Geeks tentu kenal dengan sosok Captain America, pahlawan dari Marvel Universe yang selalu berpegang teguh terhadap nilai-nilai Amerika. Diciptakan pada 1941 oleh Jack Kirby dan Joe Simon, Captain America awalnya diciptakan sebagai “contoh” bagi para warga Amerika untuk mau bergabung dalam perang dunia kedua. Dan hasilnya sampai sekarang Captain America menjadi sosok yang paling populer dari Marvel Comics.

Tapi, Captain America bukan satu-satunya karakter yang memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme tinggi. Selama bertahun-tahun, karakter pahlawan lainnya yang selalu bangga dengan tanah kelahirannya sendiri perlahan mulai mulai bermunculan. Mereka menjadi wakil dari negaranya untuk membela kebenaran dan menghancurkan berbagai ancaman.

Major Mapleleaf

Louis Sadler Sr. merupakan merupakan orang pertama yang pertama kali menggunakan titel Major Mapleleaf saat perang dunia kedua berlangsung. Sadler Sr. berhasil mendapatkan kekuatan melalui sebuah proses yang dirahasiakan. Dia dikenal bergabung dengan kelompok superhero bernama the Invaders. Tapi, Major Mapleleaf lebih dikenal lagi perannya saat bersama dengan rekan pahlawannya yang sama-sama berasal dari Kanada yaitu Northstar.

Titel Major Mapleleaf kemudian diteruskan oleh anak keduanya, Louis Sadler Jr. Sebenarnya tidak banyak kekuatan yang bisa diungkapkan dari sosok anak keduanya ini, namun kuda kesayangannya, Thunder, memiliki kekuatan dahsyat seperti kemampuan untuk terbang dan juga kuat terhadap berbagai serangan.

American Eagle

Jason Strongbow, atau yang biasa dikenal sebagai American Eagle, merupakan sosok pahlawan yang mewakili suku Navajo, suku asli dari wilayah Amerika. Pertempurannya dengan Ulysses Kalue membuat Strongbow akhirnya memiliki kekuatan super. Klaue saat itu mencoba untuk menambang dan menghancurkan sebuah gunung yang dianggap sebagai gunung suci oleh suku Navajo.

Ledakan uranium yang diakibatkan oleh Klaue membuat Strongbow dianugerahi kekuatan manusia super. Desain karakter dari Strongbow pada awalnya dianggap kurang menarik, tapi kemudian karakter ini mendapatkan perubahan desain pada 2007 dengan menggunakan jaket kulit dan juga helem yang berbentuk mirip burung elang.

Black Panther

Mungkin hampir semua Geeks sudah mengenal siapa sosok T’Challa atau Black Panther. Black Panther merupakan sosok penjaga Wakanda, Afrika, dan dunia secara keseluruhan. Dari banyak sosok yang pernah menggunakan titel Black Panther, T’Challa adalah sosok yang paling populer. Black Panther sendiri sebenarnya merupakan sebuah warisan dari leluhur.

T’Challa sendiri mendapatkan kekuatannya dari sebuah ramuan herbal yang hanya tumbuh di wilayah Wakanda. Kekuatan supernya sendiri mirip seperti kemampuan kucing, yaitu refleks yang sangat cepat, stamina, dan juga kekuatan yang sangat dahsyat berkat vibranium. Setiap Black Panther harus mendapatkan pelatihan yang sangat ketat agar seorang Black Panther bisa siap dengan peran yang akan dia emban.

Captain Britain

Jika Amerika memiliki Captain America, maka Inggris memiliki sosok Captain Britain. Brian Braddock merupakan sosok dibalik titel Captain Britain. Bisa dibilang Braddock merupakan Captain Britain “utama” dalam universe Marvel. Braddock merupakan anak dari Sir James Braddock, penjaga Otherworld yang dikirim ke bumi untuk menjadi ayah seorang superhero.

Dengan Amulet of Right, Bria Braddock kemudian berubah menjadi sosok superhero. Braddock sendiri kemudian sadar bahwa dia bukan satu-satunya Captain Britain yang ada di seluruh multiverse Marvel. Beberapa versi diantaranya adalah Captain UK, Albion,  Captain Airstrip, Cap’n Brit, dan yang paling tidak biasa adalah Hauptmann Englande, sosok Captain Britain dalam sebuah realita dimana Nazi menang perang dunia kedua.

Captain America

Saat Amerika mulai bergabung dalam perang dunia kedua, Steve Rogers masih berusia sangat muda di wilayah Brooklyn. Dia kemudian bergabung dengan angkatan darat Amerika, tapi ditolak saat melakukan cek medis. Dia kemudian diberikan kesempatan kedua dengan syarat Steve mau dijadikan subjek uji coba dari Project Rebirth – sebuah proyek Amerika untuk menciptakan tentara super.

Uji coba tersebut ternyata berhasil. Sayangnya, Dr. Abraham Erskine yang merupakan pencipta serum tersebut tewas akibat dibunuh, membuat Steve Roger menjadi satu-satunya bukti kesuksesan karyanya. Sejak saat itulah sosok patriot Amerika pun lahir. Steve bukanlah satu-satunya orang yang menggunakan titel Captain America. John Walker juga merupakan orang yang pernah menggunakan titel ini meskipun hanya sebentar saja.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.