Superman memang telah mengalami banyak cerita aneh selama era Silver Age dari buku komik. Para penulis dalam era tersebut cenderung menyukai kisah yang mengadopsi unsur kartun, yang memungkinkan Superman menggunakan kekuatannya dengan cara yang aneh namun tidak terlalu kejam.

Salah satu hal buruk yang pernah dialami Superman mungkin terjadi saat ia memiliki kepala berbentuk semut raksasa yang ia gunakan untuk berkomunikasi dengan semut dari luar angkasa. Tetapi sepertinya itu bukan menjadi hal terburuk bagi Superman, karena dalam komik Action Comics #251, kita diperlihatkan hal terburuk yang pernah dialami Superman, yaitu ketika ia benar-benar menjadi tua.

Dalam komik DC pada umumnya, hampir semua orang setuju bahwa Superman memiliki hidup yang nyaris abadi dan ia akan benar-benar menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia (karena tubuhnya menyerap lebih banyak energi matahari secara terus menerus). Tetapi dalam komik yang disebutkan diatas yaitu Action Comics #251, kita diperlihatkan saat Superman yang semakin melemah dan secara bertahap kehilangan lebih banyak kekuatannya seiring bertambahnya usia.

Kisahnya dimulai saat Clark Kent sedang menyelidiki tentang seorang ilmuwan yang mengembangkan ramuan ajaib yang berpotensi untuk menambah umur seseorang. Ketika ilmuwan itu akan menggunakan dirinya sendiri sebagai kelinci percobaan, Clark Kent memutuskan untuk mencoba meminum ramuan itu terlebih dahulu. Clark sangat yakin karena ia adalah seorang Kryptonian, ramuan itu tidak akan mempengaruhi dirinya. Namun sayangnya, langkah percaya diri yang ia lakukan berimbas negatif pada tubuhnya.

Keesokan harinya, Clark menyadari bahwa ia telah menua, dan umurnya bertambah 40 tahun, lengkap dengan janggut putih panjangnya. Clark merasa cepat kelelahan dan lemah, dan ia menjadi sangat lambat. Clark pun kemudian memutuskan untuk pergi ke ilmuwan yang telah menciptakan ramuan itu, dan menurut ilmuwan itu, efek penuaannya hanya akan berlangsung sementara.

Ia pun mengalami ketakutannya sendiri yaitu berubah menjadi tua. Ia harus menjalani hari-harinya sebagai orang tua. Bahkan ia sempat mendatangi panti jompo di mana ia terpaksa untuk memakan bubur dan bermain catur dengan manula lainnya. Namun masalah utama yang paling ditakuti oleh Clark Kent adalah saat ia tidak mampu memenuhi tugasnya sebagai Superman.

Namun karena kekuatannya secara bertahap memudar seiring bertambahnya usia, Superman pun mencari solusi yang lebih kreatif untuk menghentikan penjahat. Ia bahkan pernah bekerja di department store sebagai Santa Claus untuk menghentikan perampokan hingga ia kembali normal.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/