Buat Geeks yang mungkin tidak mengikuti komik Marvel, istilah Illuminati erat kaitannya dengan sebuah kelompok misterius yang diduga menjadi dalang dari semua yang terjadi di dunia. Illuminati juga sebenarnya ada dalam cerita Marvel, tapi mereka memiliki maksud dan tujuan yang lain. Di komik Marvel, Illuminati merupakan kelompok pahlawan yang bertujuan untuk melindungi bumi.

Sebenarnya, pada dasarnya sifat Illuminati versi Marvel sama dengan yang ada di dunia nyata kita, dimana mereka merupakan kelompok rahasia. Hanya saja isinya para pahlawan yang melindungi dunia ini seperti Iron Man, Black Panther, Professor X, Black Bolt, Mr. Fantastic, dan Doctor Strange. Illuminati sendiri dibentuk setelah perang besar antara Kree dan Skrull. Tidak mau hal itu kembali terjadi dan mengancam bumi, beberapa pahlawan kemudian membentuk sebuah kelompok yang kemudian diberi nama illuminati.

MCU Sudah Mengadaptasi Cerita Illuminati

Salah satu hal yang populer yang pernah dilakukan oleh Illuminati adalah dengan “membuang” Hulk dari planet bumi. Hulk dikenal sebagai sosok yang sering menghancurkan sekitarnya, dan para pahlawan lain tidak senang akan perilaku Hulk itu. Akhirnya mereka pun mengusir Hulk dari bumi, dan setelah terasing di luar angkasa Hulk pun tiba di planet Sakaar.

Momen ini ditampilkan juga dalam versi layar lebar di film Thor: Ragnarok. Mereka bahkan menghadirkan adegan dari komik Planet Hulk, dimana Thor bertarung dengan Hulk di sebuah arena gladiator. MCU menghadirkan momen tersebut tapi, Illuminati sendiri tidak muncul dalam filmnya. Perlu dicatat juga kalau MCU sudah banyak mengadaptasi cerita karya Jonathan Hickman, yang juga menulis berbagai cerita Illuminati dalam komik New Avengers, Infinity, dan Secret Wars.

Oleh karena itulah masih ada banyak potensi bagi MCU untuk menghadirkan kelompok Illuminati. Menghadirkan kelompok Illuminati juga bisa menjadi sesuatu yang baru bagi MCU. Menghadirkan para pahlawan yang secara “malu-malu” bekerja sama demi keselamatan bumi? terdengar sangat menjanjikan sebagai sebuah plot film di masa depan.

Bagaimana MCU Memperkenalkan Illuminati

Tanpa peperangan Kree-Skrull, bagaimana MCU bisa memperkenalkan Illuminati? MCU sudah memperkenalkan peristiwa yang sangat traumatis, yaitu Decimation dimana Thanos berhasil menghilangkan setengah penduduk bumi. Setelah apa yang terjadi di Infinity War, tentu para pahlawan akan melakukan apapun agar peristiwa serupa tidak kembali terjadi.

Serupa tadi tidak sama, hal ini bisa menjadi landasan untuk membangun sebuah organisasi rahasia seperti Illuminati. Peristiwa ini bahkan bisa dibilang lebih baik dibandingkan versi komik, dimana setengah penduduk bumi hilang dan beban traumatisnya pun jauh lebih besar. Alasan itu bisa dipakai untuk menjadi dasar dibentuknya Illuminati versi MCU.

Memang, Illuminati yang dihadirkan di MCU tidak akan sama seperti di komiknya mengingat ada beberapa permasalahan yang muncul. Pertama, Tony Stark diceritakan sudah mati dan X-Men sendiri belum diperkenalkan di MCU yang artinya tidak ada Professor X di Illuminati tersebut. Tapi, tidak ada salahnya juga bila MCU mencoba sesuatu yang baru yaitu membangun Illuminati versi mereka sendiri – setidaknya sampai Namor atau Fantastic Four muncul.

Mengapa Illuminati Akan Menjadi Penting di MCU

Dengan skala yang masif yang diperlihatkan dalam Infinity War dan Endgame, banyak orang bertanya tentang bagaimana film-film selanjutnya yang akan tayang di MCU. Banyak yang memprediksi jika cerita selanjutnya yang akan diadaptasi Marvel adalah Dark Reign atau Secret Wars, yang juga tidak kalah populer dari Infinity Saga.

Apakah Illuminati harus muncul? Jika memang salah satu dari event populer tersebut akan menjadi cerita selanjutnya makan peluang untuk memperkenalkan Illuminati akan sangat besar. Terkait dengan Avengers, banyak yang memprediksi jika Marvel sedang mempersiapkan generasi baru Avengers melalui berbagai karakter seperti Kate Bishop, dan berbagai karakter lain.

Meskipun menggantikan posisi Avengers merupakan sesuatu yang sangat sulit, menambahkan organisasi lain tentunya akan menambah keseruan cerita yang dibangun oleh MCU secara keseluruhan. Mungkin Marvel perlu mulai mempersiapkan semuanya, misalnya dengan membuat sebuah spinoff atau apapun yang bisa memperkenalkan Illuminati, jika memang mereka setuju dengan konsep ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.