perempuan tersebut menjelaskan bagaimana seorang seorang penipu yang mirip seperti kakaknya, muncul di apartemennya dan memperingati tentang peristiwa mengerikan tersebut. Sosok penipu misterius tersebut meminta wanita itu untuk memperingati yang lainnya, tapi pesan itu justru tidak dianggap serius. Tidak lama kemudian, Kaiju rakasasa muncul di tengah kota dengan tubuh yang menyala-nyala.

Orang-orang tidak bisa berbuat apa-apa, mereka hanya bisa terperanga melihat kedahsyatan Kaiju raksasa tersebut mengeluarkan laser dari mulutnya. Ternyata Kaiju tersebut adalah Giant God Warrior, sosok Kaiju yang muncul dalam film Nausicaa Of The Valley of The Wind. Filmnya sendiri diakhiri dengan kemunculan Kaiju lainnya yang berusaha menhancurkan seluruh dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.