Berbicara mengenai sumber kekuatan dari Saitama dalam cerita One-Punch Man memang selalu akan menjadi sebuah topik yang menarik. Karena sampai saat ini ONE sendiri masih belum memberi tahu apa dan darimana sebenarnya sumber kekuatan Saitama. Para fans sendiri banyak yang berspekulasi berdasarkan apa yang sudah ditampilkan, baik di webcomicnya maupun di manganya.

Berdasarkan kisah dalam cerita One-Punch Man, pada zaman dulu dunia dalam cerita itu sedang dilanda sebuah perang besar. Peperangan tersebut bukan hanya berpengaruh terhadap manusia, melainkan juga terhadap lingkungan. Hal inilah yang kemudian melahirkan makhluk mengerikan, yang dalam hal ini adalah monster. Artinya, para monster tersebut sebenarnya tidak ada sebelum peperangan tersebut terjadi.

Contoh nyata dari hal ini adalah Vaccine Man, monster yang pertama kali diperkenalkan di series OPM. Menurut Vaccine Man, dia berubah menjadi monster akibat terpapar polusi manusia secara terus-menerus. Menurutnya juga bumi adalah sebuah “makhluk” yang sebenarnya bernyawa atau hidup. Contoh lainnya adalah Homeless Emperor yang diperkenalkan di chapter 113 versi manga.

Homeless Man benar-benar membenci umat manusia yang selalu menyingkirkannya, selalu memojokannya. Dia juga sangat membenci apa yang manusia lakukan terhadap bumi. oleh karena itulah dia sudah menyerah dengan semuanya, dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Namun, tiba-tiba dia bertemu dengan “makhluk” bernama God atau tuhan.

Sosok tersebut menyatakan kalau apa yang dipikirkan oleh Homeless Emperor adalah benar. Dia pun kemudian memberikan kekuatan kepadanya, dan yakin jika dia tahu apa yang harus dilakukan dengan kekuatan itu. Berdasarkan hal itu, ada kemungkinan jika God atau tuhan tersebut adalah bumi itu sendiri, seperti yang Vaccine Man ungkapkan jika bumi adalah sesosok “makhluk”.

Apa yang dilakukan manusia selama ini terhadap bumi, memaksanya untuk kemudian bertindak dengan menciptakan sebuah reaksi sel abnormal yang kemudian menciptakan sosok monster-monster mengerikan. Seperti Vaccine Man dan Homeless Emperor, yang memiliki tujuan utama yaitu menyerang para manusia. Tapi, ada kemungkinan jika kekuatan ini menimbulkan efek lainnya.

Kekuatan yang diberikan oleh sosok tuhan tersebut selain bisa menciptakan monster mengerikan, sebenarnya bisa juga menghasilkan efek lainnya yaitu menciptakan sosok pahlawan. Seperti yang pernah Dr. Genus ungkapkan jika para pahlawan memiliki potensi yang sama dengan para monster untuk menjadi lebih kuat. Dan mereka pada akhirnya mendapatkan kekuatan tersebut dan bisa melalui cara apapun, misalnya talenta, atau kerja keras.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut bisa disimpulkan bila kemungkinan seluruh kekuatan yang ada di seri One-Punch Man berasal dari satu sumber yang mana adalah sosok God atau tuhan. Lalu, apakah hal tersebut juga yang memberikan kekuatan dahsyat kepada Saitama? Hal ini menjadi menarik jika melihat apa yang terjadi dalam cerita masa lalu Amai Mask.

Di chapter 120 webcomicnya terungkap jika Amai Mask dulunya merupakan monster yang sangat mengerikan. Yang unik adalah meskipun dia adalah monster, tapi perubahan atau transformasi yang dia alami tidak sama seperti monster-monster yang lain, yang berubah menjadi sosok yang biasa kita temui. Dia justru berubah menjadi sosok yang sangat tampan, dan dia berbentuk seperti manusia pada umumnya.

