Diadaptasi dari sebuah film pendek dengan judul yang sama, Code 8 hadir dengan versi layar lebar dan dengan sederet nama populer yang mengisi daftar cast. Jeff Chan dan Chris Pare kembali menjadi sutradara dan penulis naskah untuk filmnya, dengan setting di sebuah kota fiktif bernama Lincoln City. Dalam ceritanya sekitar 4% penduduk bumi memiliki kemampuan manusia super.

Meskipun para pemilik kekuatan super tersebut kemudian direkrut dan diperbantukan untuk membangun kota Lincoln, keadaan sekarang berbeda dimana orang-orang dengan kekuatan tersebut dipandang sangat berbahaya dan dijauhkan dari masyarakat. Film ini sendiri dibuat dengan dana urunan (crowdfunding) dan sukses melampaui target mereka. Bahkan kabarnya film ini akan dibuatkan sebuah film pendek spinoff dari versi layar lebar. Berikut adalah berbagai penjeleasan tentang akhir film Code 8.

Mengapa Sutcliffe Berkhianat

Sutcliffe sering kali diperlihatkan diteror oleh sebuah organisasi misterius bernama The Trust. Hutang uang kepada organisasi tersebut adalah alasan utama Garrett dan kelompoknya melakukan berbagai kejahatan. Setelah beberapa kali percobaan yang gagal, akhirnya Connor memberikan informasi yang sangat berguna untuk rencana besar mereka selanjutnya.

Sayangnya, ketika semua misi selesai, anak buah Sutcliffe justru mengkhianati yang lain. Meskipun mereka gagal untuk membunuh Connor dan Garrett, mereka sukses membunuh Maddy dan Freddie. Connor kemudian menyalahkan rasa serakah Garrett yang memancing kemarahan dari Sutcliffe. Meskipun hal itu ada benarnya, Sutcliffe memang sedari awal sepertinya memiliki rencana untuk mengkhianati mereka.

Lagi pula, hasil pencurian yang mereka lakukan bersama-sama menghasilkan nilai dua kali lebih banyak dibandingkan hutang mereka kepada The Trust. Dengan menghilangkan mereka yang terlibat dalam operasi tersebut, bukan hanya Sutcliffe bisa membayar hutangnya kepada The Trust tapi juga dia bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.

Mengapa Connor Berbohong Kepada Pihak Polisi

Dengan apa yang dilakukan oleh Sutcliffe membuat Connor tersadar dengan dunia yang sedang diajalani. Dengan menerima keadaan bahwa dia sudah terjebak terlalu dalam, akhirnya Connor pun mengadakan pertemuan rahasia dengan Agen Park. Connor kemudian memberi tahu dimana lokasi persembunyian dari Sutcliffe. Sayangnya, meskipun informasinya solid tapi ternyata Sutcliffe sudah kabur terlebih dahulu.

Tapi, ternyata Connor dan Garrett sudah tahu apa langkah yang akan dilakukan oleh Sutcliffe. Mereka kemudian menunggu Sutcliffe, karena sudah tahu kemana dia akan kabur. Park pun kemudian sadar bahwa ini merupakan bagian dari rencana Connor, karena dia menyadari ada yang salah dengan kaburnya Sutcliffe dari persembunyiannya.

Dibandingkan dengan menyerahkannya ke polisi, Connor lebih memilih menggunakan tenaganya untuk membalas dendam kepada Sutcliffe bersama dengan Garrett. Dengan informasi yang menyebutkan bahwa spinoffnya akan berfokus pada Connor dan Garrett yang akan bekerja sama, momen ini memberikan gambaran akan seperti apa spinoffnya nanti.

Park Tidak Senang Dengan Penghargaan Yang Dia Terima

Karakter yang diperankan oleh Sung kang ini masih diliputi oleh banyak sekali misteri, bahkan sampai akhir filmnya. Di akhir cerita, Park kemudian diperlihatkan menerima medali atas apa yang sudah dia kerjakan. Tapi, Park sepertinya tidak senang akan penghargaan yang dia terima itu. Salah satu alasannya tentu karena dia merasa tidak pantas mendapatkan penghargaan yang diberikan.

