Midnight In Paris

Gil Pender merupakan seorang screenwriter Hollywood yang sukses. Tapi, kisah percintaanya tidak sukses dimana dia harus mengalami perbedaan tujuan hidup dan berbagai hal lainnya dengan tunangannya yang materialistis, Inez. Namun, setiap tengah malam, di tempat yang sama, dia merasakan sebuah petualangan kembali ke era 1920 dan bertemu dengan berbagai figur hebat.

Metode yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu: Jalan ke sebuah sudut atau tempat tertentu

Aturannya :

  • Kita bisa pergi ke era masa lalu yang memang kita inginkan.
  • Berjalan mengelilingi kota, dan tiba-tiba semuanya akan berubah.
  • Kita bisa bergaul dengan orang-orang terkenal dan para aristokrat di zaman dahulu.
  • Kita tidak bisa membawa orang lain dalam perjalanan ke masa lalu.
  • Kita tidak akan mengubah apapun, hal tersebut hanyalah sebuah petualangan perjalanan waktu yang menyenangkan.

Frequency

Konsepnya hampir mirip dengan The Lake House. Seorang pria bernama John Sullivan secara tidak sengaja berhasil melakukan komunikasi dengan orang-orang di masa lalu, termasuk ayahnya yang sudah meninggal. Hal ini terjadi berkat adanya fenomena aurora borealis yang melintas ke kawasan rumah John. John dan ayahnya pun saling bertukar informasi apa yang terjadi di era 1969 dan 1999.

Metode yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu: Sebuah radio amatir yang diatasnya melintas aurora borealis

Aturannya :

  • Kita hanya bisa berkomunikasi dengan seseorang di masa lalu dengan menggunakan radio yang sama.
  • Kita bisa berkomunikasi dengan seseorang yang kita sayang di masa lalu dan memerintahkan seseorang itu untuk tidak melakukan sesuatu atau apapun di masa lalu. Tapi, resikonya hal tersebut akan mempengaruhi kita di masa depan.
  • Ketika sesuatu sudah dirubah di masa lalu, kita tidak akan memiliki kenangan apapun di masa depan dan hanya memiliki kenangan di masa lalu.
  • Jika seseorang melakukan sesuatu di masa lalu (misalnya membakar meja), maka saat itu juga kita bisa melihat bekas terbakarnya benda atau objek tersebut.

Groundhog Day

Dibintangi oleh Bill Murray dan Phil Connors, film Groundhog Day dirilis pada 1993 lalu. Berkisah tetang seorang presenter TV yang biasa membawakan berita cuaca harus mengalami nasib sial. Saat dia melaksanakan tugasnya untuk meliput kegiatan tahunan Groundhog Day, secara tidak sengaja dia terjebak dalam sebuah time-loop, dimana dia harus mengalami kejadian yang sama berulang-ulang.

Metode yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu: Nasib sial

Aturannya:

  • Kita harus melakukan hal yang sama dan hari yang sama secara terus menerus entah sampai kapan.
  • Tidak ada orang lain yang mengalami nasib serupa seperti orang tersebut
  • Jika kita meninggal pada hari itu, kita akan kembali hidup di hari berikutnya dengan memori sebelumnya yang masih tersimpan. Kita juga tidak akan bertambah tua.
  • Ketika sesuatu sudah dirubah di masa lalu, kita tidak akan memiliki kenangan apapun di masa depan dan hanya memiliki kenangan di masa lalu.
  • Kita bisa kembali ke kehidupan normal ketika kita sudah memperbaiki diri kita dan menemukan sebuah cinta sejati, yang tidak egois dan selalu bersyukur untuk bisa tetap hidup.

About Time

Tim Lake tumbuh di wilayah Cornwall, di sebuah rumah dekat laut bersama dengan keluarganya. Di usianya yang ke 21, Tim menemukan sesuatu yang mengejutkan yaitu fakta bahwa setiap pria di anggota keluarga tersebut akan memiliki sebuah kemampuan unik, yaitu mampu melakukan perjalanan waktu. Ayahnya Tim berpesan untuk tidak menggunakan kemampuan tersebut untuk mencari keuntungan dan popularitas. Tapi, Tim memilih untuk menggunakan kekuatannya ini untuk memperbaiki kisah cintanya.

Metode yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu: berkonsentrasi ruangan gelap

Aturannya:

  • Hanya para pria dari keluarga tertentu saja yang bisa memiliki kemampuan tersebut
  • Kita hanya bisa kembali ke masa sebelumnya, dan hanya bisa kembali dari dan menuju tempat yang sama.
  • Jika kita kembali ke masa lalu setelah memiliki anak, anak tersebut akan terlihat berbeda ketika kita kembali.

Looper

Dibintangi oleh Bruce Willis, Joseph-Gordon Levitt, dan Emily Blunt, film ini berkisah tentang para pembunuh bayaran di “era sekarang” yang disebut sebagai Looper. Mereka semua dikontrak dan disewa jasanya oleh sindikat kriminal dari masa depan untuk membunuh korbannya di masa lalu, karena di masa depan hampir tidak mungkin membuang jenazah korbannya tanpa ketahuan.

Metode yang digunakan untuk melakukan perjalanan waktu: rahasia, sebuah mesin waktu yang dikuasai oleh sindikat kriminal yang terlihat seperti sebuah mesin cuci.

Aturannya:

  • Di masa depan, mereka bisa mengirim orang untuk kembali ke masa lalu untuk membunuh target dan membuang korbannya.
  • Kita akan tiba di sebuah ladang jagung yang sangat jauh dari pemukiman, dimana seorang pembunuh bayaran, yang kemungkinan adalah diri kita sendiri versi muda, akan membunuh kita ketika kita tiba.
  • Jika kita berhasil selamat dari kejaran para mafia dan gangster, mereka akan menyiksa diri kita di masa lalu. Jadi, tidak heran jika akan muncul bekas luka atau bagian tubuh yang hilang.
  • Ingatan kita tentang perubahan yang terjadi di masa kita berada, akan sedikit membuat bingung ingatan kita.
1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.