Pertanyaan tentang siapa yang lebih kuat dibandingkan siapa memang tidak akan pernah habisnya. Dalam dunia One Piece, hal itu juga berlaku. Selalu muncul pertanyaan apakah karakter A lebih kuat dari karakter B atau C. Tapi, hal ini memang wajar mengingat One Piece memiliki banyak sekali karakter dan sebagian besar diantara mereka adalah karakter yang hebat.

Monkey D. Luffy adalah protagonis utama dalam series ini. Luffy sering kali disebutkan bahwa kekuatannya mendekati – jika memang tidak seimbang – dengan para Admiral angkatan laut. Admiral merupakan jabatan tertinggi dari angkatan laut, dibawah Fleet Admiral. Mereka adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut, dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat.

Sebagian fans berpendapat bahwa para Admiral tersebut level kekuatannmya berada di bawah Yonko. Oleh karena itulah, dengan kekuatan yang dahsyat tersebut tidak semua orang bisa mengalahkan seorang Admiral kecuali Yonko (dan mungkin Dragon). Itu artinya hanya lima orang yang memang terbukti dan sudah dipastikan jauh lebih kuat dibandingkan para Admiral.

Bagaimana dengan para komandan Yonko? Meskipun mereka memegang jabatan komandan divisi dari kru bajak laut Yonko, hal itu tidak serta merta membuat mereka jauh lebih kuat dibandingkan para Admiral. Seperti yang disebutkan sebelumnya, level kekuatan para Admiral satu level dibawah para Yonko. Sedangkan para komandan divisi, levelnya cukup jauh dengan kapten mereka. Artinya, level kekuatan komandan divisi juga cukup jauh dibandingkan dengan para Admiral.

Para fans yang berpikir bahwa para Admiral bukanlah sosok yang terlalu diperhitungkan kekuatannya, kemungkinan diakibatkan oleh kejadian epik di Marineford. Pada akhirnya Akainu memang berhasil dilumpuhkan oleh Whitebeard, tapi Whitebeard sendiri harus mengalami luka yang sangat parah (bagian dada yang tembus serta kehilangan sebagian wajahnya).

Akainu benar-benar membuat Whitebeard, manusia paling kuat di dunia, harus bertekuk lutut mengakui kekalahannya terlepas dari masalah usianya yang memang tidak muda lagi. Selain Roger, rasanya tidak ada lagi orang yang bisa melakukan hal itu. Apakah Marco bisa melakukan apa yang dilakukan oleh Akainu? Bagaimana dengan Jozu, Katakuri, Jack, atau Vista?

Bahkan, beberapa saat setelah Whitebeard berhasil melumpuhkan Akainu, Akainu langsung mengejar Luffy yang dibawa kabur oleh Jinbe. Bukan hanya itu, Akainu juga langsung mendapatkan serangan dari Vista dan juga Marco. Yang cukup mengejutan adalah bahkan mereka berdua pun tidak bisa melukai atau bahkan menyerang Akainu.

Marco sendiri adalah pemimpin dari divisi utama, sama halnya dengan Jozu dan Vista. Kekuatan Marco tentunya seimbang, jika tidak, ia lebih kuat dari Katakuri. Jika Marco saja tidak bisa menyerang Akainu, maka meskipun Luffy harus bersusah payah buat mengalahkan Katakuri, levelnya masih jauh dibawah para Admiral khususnya Akainu.

Satu-satunya orang yang berhasil menghentikan serangan Akainu – dan juga menghentikan peperangan tersebut – adalah Shanks si rambut merah. Artinya, kembali, selain Roger dan juga Yonko lainnya tidak akan ada yang bisa melakukan hal tersebut. Level para komandan divisi tidak lebih hebat dibandingkan para Admiral angkatan laut.

Perlu ditekankan juga bahwa jabatan Fleet Admiral yang diemban oleh Akainu tidak lebih dari sekedar jabatan saja. Tidak selalu membuktikan bahwa Fleet Admiral lebih kuat dibandingkan yang lain. Contohnya adalah Sengoku, yang banyak dianggap lebih lemah dibandingkan Akainu, tapi berhasil menduduki jabatan sebagai Fleet Admiral sebelum kemudian digantikan oleh Akainu.

Akainu dan Aokiji juga pernah bertarung 10 hari berturut-turut di Punk Hazard, sebelum akhirnya Aokiji kalah. Marco dan Vista tidak bisa melukai bahkan menyerang Akainu. Sedangkan Akainu berhasil mengalahkan Aokiji, padahal Aokiji dan Akainu memiliki level yang bisa dibilang seimbang dalam hal kekuatan. Artinya Kizaru dan Greenbull juga tidak jauh level kekuatannya.

Para fans juga ada yang berpendapat jika memang Luffy tidak bisa mengalahkan para Admiral, maka cerita One Piece tidak akan pernah selesai. Luffy yang sekarang sudah jauh lebih kuat dibandingkan dengan Luffy sebelum time-skip. Dengan Luffy yang bersusah payah mengalahkan Katakuri, artinya level kekuatan Luffy kini mendekati komandan divisi pertama dari Yonko.

Tapi, Luffy masih jauh lebih lemah dibandingkan para komandan lainnya, Admiral, dan tentunya Yonko. Apakah artinya Luffy sosok yang lemah? Untuk saat ini, level kekuatan Luffy yang masih dibawah para Admiral dan Yonko tentunya masih bisa dipahami. Tapi, One Piece masih memiliki banyak arc yang harus dilalui. Artinya, kesempatan Luffy untuk terus semakin berkembang masih sangat besar.

Setidaknya ada tiga arc utama – Wano, Shanks, Blackbeard – dimana Luffy bisa berkembang, sebelum kemudian Luffy dan kru Topi Jerami akan bertempur di pertarungan puncak. Luffy masih punya waktu, dan dia pasti akan sampai pada titik puncaknya dimana dia akan membuka seluruh potensi yang ada dalam dirinya.

Kesimpulannya adalah para Admiral bukanlah karakter yang bisa dipandang sebelah mata, meskipun mereka jarang diperlihatkan bertempur. Dan berdasarkan penjelasan di atas, para Admiral memiliki level kekuatan satu tingkat di bawah Yonko namun beberapa tingkat di atas para komandan divisi Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.