Guardian

Captain America sepertinya menjadi contoh bagi berbagai negara untuk membuat superhero yang mewakili negaranya. Hal ini juga berlaku kepada negara Kanada. James MacDonald Hudson, seorang insinyur cerdas, menciptakan sebuah kostum super bagi perusahaan Am-Can Corporation yang justru memberikannya kekuatan manusia super.

Ketika mengetahui bahwa kostum buatannya akan dipakai oleh pihak militer, akhirnya dia pun memutuskan untuk menggunakan kostumnya sendiri. Beruntung, tindakannya tersebut dimaafkan oleh pihak Kanada dan memilih MacDonald untuk kemudian menjadi perwakilan negaranya. Hudson kemudian menamai dirinya sebagai Guardian dan mewarnai kostumnya tersebut sesuai bendera Kanada. Sebagai pemimpin dari kelompok Alpha Flight, Guardian benar-benar mencerminkan nilai-nilai negara Kanada.

Iron Cross

Meskipun dia sebenarnya berada di pihak Nazi, Iron Cross sebenarnya merupakan sosok pahlawan bagi negara Jerman. Iron Cross pertama kali diperkenalkan pada 1979, dan diciptakan oleh Professor Franz Schneider dan Helmet Gruber. Iron Cross kemudian menjadi sosok yang diandalkan oleh pihak Nazi dan Jerman untuk mengimbangi kekuatan dari Amerika dan juga Steve Rogers.

Iron Cross kemudian berhasil untuk membayar semua hutang kejahatan yang sudah dia lakukan sebelumnya, meskipun harus dibayar oleh nyawanya. Semua itu dia lakukan demi puterinya, Clare. Anaknya kemudian mengambil alih titel ayahnya, dan barulah Iron Cross benar-benar berubah menjadi sosok pahlawan bagi negara  Jerman. Yang lebih dahsyat lagi adalah Clare kemudian benar-benar menyatukan dirinya dengan teknologi dan merubahnya menjadi sebuah manusia hybrid.

Miss America

Pada 1943, Madeline Joyce mendapatkan kekuatan super miliknya berkat dirinya yang terpapar oleh alat misterius saat badai listrik berlangsung. Dia dengan sengaja mencari dan berusaha agar dirinya terkena aliran listrik demi mendapatkan kekuatan super. Professor Lawson sendiri mendapatkan kekuatan yang sama melalui cara tersebut.

Sayangnya, professor Lawson yakin bahwa Joyce tewas dalam proses ini yang membuatnya kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidup. Dia tidak tahu jika Madeline kemudian kembali tersadar dengan kekuatan super dan kemampuan terbang. Dia kemudian menggunakan kostum dan mengadaptasi Miss America, dan bertarung melawan para pahlawan dari negara lainnya di kelompok Liberty Region dan the Invaders.

Madeline harus tewas saat dia melahirkan anak keduanya, akibat banyaknya komplikasi yang diderita Madeline. Titel Miss America sempat tidak lagi digunakan sampai tahun 2011, ketika America Chavez muncul. Berbeda dari pendahulunya, America Chavez sebenarnya bukan berasal dari multiverse Marvel. Baru setelah dia masuk ke realita Marvel dia kemudian mengemban tugas sebagai superhero.

Red Guardian

Amerika dan Russia sempat terlibat perang dingin pada era 1960an. Russia yang mencoba untuk menyaingi kekuatan dari Amerika dengan menciptakan kekuatan yang sama dengan Amerika. Setelah berbagai uji coba, akhirnya mereka berhasil menemukan serum yang tepat untuk menciptakan tentara super dan Alexei Shostakov dipilih untuk menjadi kandidat utama.

Alexei kemudian diberi nama Red Guardian, yang pada intinya merupakan Captain America versi Russia. Pengorbanan Shostakov untuk menjadi Red Guardian sangatlah besar, dimana dia harus memalsukan kematiannya demi proyek ini bahkan istrinya, Natasha Romanoff, tidak tahu kalau kematian itu adalah palsu. Setelah Alexei ada beberapa nama yang kemudian menggunakan titel Red Guardian.

Union Jack

Lord James Falsworth merupakan Union Jack pertama. Dia meruapakan seorang tentara Inggris saat perang dunia pertama yang bertarung di Freedom’s Five. Dia kemudian kembali bertempur saat perang dunia kedua dan bergabung dengan the Invaders. Saudaranya yang merupakan vampir, Baron Blood, menyerang Falsworth dan menghancurkan kakinya. Hal itu memaksa Falsworth untuk berhenti sebagai Union Jack.

Anaknya, brian kemudian melanjutkan titel tersebut sedangkan puterinya, Jacqueline berubah menjadi sosok pahlawan bernama Spitfire. Bersama-sama mereka berdua bergabung dengan the Invaders dan melanjutkan tugas ayahnya. Sayangnya, usia Brian tidak panjang karena dia tewas dalam sebuah kecelakaan mobil pada awal 1950an.

Sangat disayangkan juga karena tidak ada keluarga Falsworth yang mau melanjutkan tugas ayahnya. Hanya seorang biasa yaitu Joseph Chapman yang kemudian melanjutkan tugas Union Jack. Dia juga menjadi pelindung bagi keluarga Falsworth dan menjadi salah satu rekan bagi Captain America. Mereka sering bekerja sama untuk mencegah neo-Nazi muncul di Inggris Raya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.