Naruto Uzumaki merupakan protagonis utama dalam seri Naruto dan merupakan salah satu karakter terkuat di seriesnya. Selama bertahun-tahun, dia sudah bertarung menghadapi banyak sekali musuh baik yang lemah maupun yang sangat kuat. Meskipun dia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, apalagi dengan bantuan chakra Kurama yang ada dalam dirinya, nyatanya hal itu tidak membantu Naruto bisa mengalahkan semua karakter. Ada beberapa karakter yang tidak bisa Naruto kalahkan. Siapa saja?

Jigen

Jigen merupakan pemimpin dari organisasi teroris bernama Kara. Dia juga memiliki kemampuan segel Karma seperti yang dimiliki oleh Boruto Uzumaki, yang artinya dia sudah memiliki kekuatan dari salah satu anggota klan Otsutsuki. Kekuatan Jigen sempat diperlihatkan ketika dia bertarung melawan Naruto dan Sasuke sekaligus, yang mana dia berhasil memenangkan pertarungan tersebut.

Meskipun Naruto dan Sasuke mengerahkan seluruh kemampuan mereka, Jigen mampu menangani kekuatan mereka dengan mudah, membuktikan bahwa Jigen adalah sosok karakter yang sangat kuat dan wajar jika dia kemudian menjadi pemimpin dari organisasi ini.

Madara Uchiha

Madara Uchiha menjadi Jinchuuriki bagi bijuu ekor sepuluh di akhir perang besar ninja keempat, dan saat itulah dia mulai bertarung melawan Naruto dan Sasuke dimana pertarungan tersebut merupakan pertarungan terakhirnya. Tapi, sebelum pertarungan tersebut bertambah serius, Madara berhasil dikalahkan dan dilumpuhkan untuk kemudian dijadikan wadah bagi kebangkitan Kaguya Otsutsuki. Jadi, sebenarnya Naruto tidak/belum benar-benar mengalahkannya.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki merupakan villain terakhir yang muncul dalan seri Naruto dan menjadi musuh yang paling kuat yang dihadapi oleh Naruto dan menjadi musuh paling kuat di seri itu. Dia dibangkitkan kembali dari kematiannya oleh Black Zetsi, dengan menggunakan tubuh Madara sebagai wadahnya. Kaguya Otsutsuki merupakan ancaman besar bagi seluruh umat manusia, bukan hanya Naruto saja.

Dengan kekuatan yang sangat besar, wajar jika Naruto tidak mampu menandinginya. Meskipun Kaguya Otsutsuki berhasil dikalahkan, itupun merupakan hasil kerja sama dari seluruh Team 7 dan bukan hanya Naruto sendiri yang melakukannya. Jika hanya Naruto, mungkin dia sudah mati dalam pertempuran itu.

Orochimaru

Musuh klasik dari seri Naruto, Orochimaru merupakan sosok yang tidak bisa Naruto kalahkan sejak dahulu. Seperti yang kita ketahui, bersama Jiraiya dan juga Tsunade, Orochimaru merupakan salah satu legenda Sannin dari desa Konoha. Kekuatannya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan dia mengetahui berbagai jutsu dan teknik terlarang yang membuatnya menjadi sangat berbahaya.

Naruto dan Orochimari sudah sempat beberapa kali bertarung, demi menyelamatkan Sasuke yang akhirnya memutuskan bergabung demi meningkatkan kekuatannya. Tapi, sayangnya Naruto tidak pernah berhasil melampaui kekuatan Orochimaru. Beberapa bukti nyata Orochimaru bisa melampaui kekuatan Naruto adalah ketika di hutan kematian saat ujian Chuunin berlangsung, dan di jembatan Tenchi, Orochimaru berhasil lolos dari ekor 4 Naruto.

Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu dari tiga anggota klan Otsutsuki yang datang ke bumi untuk mencari kekuatan Chakra terbesar di planet ini – yang mana kekuatan tersebut ada dalam diri Naruto. Momoshiki sempat bertarung melawan Naruto dan Sasuke sekaligus, tapi nyatanya mereka berdua masih bukan tandingan seorang Momoshiki.

Baru setelah Boruto bergabung dalam pertarungan tersebut, Momoshiki akhirnya bisa diserang. Bahkan, untuk bisa bertarung melawan Momoshiki Naruto butuh banyak sekali bantuan dari sasuke. jika Naruto bertarung sendiri melawan Momoshiki, mungkin nasibnya akan sama ketika dia bertarung melawan Kaguya sendirian.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.