Perubahan tersebut juga kemungkinan terjadi kepada Saitama, namun Saitama tidak berubah menjadi monster seperti yang lain. Perubahan Saitama terjadi pada penampilannya, dimana dia justru harus kehilangan rambutnya dan menjadi botak. Mungkin ini merupakan cara dari ONE untuk memberikan para pembacanya petunjuk tentang perubahan atau tranformasi yang terjadi kepada Saitama.

Buat beberapa orang, transformasi ini justru memberikan mereka kekuatan, seperti Amai Mask dengan kecepatan dan kekuatannya. Trasnformasi ini juga yang terjadi kepada Saitama. Kita tahu bahwa Saitama dulunya bukan siapa-siapa. Namun, dia bertekad untuk menjadi lebih kuat dengan cara berlatih. Setelah satu tahun lebih, dua perubahan yang muncul di diri Saitama adalah penampilan dan kekuatannya.

Hal ini juga berlaku kepada Garou. Dia juga sempat berlatih di bawah pengawasan Silver Fang, tapi kemudian dia mulai belajar sendiri berbagai ilmu bela diri berkat kekesalannya terhadap sistem yang ada. Setiap kali dia kalah, justru hal itu semakin membuatnya kuat. Hal ini bisa jadi akibat Garou yang bertransformasi dengan menggunakan kekuatan dari God atau tuhan tersebut.

Apakah Saitama juga memiliki kekuatan regenerasi seperti Garou? Jika Geeks sadar, sebelum Saitama berubah seperti sekarang dia sama seperti manusia pada umumnya. Contohnya adalah ketika dia pertama kali bertemu dengan King, dimana mereka berdua harus terluka akibat serangan monster. Tapi, sekarang dia tidak tampak memiliki bekas luka yang artinya Saitama juga memiliki kekuatan regenerasi tersebut.

Selain memberikan seseorang kekuatan, kekuatan ini juga memberikan mereka perubahan dari segi mental. Para monster selalu beranggapan jika manusia adalah musuh yang paling buruk, sama halnya dengan para hero yang berpikiran bahwa para monster itu harus dimusnahkan. Hal ini juga berpengaruh terhadap Saitama. Sejak awal serinya, Saitama harus menghadapi perubahan besar lainnya dari segi emosi. Dia menjadi orang yang sangat datar, tidak bisa lagi merasakan emosi.

Bisa jadi, apa yang terjadi dengan mental atau perasaan atau emosi Saitama tersebut merupakan “pertukaran” atas kekuatan besar yang dia dapatkan. Yang menarik adalah pernyataan yang pernah disampaikan oleh Murata dalam sebuah sesi tanya jawab dengan para fans. Seorang fans bertanya tentang bagaimana akhir dari cerita One-Punch Man, dan Murata memberikan jawaban yang rasanya cukup masuk akal.

Menurut Murata, anggap saja jika Saitama mendapatkan kekuatan dari sumber yang sama dengan Homeless Emperor yaitu God atau tuhan. Dan di akhir ceritanya dia kemudian berhasil bertemu dengan God, dan mengalahkannya. Semua kehidupan pun akan kembali menjadi normal. Saitama kembali memiliki rambut, dan kenangan atau ingatan tentang dia yang pernah menjadi sosok paling kuat pun hilang. Genos, yang merupakan robot, akan kembali menjadi manusia normal.

Jadi, inti dari semuanya adalah Saitama kemungkinan mendapatkan kekuatannya dari God atau tuhan yang mana sosok tersebut adalah bumi. Semua yang terjadi merupakan “hasil karyanya”.  Namun, harus ada yang dikorbankan dari kekuatan yang diberikan tersebut. Dan yang terakhir, bila memang di akhir ceritanya Saitama bisa mengalahkan God dan mengembalikan semua cerita menjadi normal, tentunya akan sangat menarik meskipun pasti sebagian besar Geeks merasa bahwa hal itu seharusnya tidak dilakukan. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari OPM dan kita nantikan saja bagaimana ONE dan Yusuke Murata akan mengungkapkan tentang rahasia terbesar ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.