Park memang memiliki credit atas tertangkapnya Sutcliffe dan terbongkarnya kerajaan narkoba miliknya. Tapi, hal itu tidak akan mungkin terjadi tanpa ada bantuan dari Connor. Juga, Sutcliffe sebenarnya hanya tinggal membereskan semua karena Connor sudah membereskannya duluan. Hal ini membuat Alex Park menjadi detektif yang paling memiliki moral dibandingkan detektif lainnya.

Anak dari Park sendiri diceritakan memiliki kekuatan super, yang bisa diartikan bahwa Park pun kemungkinan memiliki kekuatan tersebut. Namun, untuk alasan tertentu dia kemudian menyembunyikan fakta itu. Hal ini bisa menjadi cerita yang menarik di spinoffnya, apalagi pihak pemerintah mulai mempertimbangkan apakah mereka harus mulai secara langsung mengincar orang-orang dengan kekuatan super. Jika memang begitu, Park bisa kemudian bergabung bersama Garett dan Connor menghadapi pihak pemerintah.

Apa Arti Adegan Terakhir Filmnya

Film Code 8 ditutup dengan adegan yang menampilkan sosok Nia, dan bukan Connor. Nia diperlihatkan mengunjungi ayahnya di penjara, dan Nia pun kemudian tersenyum. Nia merupakan salah satu orang yang terlibat hutang kepada Sutcliffe. Dengan Sutcliffe yang kini sudah tewas, otomatis hutang yang dia dan ayahnya miliki pun lunas.

Hasilnya, dalam salah satu poin, kita diperlihatkan jika mereka berdua sekarang sudah bebas. Tentunya ini menjadi sebuah akhir yang sangat menyentuh, dibandingkan dengan akhir cerita karakter lainnya – terutama Connor yang harus kehilangan ibunya dan harus dipenjara. Hal ini membuat Connor seolah menjadi pahlawan yang sebenarnya. Dia rela kehilangan ibunya, asalkan orang tua lainnya tidak mengalami kejadian yang serupa. Belum diketahui apakah Nia akan kembali di film spinoffnya atau tidak. Jika tidak, maka adegan ini bisa menjadi penutup kisah Nia.

Pertemuan Garrett dan Spinoff Code 8

Selain penampilan dari duo Connor dan Garrett, pertemuan Garrett dan Wesley Cumbo juga bisa menjadi set-up cerita di spinoffnya nanti. Sebagai pemimpin dari organisasi The Trust, Cumbo merupakan otak dari semua kejahatan yang dilakukan oleh Garrett dan gengnya. Setelah semuanya selesai, Garett kemudian membayarkan hutang yang dimiliki oleh Sutcliffe kepada The Trust.

Garrett memang diperlihatkan dalam filmnya sebagai sosok yang dendam kepada Sutcliffe atas apa yang dia lakukan kepada kelompoknya, sehingga wajar jika dia kemudian membunuhnya. Tapi, di satu sisi Garrett sebenarnya adalah orang haus akan kekuasaan. Karena hal itulah dia memutuskan untuk melakukan tindakan “cerdas” sambil menyelam minum air. Dengan bergabung dengan The Trust, Garrett sepertinya akan memiliki peran besar di spinoffnya.

Sinopsis spinoffnya sendiri menyetbutkan jika Connor dan Garrett akan bersatu melawan sebuah organisasi kriminal besar – yang kemungkinan besar adalah The Trust. Apakah Garett benar-benar akan bergabung dengan The Trust atau dia memiliki rencana lainnya untuk menghancurkan The Trust, yang pasti cerita akhirnya akan membuat kita penasaran. Itulah yang selama ini membuat Chan dan Pare banyak dipuji, karena mereka sukses untuk membuat banyak orang penasaran dengan cerita kelanjutnannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.